Menu:

 

ARSIP PUBLIKASI ICW

1999 (46 edisi) | 2000 (44 edisi) | 2001 (28 edisi) | 2002 (7 edisi) | 2003 (14 edisi) | 2004 (23 edisi) | 2005 (23 edisi) | 2006 (21 edisi) | 2007 (13 edisi) | 2008 (12 edisi) | 2009 (24 edisi) | 2010 (24 edisi) | 2011 (28 edisi) | 2012 (24 edisi) | 2013 (15 edisi) | 2014 (13 edisi) | 2015 (12 edisi) | 2016 (12 edisi) | 2017 (0 edisi) | Semua (383 edisi) |
Edisi terakhir: Edisi 383


================= ICW - Indonesian Christian Webwatch ================

Volume: 13/2011/Edisi 1177
Topik: Situs Konseling Kristen (II)

DAFTAR ISI
JELAJAH NUSANTARA: KONSELING.CO
JELAJAH MANCA: CHRISTIAN COUNSELING ONLINE
LACAK FACEBOOK: FACEBOOK E-KONSEL
TIP: PERAWATAN LAPTOP
REFERENSI: DAFTAR SITUS KONSELING KRISTEN
STOP PRESS: IKUTILAH! KELAS DISKUSI PESTA -- NATAL 2011
TOPIK BULAN DEPAN

Shalom,

Edisi kali ini masih membahas tentang konseling Kristen. Anda bisa menyimak ulasan situs konseling.co, Christian Counseling Online, dan
Facebook e-Konsel. Kami juga menyajikan tip seputar perawatan laptop dan daftar lengkap situs-situs konseling Kristen dalam kolom referensi. Semoga Anda diberkati melalui sajian kami dalam edisi ini.

Selamat berselancar.

Pemimpin Redaksi ICW,
Mahardhika Dicky Kurniawan
< dicky(at)in-christ.net >
< http://icw.sabda.org >

JELAJAH NUSANTARA: KONSELING.CO

Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) sedang merintis situs-situs mini, yang berfungsi sebagai sumber referensi bahan-bahan elektronik terbaik seputar dunia kekristenan. Salah satu di antaranya adalah situs konseling.co, yang layak menjadi acuan Anda dalam memperoleh bahan-bahan konseling pilihan yang tersebar di berbagai situs Kristen di Indonesia.

Dalam daftar isi, disajikan berbagai kategori bahan yang ingin Anda cari. Anda bisa mengetahui top situs konseling Kristen, top buku online konseling Kristen, sumber bahan pelayanan konseling, dan audio untuk pelayanan konseling. Selain itu, Anda juga bisa menemukan berbagai pranala ke komunitas konseling Kristen, artikel konseling, publikasi elektronik gratis di bidang konseling, dan kursus online teologi mengenai masalah konseling.

Dengan sekali klik pada halaman utama situs ini, Anda akan langsung diarahkan menuju bahan-bahan konseling yang Anda pilih. Jika Anda ingin menyimak referensi yang lebih banyak tentang suatu kategori,
Anda bisa melihat daftar di halaman lain dengan menekan tulisan "lihat selengkapnya". Jangan khawatir dengan kualitas bahan yang disajikan, karena pengelola situs ini senantiasa memantau perkembangan bahan-bahan konseling Kristen elektronik. Penambahan bahan baru, penggantian pranala, dan pemilihan bahan terbaik dilakukan secara rutin. Silakan kunjungi situs ini segera! (MDK)

==> http://www.konseling.co/
Tanggal akses: 26 September 2011

JELAJAH MANCA: CHRISTIAN COUNSELING ONLINE

Situs berbahasa Inggris yang dikelola oleh Jean LeStourgeon dan rekan-rekan ini memberikan pelayanan konseling dengan landasan
Galatia 5:1 sejak 2004. Meskipun tampilannya sederhana, situs ini menyajikan berbagai artikel penting seputar konseling Kristen yang tersedia di menu tab sebelah kiri. Anda bisa menyimak artikel tentang serangan panik, pengaruh kecanduan alkohol, dan "emotional abuse".
Anda juga bisa membaca artikel tentang komunikasi, menjalin hubungan, kehidupan lajang, dan masalah pernikahan. Setiap artikel disertai penjelasan alkitabiah melalui kutipan ayat-ayat terkait, yang dicetak tebal dan berwarna.

Cobalah klik menu tab "Free Newsletter" untuk berlangganan buletin gratis setiap bulannya. Anda bisa melihat buletin edisi sebelumnya dengan mengklik tulisan di bagian bawah. Sayangnya, untuk melihat artikel selengkapnya, Anda perlu melakukan beberapa kali klik yang cukup menyita waktu. Sementara itu, menu tab "Related Links" akan membawa Anda ke berbagai situs mitra yang juga menyediakan bahan-bahan konseling Kristen. Anda yang ingin memesan dan membeli buku-buku konseling untuk topik tertentu, bisa menuju pranala yang tersedia dalam menu "Book Store" atau memilih menu "Find a Therapist" untuk alamat mitra konselor di beberapa negara bagian di Amerika Serikat.

Beberapa artikel di situs ini dapat diunduh dalam format PDF maupun buku elektronik, ada juga yang disertai audio relaksasi. Jika Anda mencari referensi bahan-bahan konseling Kristen berbahasa Inggris,
Christian Counseling Online adalah salah satu tujuan yang tepat.
Selamat berkunjung! (MDK)

==> http://www.christian-counseling-online.com/
Tanggal akses: 26 September 2011

LACAK FACEBOOK: FACEBOOK E-KONSEL

Facebook e-Konsel adalah halaman penggemar yang membahas masalah-masalah konseling Kristen di Indonesia. Facebook ini dikelola oleh Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) dan terintegrasi dengan publikasi e-Konsel dan situs Christian Counseling Center Indonesia (C31) yang menyediakan bahan-bahan berkualitas seputar pelayanan konseling
Kristen. Sampai saat ini, Facebook e-Konsel sudah memunyai 1105 penggemar. Setiap penggemar diundang untuk berbagi cerita seputar konseling Kristen, bertanya suatu topik konseling, maupun berkomentar.
Temanya bermacam-macam, mulai dari pergumulan tentang masa muda, studi dan kerja, jodoh dan pasangan hidup, pernikahan dan keluarga, hingga persoalan dalam kehidupan rohani. Admin sangat rutin melontarkan pertanyaan-pertanyaan dan mengundang para pengunjung untuk terlibat dalam diskusi topik-topik tertentu. Beberapa komentar yang ditulis oleh admin juga menyertakan link alkitabiah yang tepercaya. Jadi, segera berkunjung dan bergabung dengan Facebook e-Konsel. (MDK)

==> http://fb.sabda.org/konsel
Tanggal akses: 12 Agustus 2011

* Catatan Redaksi: Karena dunia internet adalah dunia dinamis yang terus-menerus berubah, informasi ulasan situs, blog, forum, milis, dan
Facebook di ICW adalah akurat sesuai dengan yang kami lihat pada saat kami menuliskan ulasannya.

TIP: PERAWATAN LAPTOP

Catatan redaksi: tip-tip di bawah ini juga berlaku bagi alat-alat elektronik sejenis, seperti komputer tablet, netbook, dll..

Laptop adalah perangkat yang rentan rusak, ikuti saran-saran berikut untuk mengatasinya.

1. Jangan sampai jatuh atau terguncang.

Jika laptop jatuh, penutup dan komponen lainnya kemungkinan akan mengalami kerusakan.
a. Jangan biarkan laptop mengalami guncangan atau getaran. b. Jangan ditaruh di tempat yang tidak stabil (miring). c. Jangan menaruh barang yang berat di atasnya.

2. Jaga tetap kering dan jangan kepanasan.

Jaga laptop dan persediaan cadangan baterai untuk perjalanan jauh dari elemen mana pun, produk ini menggunakan komponen-komponen elektrik.
Jika air atau cairan sejenisnya masuk ke dalam laptop, kemungkinan laptop akan mengalami kerusakan.
a. Jangan diletakkan di tempat panas/terkena matahari secara langsung. b. Jangan meninggalkan di tempat yang suhu lingkungannya akan
memengaruhi kinerja laptop. c. Jangan menyimpan di tempat yang bersuhu lembab. d. Jangan ditaruh di permukaan yang dapat menutupi lubang ventilasi
laptop (di atas kasur, bantal, dll.).

3. Hindarkan dari gangguan.

Jauhkan laptop dari trafo berkapasitas tinggi, motor elektrik, dan medan magnet yang lainnya. Alat-alat tersebut dapat merusak kinerja laptop dan data Anda.

4. Mengikuti prosedur kerja yang ada.

Matikan laptop dengan baik dan jangan lupa menyimpan hasil kerja Anda.
Ingatlah terus untuk selalu menyimpan data secara berkala. Jika baterai yang digunakan habis, kemungkinan data hilang tidak akan terjadi.
a. Jangan mematikan laptop sebelum menutup semua progam yang ada. b. Jangan mematikan peranti terhubung ("peripheral") dalam kondisi
laptop menyala. c. Jangan mencoba memperbaiki laptop sendiri. d. Datanglah secara rutin ke tempat perawatan laptop Anda.

5. Berhati-hatilah ketika akan menggunakan peranti pendukung.

Pastikan peranti yang akan digunakan kompatibel dengan laptop Anda.
Putuskan hubungan listrik ketika akan memasang peralatan pendukung lainnya.
a. Gunakan hanya peranti yang asli. b. Putuskan hubungan listrik jika memasang peranti lainnya.

6. "Power safety".

Laptop membutuhkan tenaga listrik dengan persyaratan khusus:
Hanya gunakan adaptor yang telah disediakan untuk laptop Anda.
a. Ketika akan mencabut kabel power, pastikan mencabutnya dengan
memegang kepala kabelnya, jangan menarik melalui kabelnya. b. Pastikan soket dan ekstensi kabel yang digunakan dapat mendukung
semua peralatan yang dihubungkan. c. Sebelum membersihkan laptop, pastikan Anda sudah melepaskan kabel
power dari sumber listrik. d. Jangan memasang kabel power jika tangan Anda basah. e. Jangan dipakai jika kabel power rusak. f. Jangan menaruh benda berat di atas kabel.

7. Pencegahan
a. Gunakan hanya baterai yang didesain khusus untuk laptop Anda.
Penggunaan baterai yang salah akan menimbulkan ledakan, kebocoran,
atau kerusakan laptop. b. Jangan melanjutkan menggunakan baterai yang lemah atau rusak, jika
dipaksakan menggunakannya akan mengakibatkan kerusakan sirkuit atau
akan bisa menimbulkan percikan api. c. Gunakan laptop untuk melakukan pengisian baterai, pengisian ulang
baterai yang salah akan menimbulkan ledakan. d. Jangan mencoba memperbaiki baterai sendiri, hubungi pusat servis
yang berkualitas untuk mengganti atau memperbaikinya. e. Jauhkan dari anak-anak dan segera buang baterai yang telah rusak.
Hati-hati dalam membuangnya karena baterai akan meledak apabila
terkena api. f. Simpan dan jauhkan baterai dari peralatan yang terbuat dari logam.

8. Pembersihan

Jangan menggunakan pembersih secara langsung ke komputer, gunakan kain yang lembut untuk membersihkannya. Jangan menggunakan volatil (sejenis minyak tanah) atau amplas ke bagian mana pun pada laptop.

9. Pemeliharaan

Jangan mencoba untuk memperbaiki laptop sendiri. Melakukannya akan melanggar jaminan garansi Anda dan akan menyebabkan kejutan elektrik untuk laptop dan Anda sendiri. Datanglah ke tempat perawatan yang telah ditunjuk untuk melakukan perawatan dalam kondisi sebagai berikut:
a. Ketika kabel baterai atau adaptor rusak. b. Jika laptop terkena air hujan ataupun cairan sejenisnya. c. Jika laptop bekerja tidak secara normal ketika Anda sudah mengikuti
petunjuk penggunaan yang ada. d. Jika laptop terjatuh atau ada kerusakan (jangan sentuh cairan yang
keluar jika LCD mengalami keretakan). e. Jika ada bau yang tidak biasa atau asap yang keluar dari laptop.

Diambil dan disunting dari:
Nama situs: Duta4Sukses
Alamat URL: http://www.duta4sukses.com/perawatan-notebook-atau-laptop/
Judul asli: Perawatan Notebook atau Laptop
Penulis: Baim
Tanggal akses: 8 Agustus 2011

REFERENSI: DAFTAR SITUS KONSELING KRISTEN

Edisi ICW tentang Konseling:
1. ICW Edisi 1119 < http://icw.sabda.org/index.php?n=tampil&id=243 >
2. ICW Edisi 1118 < http://icw.sabda.org/index.php?n=tampil&id=242 >
3. ICW Edisi 1088 < http://icw.sabda.org/index.php?n=tampil&id=213 >
4. ICW Edisi 1070 < http://icw.sabda.org/index.php?n=tampil&id=195 >
5. ICW Edisi 1035 < http://icw.sabda.org/index.php?n=tampil&id=160 >
6. ICW Edisi 1005 < http://icw.sabda.org/index.php?n=tampil&id=130 >

Situs-Situs yang Pernah Diulas di ICW

A. Situs Konseling Kristen dalam bahasa Indonesia:
1. Christian Counseling Center Indonesia (C31) < http://c3i.sabda.org/ >
2. Hikmat Pembaruan < http://hikmatpembaharuan.wordpress.com/ >
-- bahan sudah lama tidak diperbarui
3. Tegur Sapa Gembala Keluarga (TELAGA) < http://www.telaga.org/ >
4. Aku Percaya -- Forum Konseling
< http://www.akupercaya.com/konseling/ > -- forum konseling
5. Terang Dunia < http://www.terangdunia.com/
index.php?option=com_content&view=section&id=9&Itemid=66 >
-- bahan sudah lama tidak diperbarui
6. Salib Ministry < http://www.salib.net/Forums/viewforum/f=11.html >
-- forum konseling, posting terakhir cukup lama
7. Lifespring < http://www.my-lifespring.com/ >
8. The Sparkling Life < http://www.konselingkeluarga.com >
-- yang sudah diulas Facebook-nya di ICW 1176, situs belum.

B. Situs Konseling Kristen dalam bahasa Inggris:
1. Counsel Care Connection < www.counselcareconnection.org/ >
2. Focus on the Family < http://www.focusonthefamily.com/ >
3. Bible Center -- Counseling < http://www.biblecenter.com/counseling.php >
4. Growth Trac < http://www.growthtrac.com/special/counseling/ >
5. The Christian Broadcasting Network (CBN)
< http://www.cbn.com/spirituallife/PrayerAndCounseling/index.asp >
6. Crown Financial Ministry < http://www.crown.org/ >
7. Pure Intimacy < http://www.pureintimacy.org/ >
8. Christian Counseling Ministries
< http://www.intensivecounseling.com/ministries/counseling.html >
9. A Christian Counselor < http://achristiancounselor.com >
10.Peacemaker Ministries
< http://www.peacemaker.net/site/c.aqKFLTOBIpH/b.958123/k.CB70/Home.htm/ >
-- bahan konseling dihapus

Situs-situs lainnya
1. Healing Streams Ministry
< http://www.healing-streamsministry.org/ > -- tidak ada bahan
2. Christianity Oasis
< http://www.christianityoasis.com/christianityoasis/ >
-- tampilan bahan membingungkan
3. Healing Heart Christian Counseling
< http://www.healingheart.org/ > -- tidak ada bahan
4. Healing Hearts Counseling Center
< http://healingheartscounselingcenter.org/ > -- bahan tidak bisa diakses
5. Pastoral Counseling Services
< http://www.pcs-nh.org/ > -- tidak ada bahan
6. The Voice for Love
< http://www.thevoiceforlove.com/spiritual-counseling.html > -- ada (audio-video)
7. Restoring Christ to Counseling and Counseling to the Church
< http://www.ccef.org/ > -- ada (artikel dan audio)
8. Christian Counseling
< http://counseling4christians.com/ > -- ada (di menu newsletter)
9. Professional Pastoral Counseling Inst
< http://www.pastoral-counseling.org/ > -- ada (di menu artikel)
10. Guidance 2 Live
< http://www.guidance2live.com/ > -- ada (di menu advice topics)
11. Christian Counseling & Educational Services
< http://www.ccesonline.com/ > -- ada (di menu resources)
12. Biblical Counseling Resources
< http://www.biblicalcounselingresource.com/ > -- ada (di menu resources)

STOP PRESS: IKUTILAH! KELAS DISKUSI PESTA -- NATAL 2011

Apakah Anda rindu memperoleh pemahaman mendalam mengenai makna Natal yang sesuai dengan kebenaran firman Tuhan?

Kami mengundang Anda untuk bergabung dalam kelas Diskusi Natal 2011, yang diselenggarakan oleh Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
<http://ylsa.org> melalui program Pendidikan Elektronik Studi Teologi
Awam (PESTA) <http://pesta.org>. Diskusi akan diselenggarakan melalui milis diskusi (email) dan akan dimulai pada 1 November -- 05 Desember
2011.

Setiap peserta yang telah mendaftarkan diri wajib menulis renungan singkat mengenai Natal dengan judul bebas, namun masih berhubungan dengan makna Natal. Ukuran maksimal isi tulisan sebesar 250 -- 300 kata. Renungan dikumpulkan paling lambat pada tanggal 5 Desember 2011, atau selama diskusi berlangsung.

Pendaftaran peserta dibuka mulai 12 September -- 31 Oktober 2011.
Segera daftarkan diri Anda ke admin PESTA di alamat email
< kusuma(at)in-christ.net >

TOPIK BULAN DEPAN

Topik ICW untuk bulan Oktober 2011 adalah Situs Kepemimpinan Kristen.

Apabila Anda memiliki informasi atau mengelola situs mengenai Situs
Kepemimpinan Kristen, silakan kirimkan info atau ulasannya kepada
Redaksi ICW.

Kami juga mengajak Pelanggan dan Pembaca ICW sekalian untuk mengirimkan artikel yang sehubungan dengan topik di atas.

Kirimkan bahan-bahan Anda ke redaksi di alamat: < icw(at)sabda.org >

Kontak: < icw(at)sabda.org >
Redaksi: Mahardhika Dicky Kurniawan, Kusuma Negara,
dan Santi Titik Lestari
Kontributor: Lusia R.
(c) 2011 -- Yayasan Lembaga SABDA
< http://www.ylsa.org >
Rekening: BCA Pasar Legi Solo;
No. 0790266579 a.n. Yulia Oeniyati
< http://blog.sabda.org/ >
< http://fb.sabda.org/icw >
Berlangganan: < subscribe-i-kan-icw(at)hub.xc.org >
Berhenti: < unsubscribe-i-kan-icw(at)hub.xc.org >Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2017
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org