Menu:

 

ARSIP PUBLIKASI ICW

1999 (46 edisi) | 2000 (44 edisi) | 2001 (28 edisi) | 2002 (7 edisi) | 2003 (14 edisi) | 2004 (23 edisi) | 2005 (23 edisi) | 2006 (21 edisi) | 2007 (13 edisi) | 2008 (12 edisi) | 2009 (24 edisi) | 2010 (24 edisi) | 2011 (28 edisi) | 2012 (24 edisi) | 2013 (15 edisi) | 2014 (13 edisi) | 2015 (12 edisi) | 2016 (12 edisi) | 2017 (0 edisi) | Semua (383 edisi) |
Edisi terakhir: Edisi 383


================= ICW - Indonesian Christian Webwatch ================

Volume: 13/2011/Edisi 1170
Topik: Situs Biografi Kristen (I)

DAFTAR ISI
JELAJAH NUSANTARA: E-MISI -- TOKOH MISI
JELAJAH MANCA: BOSTON COLLABORATIVE ENCYCLOPEDIA OF WESTERN THEOLOGY
LACAK FACEBOOK: INSPIRASI TOKOH ALKITAB
LACAK UMUM: TOKOH INDONESIA
TIP: CARA MENYAMPAIKAN PRESENTASI POWER POINT YANG BAGUS

Salam kasih,

Bulan Juni ini, ICW mengulas situs-situs biografi. Pada kolom Jelajah
Nusantara, Anda dapat membaca ulasan halaman Tokoh Misi -- bagian dari situs e-MISI, serta ulasan situs Boston Collaborative Encyclopedia of
Western Theology yang bisa Anda temui di kolom Jelajah Manca. Simak pula ulasan halaman biografi tokoh Alkitab di kolom Lacak Facebook dan situs Tokoh Indonesia di kolom Lacak Umum. Di kolom Tip, redaksi menyajikan kiat-kiat membuat Power Point, untuk menyukseskan presentasi Anda. Ingin tahu lebih detail? Segeralah simak sajian kami.

Dalam kasih-Nya,

Redaksi Tamu ICW,
Sri Setyawati
< http://icw.sabda.org >

JELAJAH NUSANTARA: E-MISI -- TOKOH MISI

Halaman Tokoh Misi merupakan bagian dari situs e-MISI, yaitu situs yang menjadi pusat informasi dan referensi terlengkap tentang misi, baik di Indonesia maupun di seluruh dunia. Dalam halaman Tokoh Misi --saat ulasan ini ditulis, terdapat 45 tokoh misi yang dipaparkan dalam situs ini. Semua tokoh tersebut berperan dalam memberitakan Kabar Baik ke seluruh dunia, seperti William Carey, John Wesley, John Sung,
Nommensen, Hudson Taylor, dll.. Setiap tokoh dijelaskan dalam satu artikel yang cukup panjang, disertai sumber yang jelas dan lengkap.
Selain memberikan biografi tokoh-tokoh misi yang berperan dalam pekabaran Injil di seluruh dunia, dalam situs yang dimulai sejak 1999 dan menggunakan teknologi Drupal ini, pengunjung juga dapat memperoleh informasi seputar misi lainnya seperti, profil suku-suku bangsa, kesaksian, pokok doa misi, artikel, serta renungan. Tidak hanya itu,
Anda juga dapat berkomunitas melalui forum, twitter, maupun Facebook e-Misi. Jika Anda ingin mendapatkan bahan mengenai biografi para tokoh misi yang lengkap, segera kunjungi halaman Tokoh Misi di situs e-MISI sekarang juga! (DR)

==> http://misi.sabda.org/tokoh_misi
Tanggal akses: 3 Juni 2011

JELAJAH MANCA: BOSTON COLLABORATIVE
ENCYCLOPEDIA OF WESTERN THEOLOGY

Situs Boston Collaborative Encyclopedia Of Western Theology adalah situs yang menampilkan artikel-artikel seputar tokoh-tokoh teologi dunia. Situs ini berada di bawah otoritas Boston University Modern
Western Theology. Sebagian besar artikel di situs ini, ditulis oleh para mahasiswa seminari Boston University Modern Western Theology.
Dengan berkunjung ke situs ini, Anda dapat membaca lebih dari 50-an artikel tokoh yang disusun secara alfabetis. Tokoh yang dibahas di situs ini memiliki latar belakang profesi yang berbeda-beda. Ada yang menjadi teolog, penulis himne, penginjil, dan seterusnya.

Jika diamati situs ini serupa dengan ensiklopedia pada umumnya.
Masing-masing tokoh akan dikupas menurut:

1. Latar belakang kehidupan (Tanggal lahir, tempat lahir, nama orang
tua, asal negara/kota)
2. Karya-karyanya
3. Tema
4. Kerangka karya besarnya
5. Hubungan dengan tokoh pemikir yang lainnya
6. Bibliografi dan karya-karya yang terkait
7. Sumber-sumber internet
8. Topik-topik terkait

Sayangnya, ada beberapa tokoh yang masih disajikan dengan format lama dan tidak menggunakan format seperti di atas.

Situs ini merupakan situs kolaborasi, sehingga di dalam artikel-artikelnya ada tambahan informasi yang belum ditulis, yang bisa ditambahi oleh pembaca yang mengetahui informasi terkait dengan artikel. Orang yang bertanggung jawab -- otoritatif dan komprehensif dalam mengonsolidasikan artikel-artikel dalam situs ini adalah Derek
Michaud.

Dalam situs ini, artikel-artikel campuran diletakkan di alamat tautan yang berbeda dari artikel tunggal, namun keduanya bisa diakses dari halaman artikel tokoh. Setiap kali artikel diperbarui, maka tampilan yang lama akan hilang, dan digantikan dengan tampilan baru dengan isi yang baru. Situs ini cukup sederhana dan mudah diakses -- tidak membingungkan karena isinya begitu simpel dan terstruktur.

Apakah diperbolehkan mengambil artikel dari situs ini? Tentu saja boleh, tetapi dengan syarat Anda harus mencantumkan tautan situs, nama penulis, dan nama editor yang ada di bawah artikel. Selamat berselancar. (SS)

==> http://people.bu.edu/wwildman/bce/index.htm
Tanggal akses: 26 Mei 2011

LACAK FACEBOOK: INSPIRASI TOKOH ALKITAB

Situs Biografi Kristen berbahasa Indonesia cukup sulit ditemukan di internet. Demikian juga dengan Facebook yang terkait dengan biografi tokoh Kristen berbahasa Indonesia masih belum banyak. Salah satu situs seperti ini adalah halaman Facebook Inspirasi Tokoh Alkitab.

Halaman penggemar yang dimulai pada tanggal 25 Maret 2010 ini, memiliki 5.424 penggemar dalam waktu kurang lebih 14 bulan. Angka yang fantastis, bukan? Bahkan, setiap posting dari admin selalu mendapat komentar dari pembaca. Tidak mengherankan jika banyak orang menyukai halaman ini, pasalnya tokoh-tokoh Alkitab dibahas satu per satu, mulai dari Bartimeus hingga Petrus dan Yudas. Melalui artikel itu, kita diajak belajar bagaimana menjalani hidup di dalam Kristus, seperti yang dilakukan oleh tokoh-tokoh Alkitab yang diangkat.

Awalnya, halaman ini hanya menyajikan artikel pendek tentang tokoh-tokoh Alkitab. Mulai tanggal 13 April 2010, bahan yang diposting dibagi menjadi 2 macam, yaitu Jejak Langkah Hari Ini dan Arti Nama
Hari Ini. Khusus Arti Nama Hari Ini, tidak hanya membahas tentang nama tokoh, tetapi juga nama tempat/kota. Kedua tema tersebut dikirimkan setiap hari secara bergantian. Satu hal yang disayangkan, konten
Facebook Inspirasi Tokoh AlkitabInspirasi Tokoh Alkitab sejak Februari
2011 belum diperbarui. Silakan bergabung dengan halaman penggemar ini, jika Anda ingin belajar tentang tokoh-tokoh Alkitab dan mendiskusikannya bersama teman-teman yang lain. (SS)

==> http://www.facebook.com/pages/INSPIRASI-TOKOH-ALKITAB/309132861494
Tanggal akses: 27 Mei 2011

LACAK UMUM: TOKOH INDONESIA

Situs Tokoh Indonesia merupakan situs biografi yang memuat profil singkat para tokoh Indonesia, mulai dari pejabat, politisi, pengusaha, selebriti, sampai dengan pemuka agama. Informasi yang terdapat di situs ini beragam: riwayat, sepak terjang, karya-karya yang telah ditorehkan oleh sang tokoh-tokoh terkemuka, filosofi hidup serta visi misinya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, hingga peninggalan mereka.

Dapat dikatakan situs ini merupakan media informasi terlengkap dan terbesar, perihal profil para tokoh Indonesia. Awal mula terbit situs ini bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional pada tanggal 20 Mei
2002. Situs Tokoh Indonesia ini juga memuat profil 16 tokoh pendeta dan para aktivis Kristen, yang memiliki dampak yang cukup besar bagi perkembangan kekristenan di Indonesia. Kekurangan dari situs ini adalah, adanya beberapa artikel atau informasi yang hanya bisa dibaca setelah terlebih dahulu mendaftarkan diri. (DR)

==> http://www.tokohindonesia.com/
==> http://www.facebook.com/tokohindonesia
Tanggal akses: 31 Mei 2011

TIP: CARA MENYAMPAIKAN PRESENTASI POWER POINT YANG BAGUS

Walaupun banyak perusahaan yang menggunakan Power Point, namun berdasarkan pengalaman saya, sebagian besar manajer dan eksekutif tidak tahu bagaimana cara menggunakannya dengan efektif. Penggunaan
Power Point sebenarnya sama pentingnya dengan keahlian membawakan presentasi. Jika Anda mengikuti kiat-kiat berikut ini, Anda akan membuat pendengar Anda terkagum-kagum, alih-alih membuat mereka bingung atau bosan.

Cara membuat Power Point yang bagus adalah sebagai berikut.

1. Jangan memenuhi halaman slide Anda dengan aneka grafis dan hiasan kreatif yang tidak berguna. Halaman slide seharusnya digunakan untuk menampilkan isi presentasi Anda dengan jelas dan bersih, bukan malah mengurangi atau membingungkan isi presentasi. Anda hanya memerlukan latar belakang yang jelas dengan teks yang kontras dan logo kecil di sudut slide.

2. Tetaplah gunakan teks yang enak dibaca, singkat, tajam, dan jelas, serta jangan berbunga-bunga atau bertele-tele. Hal ini pun belum cukup. Anda perlu Power Point yang tegas dan mengena, bukan sulit dan berputar-putar.

3. Buatlah satu poin utama dalam setiap slide. Jika ada dua poin utama, maka Anda sebaiknya menjadikannya dalam dua slide. Sepertinya cara ini merupakan sebuah perubahan besar bagi Anda, tetapi ini penting.

4. Jangan menampilkan lebih dari enam butir penjelasan dalam setiap slide, lebih baik lagi kalau lebih sedikit, dan satu butir hanya berisi sebaris teks. Sebisa mungkin, jangan membagi semua butir ke dalam subbutir.

5. Tulislah setiap kata pertama judul, butir atau frasa dengan huruf kapital, dan susunlah teks dengan format rata kiri.

6. Butir-butir tidak selalu berupa kalimat, bisa juga berupa frasa.
Hilangkan titik-titik dan kata-kata yang tidak perlu. Sebagai contoh:
"Kita harus membuat skenario-skenario konsumen dan produk yang paling mungkin." Ubahlah menjadi "Tentukan skenario-skenario konsumen dan produk yang paling mungkin."

7. Setiap butir minimal fontnya berukuran 24 (28 atau 32, kalau mungkin), dan setiap judul fontnya berukuran 36 yang disusun dalam satu baris. Jangan menggunakan dua baris untuk judul, kecuali jika terpaksa tidak bisa disingkat. Jangan mencampur bentuk huruf, ukuran huruf, dan tipe butir sekaligus.

8. Gunakan satu pola desain Power Point dan gunakan pola tersebut terus-menerus di sepanjang presentasi. Jika Anda tidak tahu caranya, pelajarilah. Waktu yang Anda gunakan untuk mempelajari cara menggunakan pola itu selanjutnya akan menghemat waktu Anda 10 kali lipat.

9. Memang benar ungkapan bahwa satu gambar bernilai seribu kata, tetapi cobalah menggabungkan antara grafik, gambar, kutipan, dan sebagainya. Buatlah pergantian butir-butir teks yang indah dari satu slide ke slide lain.

10. Animasi adalah sentuhan yang bagus, tetapi jangan terlalu banyak menggunakannya karena animasi dapat mengganggu presentasi Anda.

Sebagai aturan utama, kenalilah pendengar Anda. Anda memiliki banyak isi yang bisa disesuaikan dengan pendengar Anda. (t/Uly)

Diterjemahkan dari:
Nama situs: BNET
Alamat URL: http://www.bnet.com/blog/ceo/
how-to-give-a-great-powerpoint-presentation/2420
Judul asli artikel: How to Give a Great PowerPoint Presentation
Penulis: Steve Tobak
Tanggal akses: 30 Mei 2011

Kontak: < icw(at)sabda.org >
Redaksi: Santi Titik Lestari
Kontributor: Sri Setyawati, Desi Rianto
(c) 2011 -- Yayasan Lembaga SABDA
< http://www.ylsa.org >
Rekening: BCA Pasar Legi Solo;
No. 0790266579 a.n. Yulia Oeniyati
< http://blog.sabda.org/ >
< http://fb.sabda.org/icw >
Berlangganan: < subscribe-i-kan-icw(at)hub.xc.org >
Berhenti: < unsubscribe-i-kan-icw(at)hub.xc.org >Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2017
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org