Menu:

 

ARSIP PUBLIKASI ICW

1999 (46 edisi) | 2000 (44 edisi) | 2001 (28 edisi) | 2002 (7 edisi) | 2003 (14 edisi) | 2004 (23 edisi) | 2005 (23 edisi) | 2006 (21 edisi) | 2007 (13 edisi) | 2008 (12 edisi) | 2009 (24 edisi) | 2010 (24 edisi) | 2011 (28 edisi) | 2012 (24 edisi) | 2013 (15 edisi) | 2014 (13 edisi) | 2015 (12 edisi) | 2016 (12 edisi) | 2017 (0 edisi) | Semua (383 edisi) |
Edisi terakhir: Edisi 383


================= ICW - Indonesian Christian Webwatch ================

Volume: 14/2012/Edisi 1185
Topik: Situs Manajemen Keuangan Kristen (II)

DAFTAR ISI
JELAJAH NUSANTARA: BIBLEINFO.COM/ID
JELAJAH MANCA: MANAGING GOD`S MONEY
TIP: MEWASPADAI PENIPUAN ONLINE
REFERENSI: DAFTAR SITUS MANAJEMEN KEUANGAN KRISTEN
TOPIK BULAN DEPAN

Shalom,

Edisi kedua di tahun 2012 ini masih membahas tentang situs Manajemen
Keuangan Kristen. Anda bisa menyimak sajian kami berupa ulasan situs
Bibleinfo.com/id, yang memuat artikel-artikel pilihan tentang tema tersebut, dan situs luar negeri, yaitu Managing God`s Money. Kami hadirkan pula tip menarik untuk mewaspadai penipuan di dunia maya, serta daftar situs Manajemen Keuangan Kristen di kolom Referensi.
Harapan kami, sajian ini boleh memberkati Anda, khususnya dalam menambah wawasan tentang mengatur penggunaan uang yang dipercayakan oleh Allah kepada Anda.

Selamat berselancar.

Pemimpin Redaksi ICW,
Mahardhika Dicky Kurniawan
< dicky(at)in-christ.net >
< http://icw.sabda.org >

JELAJAH NUSANTARA: BIBLEINFO.COM/ID

Sekalipun tampilannya sederhana, namun situs ini memuat beberapa bahan menarik tentang manajemen atau keuangan, tentu saja berdasarkan prinsip Kristen dan alkitabiah. Terdapat tiga menu utama dalam situs ini, yaitu Topik-topik Alkitab, Pertanyaan yang Sering Ditanyakan, dan
Sumber-Sumber. Situs ini juga memunyai menu tambahan, yaitu Menanyakan
Pertanyaan Alkitab dan Permohonan Doa. Dua menu terakhir dapat diakses secara interaktif oleh pengunjung situs. Namun sayang, dalam versi
Indonesia dari situs ini, keduanya belum tersedia secara optimal.

Situs Bibleinfo.com memunyai versi Bahasa Indonesia
< http://www.bibleinfo.com/id > yang merupakan versi terjemahan dari situs asli yang berbahasa Inggris. Anda bisa menyimak uraian yang bermanfaat dalam menghadapi masalah-masalah keuangan berdasarkan petunjuk firman Tuhan. Silakan mengunjungi pranala-pranala yang telah kami pilihkan ini. Semua artikel tersebut dapat dicetak dan juga tersedia dalam format PDF, dengan memilih logo printer atau PDF di bagian kanan bawah. Jika Anda masih ingin mencari bahan lain, ketik saja kata kunci pada kolom pencarian yang terdapat di sisi kiri. Semua dapat diakses secara gratis dan tanpa perlu mendaftar terlebih dulu.
Selamat berselancar! (MDK)

1. Uang < http://www.bibleinfo.com/id/topics/uang >

2. Nasehat Keuangan < http://www.bibleinfo.com/id/topics/nasehat-keuangan >

3. Manajemen < http://www.bibleinfo.com/id/topics/manajemen >

4. Persembahan < http://www.bibleinfo.com/id/topics/persembahan >

5. Bisnis < http://www.bibleinfo.com/id/topics/bisnis >

Tanggal akses: 5 Januari 2011

JELAJAH MANCA: MANAGING GOD`S MONEY

Situs rancangan Michell A. Bell ini bertujuan untuk menolong orang-orang Kristen mengatur serta merencanakan keuangan mereka secara alkitabiah. Layaknya situs pada umumnya, di halaman muka situs ini para pengunjung langsung dapat menemukan menu-menu standar seperti
Home, About, dan Contact, ditambah dengan menu Managing God`s Money,
Managing God`s Time, Tools, serta Media & Publication.

Topik-topik penting seputar keuangan dapat Anda akses melalui menu
Managing God`s Money. Dalam halaman tersebut, para pengunjung dapat menemukan submenu yang memberikan informasi buku-buku disiplin keuangan, yang ditulis Michel A. Bell beserta perangkat multimedia dan informasi seminar mengenai topik ini. Terdapat juga submenu tentang
Managing Money untuk anak (Children), usaha kecil (Small Business), perpuluhan (Tithing), dan ayat-ayat firman Tuhan yang memberi peneguhan mengenai pengaturan uang oleh orang Kristen (Stewardship
Bible Verses).

Di menu Managing God`s Time, para pengunjung dapat menemukan berbagai submenu yang membawa mereka ke halaman-halaman terkait. Situs ini juga menawarkan artikel-artikel yang berkaitan dengan kedisiplinan penatalayanan keuangan yang selalu diperbarui, baik yang disimpan di blog maupun berupa video. Tak hanya itu, situs ini juga menyediakan fasilitas bagi pengunjung untuk menghitung atau merencanakan keuangan di menu Tools. Semua metode ini diharapkan dapat membantu orang-orang
Kristen, agar semakin serius dalam mengurus keuangan sesuai dengan yang diajarkan Alkitab.

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai apa yang ditawarkan oleh situs ini, tak ada salahnya mengunjungi alamat URL di bawah ini.
Tuhan Yesus memberkati. (YSY)

==> http://www.managinggodsmoney.com
Tanggal akses: 13 Desember 2011

* Catatan Redaksi: Karena dunia internet adalah dunia dinamis yang terus-menerus berubah, informasi ulasan situs, blog, forum, milis, dan
Facebook di ICW adalah akurat sesuai dengan yang kami lihat pada saat kami menuliskan ulasannya.

TIP: MEWASPADAI PENIPUAN ONLINE

Akhir-akhir ini, kita dikejutkan dengan pelbagai berita tentang penyalahgunaan fasilitas online untuk tindak kejahatan. Sebagai orang tua, kita harus waspada dan melindungi anak dari ancaman-ancaman ini.
Banyak fasilitas online pada awalnya didesain untuk jalinan persahabatan, namun sayangnya persahabatan online membuka peluang masuknya pemangsa. Berikut akan dipaparkan beberapa kejahatan yang telah terjadi lewat fasilitas online dan upaya untuk menangkalnya.

1. Tawaran untuk menerima hadiah dengan syarat kita harus memberikan beberapa data pribadi. Tawaran ini bisa mengatasnamakan lembaga yang belum dikenal ataupun lembaga yang dikenal. Jangan tergesa-gesa memberi respons. Jika kita mengenal lembaga tersebut, hubungi secara langsung dan tanyakan tentang kebenarannya. Bila kita tidak mengenalnya, jangan hiraukan tawaran ini sebab besar kemungkinan semua ini bohong dan bertujuan mencuri data pribadi.

2. Surat atau email dari seorang teman yang namanya ada di dalam daftar nama kita, memohon bantuan karena ia sedang butuh uang. Ia meminta agar kita mengirimkan dana itu ke rekening pribadinya. Sekali lagi, hubungi langsung teman tersebut. Besar kemungkinan ini adalah tindak penipuan. Perhatikan gaya dan isi surat tersebut, biasanya bersifat formal dan tidak menggunakan cara khas yang biasa digunakannya.

3. Surat atau email yang merupakan ajakan untuk bekerja sama memulai sebuah usaha yang menjanjikan. Ajakan ini biasanya menjanjikan imbalan yang berkali lipat dari investasi awal, dan berisikan proposal mendapatkan laba dengan cara yang begitu mudah. Ajakan ini meminta kita untuk menanamkan dana di muka terlebih dahulu. Jangan hiraukan, sebab ini adalah tindak penipuan pula.

4. Berhati-hatilah dengan pembelian barang lewat online. Pastikanlah bahwa lembaga itu tepercaya dan memiliki sistem pengamanan yang baik.
Terlalu banyak data pribadi -- seperti nomor kartu kredit -- yang akhirnya disalahgunakan untuk mengeruk uang si pemiliknya.

Ada beberapa kesimpulan yang bisa ditarik dari uraian di atas.

1. Orang jahat akan selalu merancang modus baru untuk melakukan kejahatannya, namun prinsipnya selalu sama, yaitu memanfaatkan sifat tamak dalam diri kita. Jadi, berhati-hatilah dengan tawaran yang begitu menggiurkan, sebab inilah kail yang digunakannya untuk mencuri di kolam kita.

2. Mengecek ulang bukanlah pertanda bahwa kita telah kehilangan kepercayaan pada sesama. Ini adalah pertanda hikmat. Tuhan meminta kita menjadi "cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati" berhubung banyaknya orang jahat di sekitar kita.

3. Firman Tuhan di Amsal 16:25 mengingatkan, "Ada jalan yang disangka lurus tetapi ujungnya menuju maut." Ajakan menggiurkan lewat online tampak seperti jalan yang lurus dan mudah untuk memperoleh apa yang kita inginkan, namun berhati-hatilah sebab bisa jadi, itu adalah jalan menuju maut.

Diambil dan disunting seperlunya dari:
Nama situs: Telaga.org
Alamat URL: http://www.telaga.org/audio/pemangsa_lewat_online
Judul asli artikel: Pemangsa Lewat Online
Penulis: Pdt. Dr. Paul Gunadi
Tanggal akses: 23 Desember 2011

REFERENSI: DAFTAR SITUS MANAJEMEN KEUANGAN KRISTEN

A. Situs-situs yang memuat artikel tentang Manajemen Keuangan Kristen
dalam bahasa Indonesia:
1. Media Pemulihan
< http://mediapemulihan.com/2011/03/bisnis-yang-alkitabiah/ >
2. Got Questions
< http://www.gotquestions.org/indonesia/uang-keuangan.html >
3. Bible.Org
< http://bible.org/article/kejujuran-keuangan >
4. Panggilan Hidup
< http://panggilanhidup.net/mendidik-anak-dalam-keuangan-1.html >
5. GKA Gloria
< http://gkagloria.or.id/artikel/a03.php >

B. Situs-situs Manajemen Keuangan Kristen dalam bahasa Inggris:
1. Crown Financial Ministries < http://www.crown.org/ >
2. Managing Gods Money < http://www.managinggodsmoney.com/ >
3. eChristian Finance < http://www.echristianfinance.com/ >
4. Provident Planning < http://www.providentplan.com/ >
5. Crosswalk < http://www.crosswalk.com/family/finances/ >
6. ChristianFinanceBlog < http://christianfinanceblog.com >
7. Christiansunite < http://finance.christiansunite.com/ >
8. Strong Heritage < http://www.strongheritage.com/ >

TOPIK BULAN DEPAN

Topik ICW untuk bulan Februari 2012 adalah Situs Pemuda Remaja Kristen.

Apabila Anda memiliki informasi atau mengelola Situs Pemuda Remaja
Kristen, silakan kirimkan info atau ulasannya kepada Redaksi ICW.

Kami juga mengajak Pelanggan dan Pembaca ICW sekalian untuk mengirimkan artikel yang terkait dengan topik di atas.

Kirimkan bahan-bahan Anda ke alamat redaksi: < icw(at)sabda.org >

Kontak: < icw(at)sabda.org >
Redaksi: Mahardhika Dicky K., Kusuma Negara, dan Santi Titik Lestari
Kontributor: Yosua Setyo Yudo
(c) 2012 -- Yayasan Lembaga SABDA
< http://www.ylsa.org >
Rekening: BCA Pasar Legi Solo
No. 0790266579 a.n. Yulia Oeniyati
< http://blog.sabda.org/ >
< http://fb.sabda.org/icw >
Berlangganan: < subscribe-i-kan-icw(at)hub.xc.org >
Berhenti: < unsubscribe-i-kan-icw(at)hub.xc.org >Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2017
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org