Menu:

 

ARSIP PUBLIKASI ICW

1999 (46 edisi) | 2000 (44 edisi) | 2001 (28 edisi) | 2002 (7 edisi) | 2003 (14 edisi) | 2004 (23 edisi) | 2005 (23 edisi) | 2006 (21 edisi) | 2007 (13 edisi) | 2008 (12 edisi) | 2009 (24 edisi) | 2010 (24 edisi) | 2011 (28 edisi) | 2012 (24 edisi) | 2013 (15 edisi) | 2014 (13 edisi) | 2015 (12 edisi) | 2016 (12 edisi) | 2017 (0 edisi) | Semua (383 edisi) |
Edisi terakhir: Edisi 383


================= ICW - Indonesian Christian Webwatch ================

Volume: 14/2012/Edisi 1188
Topik: Situs Paskah (I)

DAFTAR ISI
JELAJAH NUSANTARA: ALKITAB SABDA -- PASKAH
JELAJAH MANCA: TEACHER HELP -- A GLORIOUS EASTER
ARTIKEL: MELINDUNGI DIRI ANDA DARI PEMBAJAKAN VIA INTERNET
STOP PRESS: IKUTI KELAS DASAR-DASAR IMAN KRISTEN (DIK)
MEI/JUNI 2012 -- PESTA

Shalom,

Situs-situs yang konsisten menetapkan tema Paskah sebagai konten utamanya memang cukup sulit ditemui. Kalaupun ada, kebanyakan memuat konten-konten Paskah yang tidak alkitabiah, seperti sosok kelinci
Paskah dan permainan menggunakan telur Paskah. Akan tetapi, kendala tersebut tidak menghalangi redaksi ICW menyiapkan sajian khusus bulan ini untuk membantu Anda menyambut Paskah. Jangan lupa untuk membaca artikel kami tentang "Melindungi Diri dari Pembajakan via Internet".

Selamat berselancar.

Pemimpin Redaksi ICW,
Mahardhika Dicky Kurniawan
< dicky(at)in-christ.net >
< http://icw.sabda.org >

JELAJAH NUSANTARA: ALKITAB SABDA -- PASKAH

Mungkin selama ini kita hanya mengenal Paskah dalam Perjanjian Baru yang diasosiasikan dengan peristiwa Kebangkitan Yesus. Akan tetapi, istilah Paskah juga dikenal dalam Perjanjian Lama. Anda bisa menelusuri Paskah lebih jauh dan belajar lebih dalam tentang makna
Paskah melalui situs Alkitab SABDA. Situs Alkitab SABDA hadir sebagai versi "online" dari "software" SABDA, yang bertujuan untuk melayani jemaat Tuhan yang ingin mempelajari Alkitab dengan bertanggung jawab.

Situs ini memuat berbagai referensi berupa kamus, ensiklopedia, catatan, tafsiran, dan lain-lain yang akan membantu Anda memahami topik-topik di Alkitab. Langkah-langkahnya sangat mudah. Bukalah
Alkitab SABDA < alkitab.sabda.org >, lalu pilihlah menu "Belajar".
Centang semua kotak pilihan yang tersedia dan ketikkan "Paskah" di kotak pencarian, lalu tekan Enter.

Anda akan diarahkan pada halaman yang menampilkan hasil-hasil pencarian dengan kata kunci "Paskah". Pada layar akan ditampilkan daftar tautan referensi dalam situs ini berdasarkan kategori "Studi
Kamus", "Ilustrasi Khotbah", "Artikel", "Leksikon", "Himne", dan
"Pertanyaan-pertanyaan". Anda bisa menyimak pembahasan lengkapnya dengan mengeklik salah satu tautan tersebut. Jika daftar tersebut tidak menampilkan referensi yang Anda cari, Anda bisa mencoba memasukkan kata kunci lain seperti "kebangkitan", "salib", atau
"Golgota". Dengan menjelajahi situs ini, mempelajari "Paskah" menjadi kegiatan yang mengasyikkan. Selamat belajar! (MDK)

==> http://alkitab.sabda.org
Tanggal akses: 9 Maret 2012

JELAJAH MANCA: TEACHER HELP -- A GLORIOUS EASTER

Jika Anda merasa kesulitan mencari inspirasi naskah drama untuk menyambut Paskah di gereja atau komunitas Anda, sebaiknya Anda mengunjungi halaman situs ini. Teacher Help merupakan situs berbahasa
Inggris yang dirancang untuk membantu para pengajar Kristen dengan menyediakan bahan-bahan kekristenan dalam berbagai tema, salah satunya adalah tema seputar Paskah. Di halaman ini disediakan daftar pranala yang memuat naskah drama dengan tema seputar peristiwa penyaliban hingga kebangkitan Kristus.

Ketika ulasan ini ditulis, ada 18 judul drama yang bisa Anda pilih, mulai dari kisah klasik tradisional, kisah Paskah yang dimodifikasi, hingga cerita dengan "setting" modern. Selain itu, tokoh utama dalam setiap judul pun beragam. "Barabbas -- A Monologue" menempatkan
Barabas sebagai tokoh utama yang bercerita seputar penyaliban Yesus.
"A Press Conference after the Ressurection" bercerita tentang para serdadu yang menjadi saksi mata tergulingnya batu penutup kubur Yesus.
Yang menarik dari judul ini adalah naskahnya ditulis dengan pendekatan investigasi seorang wartawan yang mewawancarai para serdadu itu.
Sementara itu, drama berjudul "Gabby`s Easter Math Lesson" mengambil
"setting" percakapan seorang pemuda dengan pendetanya tentang makna
Paskah bagi manusia.

Masih ada belasan judul lain yang bisa Anda baca dalam daftar tersebut. Anda dapat mementaskannya secara langsung atau menyesuaikan naskah asli dengan kondisi jemaat gereja atau anggota komunitas Anda.
Tak hanya daftar pranala naskah drama Paskah, halaman ini juga memuat berbagai ide lain untuk menyambut Paskah, seperti aktivitas, renungan, permainan, hingga resep masakan. Kunjungi pranala berikut untuk mengetahui lebih lanjut. (MDK)

==> http://www.teacherhelp.org/easter.htm#plays
Tanggal akses: 7 Maret 2012

* Catatan Redaksi: Karena dunia internet adalah dunia dinamis yang terus-menerus berubah, informasi ulasan situs, blog, forum, milis, dan
Facebook di ICW adalah akurat sesuai dengan yang kami lihat pada saat kami menuliskan ulasannya.

ARTIKEL: MELINDUNGI DIRI ANDA DARI PEMBAJAKAN VIA INTERNET

Ada jenis baru pembajakan via internet yang disebut "phishing"
(pengelabuan). Istilah tersebut diucapkan "fishing" (artinya memancing) dan tepat demikianlah para pencuri itu "memancing" informasi keuangan pribadi Anda. Mereka mencari nomor rekening, sandi, dan informasi rahasia lainnya yang dapat mereka gunakan untuk menjarah rekening tabungan Anda atau memindahkan tagihan pada kartu kredit
Anda. Dalam kasus terburuk, Anda bisa mendapati diri Anda sebagai korban pencurian identitas. Dengan memperoleh informasi sensitif dari pengelabuan yang berhasil, para pencuri ini dapat mengambil tabungan atau memperoleh kartu kredit, bahkan identitas Anda. Mereka dapat merugikan Anda dari sisi keuangan maupun reputasi pribadi Anda yang bisa membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk menyelesaikannya. Akan tetapi, jika Anda memahami cara kerja pengelabuan dan cara melindungi diri Anda, Anda dapat membantu menghentikan kejahatan ini.

Bagaimana cara kerja "phishing" (pengelabuan)?

1. Dalam kasus umum, Anda akan menerima sebuah surat elektronik
(surel) yang tampaknya berasal dari sebuah perusahaan terkemuka yang
Anda kenal dan gunakan sebagai mitra bisnis, seperti bank Anda. Dalam beberapa kasus, surel itu mungkin tampaknya berasal dari sebuah departemen pemerintahan, termasuk salah satu dari departemen keuangan.

2. Surel itu mungkin akan memperingatkan Anda tentang masalah serius yang membutuhkan perhatian Anda dengan segera. Mungkin akan ada tulisan seperti "Perlu perhatian segera," atau "Harap segera menghubungi kami mengenai rekening Anda". Surel itu kemudian akan menganjurkan Anda untuk mengeklik tombol untuk menuju ke situs web lembaga yang mereka palsukan.

3. Dalam teknik pengelabuan, Anda mungkin diarahkan ke situs web palsu yang mungkin terlihat persis seperti aslinya. Terkadang, kenyataannya, mungkin saja itulah situs web yang sebenarnya dari perusahaan itu.
Dalam kasus-kasus tersebut, sebuah jendela kecil ("pop-up") akan segera muncul dengan tujuan memanen informasi keuangan Anda.

4. Kemudian Anda mungkin diminta untuk memperbarui informasi rekening
Anda atau memberikan informasi dengan tujuan verifikasi: nomor rekening, sandi, atau informasi lain yang Anda gunakan untuk memverifikasi identitas Anda ketika berhubungan dengan lembaga keuangan yang sebenarnya, seperti nama gadis ibu Anda atau tempat Anda lahir.

5. Jika Anda memberikan informasi yang diminta, Anda mungkin mendapati diri Anda sebagai korban dari pencurian identitas.

Bagaimana cara melindungi diri Anda?

1. Jangan pernah memberikan informasi pribadi Anda sebagai tanggapan atas suatu permohonan yang tidak diminta, entah itu lewat telepon ataupun melalui internet. Surel dan halaman internet yang dibuat oleh para pencuri itu mungkin terlihat persis seperti aslinya. Tampilan tersebut mungkin memiliki lambang gembok palsu yang biasanya digunakan untuk menandai situs yang aman. Jika Anda tidak memulai komunikasi
(dengan lembaga tersebut), Anda seharusnya tidak memberikan informasi apa pun.

2. Jika Anda memercayai bahwa kontak tersebut mungkin saja sah, hubungi institusi itu secara langsung. Anda dapat menemukan nomor telepon dan alamat situs web pada laporan bulanan yang Anda terima dari bank Anda, atau Anda dapat mencari nomor kontak perusahaan melalui buku telepon atau internet. Kuncinya adalah Anda seharusnya menjadi pihak yang mengawali kontak, dengan menggunakan informasi kontak yang telah Anda verifikasi sendiri.

3. Jangan pernah memberikan sandi Anda lewat telepon atau menanggapi sebuah permohonan yang tidak diminta melalui internet. Sebuah bank tidak akan pernah meminta Anda untuk memverifikasi informasi rekening
Anda secara daring. Para pencuri mempersenjatai diri mereka dengan informasi ini dan nomor rekening Anda dapat membantu mereka mengakses tabungan Anda.

4. Tinjau ulang laporan rekening secara teratur untuk memastikan semua biaya diperhitungkan dengan benar. Jika laporan rekening Anda datang terlambat, hubungi lembaga keuangan Anda untuk menanyakan alasannya.
Jika lembaga keuangan Anda menawarkan akses rekening secara elektronik, secara berkala tinjaulah ulang aktivitas secara daring untuk mengetahui aktivitas yang mencurigakan.

5. Jangan terintimidasi oleh surel atau penelepon yang memberitahukan konsekuensi-konsekuensi buruk jika Anda tidak segera memberikan atau memverifikasi informasi keuangan. Jika Anda memercayai bahwa kontak tersebut sah, pergilah ke situs web perusahaan dengan mengetik alamat situsnya secara langsung atau menggunakan halaman yang Anda simpan sebelumnya, ketimbang melalui suatu tautan yang diberikan melalui surel.

Apa yang harus Anda lakukan jika Anda menjadi korban?

Segera hubungi lembaga keuangan Anda dan peringatkan akan situasi tersebut. (t/Dicky)

Diterjemahkan dari:
Nama situs: Christians Unite
Alamat URL: http://finance.christiansunite.com/Identity-Theft/
6-Protect-Yourself-From-Internet-Pirates.shtml
Judul asli artikel: Protect Yourself From Internet Pirates
Penulis artikel: Tidak dicantumkan
Tanggal akses: 9 Desember 2011

STOP PRESS: IKUTI KELAS DASAR-DASAR IMAN KRISTEN (DIK)
MEI/JUNI 2012 -- PESTA

Yayasan Lembaga SABDA melalui Pendidikan Elektronik Studi Teologi Awam
< http://www.pesta.org > kembali membuka kelas Dasar-Dasar Iman
Kristen (DIK) untuk periode Mei/Juni 2012. Bagi Anda yang ingin mempelajari pokok-pokok penting dasar iman Kristen, seperti
Penciptaan, Manusia, Dosa, Keselamatan, dan Hidup Baru dalam Kristus, segeralah bergabung dalam kelas DIK ini.

Saat ini Anda sudah dapat mendaftarkan diri untuk menjadi peserta baru. Batas pengumpulan tugas tertulis sebagai persyaratan untuk dapat mengikuti kelas diskusi adalah tanggal 1 Mei 2012. Jadi, segeralah bergabung! Daftarkan diri Anda sekarang juga ke
< kusuma(at)in-christ.net >.

Bagi Anda yang ingin membaca dan mempelajari pelajaran-pelajaran DIK, silakan berkunjung ke: http://pesta.sabda.org/dik_sil

Kontak: < icw(at)sabda.org >
Redaksi: Mahardhika Dicky K., Kusuma Negara, dan Santi Titik Lestari
(c) 2012 -- Yayasan Lembaga SABDA
< http://www.ylsa.org >
Rekening: BCA Pasar Legi Solo;
No. 0790266579 a.n. Yulia Oeniyati
< http://blog.sabda.org/ >
< http://fb.sabda.org/icw >
Berlangganan: < subscribe-i-kan-icw(at)hub.xc.org >
Berhenti: < unsubscribe-i-kan-icw(at)hub.xc.org >Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2017
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org