Menu:

 

ARSIP PUBLIKASI ICW

1999 (46 edisi) | 2000 (44 edisi) | 2001 (28 edisi) | 2002 (7 edisi) | 2003 (14 edisi) | 2004 (23 edisi) | 2005 (23 edisi) | 2006 (21 edisi) | 2007 (13 edisi) | 2008 (12 edisi) | 2009 (24 edisi) | 2010 (24 edisi) | 2011 (28 edisi) | 2012 (24 edisi) | 2013 (15 edisi) | 2014 (13 edisi) | 2015 (12 edisi) | 2016 (12 edisi) | 2017 (0 edisi) | Semua (383 edisi) |
Edisi terakhir: Edisi 383


================= ICW - Indonesian Christian Webwatch ================

Volume: 13/2011/Edisi 1181
Topik: Situs Natal (II)

DAFTAR ISI
JELAJAH NUSANTARA: VIDEO BERITA NATAL DARI YAYASAN LEMBAGA SABDA
JELAJAH MANCA: CHRISTMASPLAYS
LACAK FACEBOOK: FACEBOOK NATAL -- SABDA
TIP: MEMPERTIMBANGKAN PENGGUNAAN MULTIMEDIA DI DALAM KEBAKTIAN
REFERENSI: DAFTAR SITUS NATAL
TOPIK BULAN DEPAN

Shalom,

Bagaimana persiapan Natal tahun ini? ICW edisi kali ini masih mengulas bahan-bahan seputar Natal. Di kolom Jelajah Nusantara Anda bisa membaca ulasan video Natal terbaru dari YLSA di Youtube, sedangkan di kolom Jelajah Manca kami menyajikan ulasan situs Christmas Plays yang memuat beberapa naskah drama Natal dalam bahasa Inggris.

Kami juga mengundang Anda untuk bergabung dengan halaman penggemar
Facebook Natal -- SABDA yang ulasannya dapat Anda simak di kolom Lacak
Facebook. Di bagian akhir, kami menyajikan tip penggunaan multimedia dalam kebaktian dan referensi situs-situs yang menyediakan bahan seputar Natal. Redaksi berharap, dua edisi sajian ICW di bulan ini dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang mempersiapkan Natal.

Selamat berselancar.

Pemimpin Redaksi ICW,
Mahardhika Dicky Kurniawan
< dicky(at)in-christ.net >
< http://icw.sabda.org >

JELAJAH NUSANTARA: VIDEO BERITA NATAL DARI
YAYASAN LEMBAGA SABDA

Berita Natal yang tertulis dalam Injil Matius dan Lukas kini bisa direnungkan dengan cara berbeda. Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) telah membuat video Berita Natal dan bisa Anda dapatkan melalui Youtube.
Penggunaan multimedia yang menggabungkan unsur teks/tulisan, audio/suara, dan visual/gambar, memberi nuansa baru dalam pemberitaan kelahiran Yesus.

Empat video Berita Natal ini tersedia dalam dua bahasa (Bahasa
Indonesia dan Bahasa Jawa). Video yang menampilkan narasi Natal dari
Injil Matius 1:18-25 berdurasi sekitar 8 menit, sedangkan video yang menampilkan narasi kelahiran Yesus berdasarkan Injil Lukas 1:26-56 memiliki durasi sekitar 9 menit. Anda dapat mendengarkan suara narator sembari membaca teks ayat yang ditampilkan pada layar. Sementara itu, gambar latar bernuansa Natal memberi sentuhan khidmat kala kita merenungkan peristiwa kelahiran Kristus di dunia, anugerah terbesar dari Bapa bagi umat manusia. Anda bisa memilih salah satu tautan di bawah ini untuk melihat video Natal selengkapnya. Jika Anda memiliki aplikasi Youtube Downloader, Anda bisa mengunduh video Berita Natal ini sehingga dapat dibagikan ke rekan-rekan Anda. (MDK)

1. Kisah Natal Matius < http://www.youtube.com/watch?v=q8tSbbQPGZg >
2. Kisah Natal Lukas < http://www.youtube.com/watch?v=MWxqm9U-KeY >
3. Carita Natal Mateus < http://www.youtube.com/watch?v=w3Vt18UvxsU >
4. Carita Natal Lukas < http://www.youtube.com/watch?v=j0ThUUrWVV8 >

Tanggal akses: 21 November 2011

JELAJAH MANCA: CHRISTMASPLAYS

Jika Anda membutuhkan lebih banyak ide untuk mengadakan pementasan drama Natal di gereja maupun persekutuan, Anda bisa mencari inspirasi di situs Christmas Plays. Situs berbahasa Inggris dari Kanada ini, menyediakan sembilan naskah drama Natal yang bisa diunduh secara gratis. Pilih menu "Download a Play" untuk melihat deskripsi sembilan naskah tersebut. Deskripsi meliputi judul drama, durasi pementasan, jumlah pemeran, rentang usia penonton, dan sinopsis.

Anda bisa memilih judul-judul drama Natal bertema klasik yang bersumber dari kisah Alkitab seperti "The Shepherds" (Para Gembala),
"The Magi" (Orang-orang Majus), "Simeon and Anna" (Simeon dan Hana), dan "Angels on Assignment" (Para Malaikat yang Diutus). Jika Anda menginginkan naskah yang lebih kontemporer, Anda bisa mementaskan "Mr.
Wilson Finds Christmas" atau "The Perfect Fit". Anda bisa membaca skenario dengan mengklik judul yang dipilih.

Imbauan dari pemilik situs, meskipun bisa mengakses semua naskah dalam situs ini secara gratis, pengunjung diharap untuk memberi persembahan secara sukarela. Dengan kata lain, jika Anda merasa terberkati oleh situs ini, silakan menyumbang untuk pengembangan pelayanan situs ini.
(MDK)

==> http://www.christmasplays.com/
Tanggal akses: 18 November 2011

LACAK FACEBOOK: FACEBOOK NATAL -- SABDA

Hari-hari khusus ternyata bisa menjadi salah satu fokus seseorang dalam memanfaatkan Facebook. Setelah sukses dengan Facebook Paskah beberapa bulan yang lalu, kini Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) mulai membuka halaman Facebook Natal. Tepatnya sebulan yang lalu, Facebook
Natal mulai dibentuk dan mulai aktif dalam kegiatan berjejaring. Anda bisa menemukan bahan-bahan Natal melalui Facebook ini, yang diintegrasikan dari situs Natal Indonesia < http://natal.sabda.org >.
Beberapa bahan yang bisa Anda temukan, antara lain artikel seputar
Natal, tip Natal, download lagu-lagu Natal, dan beberapa topik diskusi dari para penggemar Facebook Natal.

Sekalipun usia Facebook Natal tergolong muda, tetapi Facebook ini cukup aktif dalam memberikan informasi seputar Natal. Hingga tulisan ini dibuat, jumlah penggemar sudah mencapai 1.624 orang. Anda dapat ikut memberikan bahan, topik diskusi dalam Facebook ini dengan cara klik tombol "Like", dan Anda langsung bisa bergabung dengan penggemar yang lainnya dan saling berbagi berkat tentang Natal. Mari kunjungi
Facebook Natal sekarang juga! (STL)

==> http://www.facebook.com/pages/Natal/246651518718996
Tanggal akses: 14 November 2011

* Catatan Redaksi: Karena dunia internet adalah dunia dinamis yang terus-menerus berubah, informasi ulasan situs, blog, forum, milis, dan
Facebook di ICW adalah akurat sesuai dengan yang kami lihat pada saat kami menuliskan ulasannya.

TIP: MEMPERTIMBANGKAN PENGGUNAAN
MULTIMEDIA DI DALAM KEBAKTIAN

Ketika saya menjadi seorang pembuat video perusahaan, seorang akuntan pernah meminta kami membuat video tentang undang-undang perpajakan. Ia berpendapat bahwa video adalah sebuah teknologi canggih. Menampilkan sebuah video sewajarnya akan membuat materi yang disampaikannya menjadi dinamis dan relevan bagi pemirsa. Yang harus kami lakukan adalah menaruh beberapa hal yang berkaitan dengan presentasi verbalnya tentang undang-undang perpajakan di layar dan kami akan melihat video yang terkesan dipaksakan. Saya menanggapi klien ini dengan berkata,
"Mari kita bicarakan kebutuhan komunikasi Anda terlebih dahulu, lalu kita cari bagaimana video dapat menjawab kebutuhan tersebut." Bahkan, jika kami membuat sebuah animasi 3-D mahal tentang logo pajak yang mengambang dan logo mata uang yang meliuk-liuk, hal itu akan sia-sia jika tidak menolong pemirsa memahami undang-undang perpajakan. Kita perlu menyesuaikan video dengan tujuan bisnis klien.

Persoalan serupa tentang tujuan dan komunikasi dihadapi para penyusun liturgi yang berharap dapat memakai teknologi video dalam kebaktian.
Penayangan video dalam kebaktian perlu disesuaikan dengan tujuan kebaktian.

Konsep dasarnya adalah bahwa media visual tidak digunakan dalam kebaktian hanya untuk menekankan gagasan dan membuat kebaktian lebih menarik, tetapi untuk menyampaikan lebih jauh maksud setiap sesi dalam kebaktian. Gambar-gambar yang dibuat untuk kebaktian harus dirancang untuk membantu menuntaskan tujuan setiap sesi kebaktian.

1. Sebelum Kebaktian Dimulai.

Pertimbangkan sesi permulaan, misalnya. Apa yang sebaiknya muncul di layar ketika jemaat berdatangan dan menempati kursi mereka? Pengumuman atau petunjuk mencari tempat duduk? Pertanyaan-pertanyaan ini perlu didahului dengan pertanyaan-pertanyaan kunci seputar perumusan tujuan sesi permulaan. Apa yang seharusnya dilakukan jemaat dalam sesi ini?
Apa tugas liturgis mereka? Ke mana seharusnya fokus perhatian mereka?
Jika kita mengartikan sesi permulaan, misalnya, sebagai waktu untuk mempersiapkan hati kita untuk bertemu Allah di dalam persekutuan iman, media video kita seharusnya dibangun di atas tugas persiapan itu.

Hanya dengan cara demikian kita melangkah untuk menjawab pertanyaan spesifik tentang apa saja yang sebaiknya muncul di layar. Jika musik pengantar didasarkan pada lirik pujian, barangkali Anda harus menampilkan lirik tersebut. Anda juga bisa menampilkan kidung pengagungan, atau karya seni klasik tentang perjumpaan ilahi, atau tema dan bacaan Alkitab untuk hari itu, atau serangkaian pertanyaan terarah yang akan menolong jemaat menyiapkan hati mereka. Terkadang
Anda mungkin memilih untuk menekankan persekutuan atau aspek komunitas dari kebaktian, mungkin dengan gambar-gambar gereja dari masa ke masa, atau tentang masa penuaian.

Yang kurang tepat adalah gambar-gambar yang tidak berfokus pada fungsi persiapan dan persekutuan. Pengumuman tentang perjamuan kasih Rabu malam atau rangkaian foto tentang kebaktian padang komisi pemuda, misalnya, kurang berhubungan dengan persiapan kebaktian, walaupun hal itu mungkin cocok untuk sesi lain dalam kebaktian.

2. Sesi Persembahan.

Pertimbangkan juga sesi persembahan. Sesi ini bukanlah sekadar cara pengumpulan uang untuk membayar kebutuhan gereja dan program-programnya, namun lebih daripada itu. Persembahan adalah respons ucapan syukur jemaat secara aktif dengan memberikan hidup untuk melayani. Persembahan diri ini dilambangkan dalam pemberian uang persembahan. Dengan demikian, multimedia harus berperan untuk menekankan fungsi respons tersebut. Tampilan di layar seharusnya mendorong jemaat untuk memberi hidup untuk melayani. Inilah peluang tepat untuk pengumuman-pengumuman tentang perjalanan misi, sukarelawan pengasuh anak, kelompok doa, dan bentuk lain pemuridan. Anda juga bisa menampilkan teks Kitab Suci yang mengajak kita untuk menghasilkan buah. Atau menampilkan teks kitab Suci atau lirik lagu musik instrumental yang dialunkan saat persembahan. Sama halnya, jika persembahan akan diberikan kepada pelayanan tertentu, akan tepat untuk menampilkan foto-foto atau informasi seputar upaya kelompok tersebut dalam membangun kerajaan Allah. Lagi-lagi, titik awal untuk tampilan layar adalah tugas yang diberikan dalam liturgi.

3. Kegunaan dan Keindahan.

Semua hal di atas mengasumsikan bahwa liturgi dibuat untuk suatu tujuan. Setiap unsur dalam kebaktian penyembahan adalah tindakan penyembahan yang dilakukan dengan sengaja. Memahami tujuan setiap unsur adalah prasyarat untuk merancang media dalam mendukung tugas jemaat.

Mengembangkan media tanpa fokus khusus akan menghasilkan gambar-gambar yang indah, namun tidak tajam terarah. Lebih baik menciptakan media yang sederhana, namun tepat daripada sebuah karya canggih namun tidak tepat sasaran. Sebuah video musik berirama cepat mungkin menarik disimak dan sangat alkitabiah, namun jika gagal terhubung dengan liturgi, video itu tidak sesuai dengan tujuannya. Singkatnya, jika tidak tumbuh dari tugas penyembahan secara khusus, media hanyalah sekadar hiburan agamawi dan pengalihan perhatian dari penyembahan sejati. (t/Dicky)

Diterjemahkan dari:
Nama situs: (CRCNA)
Alamat URL: http://network.crcna.org/content/worship/
first-things-first-considering-multimedia-worship#
Judul asli artikel: First Things First: Considering Multimedia in Worship
Penulis: Steven Koster
Tanggal akses: 29 September 2011

REFERENSI: DAFTAR SITUS NATAL

Edisi ICW tentang Natal:
ICW Edisi 1155 < http://www.sabda.org/publikasi/icw/1155/ >
ICW Edisi 1154 < http://www.sabda.org/publikasi/icw/1154/ >
ICW Edisi 1037 < http://www.sabda.org/publikasi/icw/1037/ >
ICW Edisi 1013 < http://www.sabda.org/publikasi/icw/1013/ >
ICW Edisi 0118 < http://www.sabda.org/publikasi/icw/118/ >
ICW Edisi 0090 < http://www.sabda.org/publikasi/icw/090/ >
ICW Edisi 0045 < http://www.sabda.org/publikasi/icw/045/ >

Langkah-langkah belajar tentang Natal dari situs Alkitab SABDA:
1. Masuk ke situs http://alkitab.sabda.org
2. Pilih menu "Belajar", pilih opsi "centang semua".
3. Ketik kata kunci "Natal" atau "kelahiran Yesus", tekan enter.
4. Pilih salah satu judul/referensi bahan yang ditampilkan untuk
mempelajarinya.

Situs-situs Natal berbahasa Inggris

A. Situs-situs yang pernah diulas oleh ICW:
1. Joyful Heart < http://www.joyfulheart.com/christmas >
2. Christmas Carnivals < http://www.christmascarnivals.com >
3. My Merry Christmas < http://www.mymerrychristmas.com/ >
4. Santa`s Net < http://www.santas.net/ >

B. Situs-situs lainnya:
1. Situs penyedia kartu Natal elektronik.
==> Free Christmas Cards Online
< http://www.free-christmas-cards- online.com/ >
==> ChristianNet
< http://www.christianet.com/christianecards/christmas/ >
==> Dgreetings
< http://www.dgreetings.com/religion_cards/christians/christmas/ >

2. Situs seputar Natal.
==> http://www.christmasorganizing.com
==> http://www.christmascarnivals.com
==> http://www.buzzle.com/articles/merry-christmas

3. Situs forum diskusi Natal.
==> http://allthingschristmas.com/forum
==> http://www.christmasfanclub.com
==> http://forums.planetchristmas.com

4. Situs milis Natal (tidak perlu bergabung dulu untuk membaca pesan).
==> http://groups.yahoo.com/group/ChristmasInternational
==> http://groups.yahoo.com/group/ChristmasMangerScenes
==> http://groups.yahoo.com/group/ChristmasMoviesAndMusic

5. Situs milis Natal (perlu bergabung dulu untuk membaca pesan).
==> http://groups.yahoo.com/group/Christmas_all_year
==> http://groups.yahoo.com/group/Christmas-Express
==> http://groups.yahoo.com/group/cozychristmascorner

Kontak: < icw(at)sabda.org >
Redaksi: Mahardhika Dicky K., Kusuma Negara, dan Santi Titik Lestari
(c) 2011 -- Yayasan Lembaga SABDA
< http://www.ylsa.org >
Rekening: BCA Pasar Legi Solo;
No. 0790266579 a.n. Yulia Oeniyati
< http://blog.sabda.org/ >
< http://fb.sabda.org/icw >
Berlangganan: < subscribe-i-kan-icw(at)hub.xc.org >
Berhenti: < unsubscribe-i-kan-icw(at)hub.xc.org >Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2017
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org