Menu:

 

ARSIP PUBLIKASI ICW

1999 (46 edisi) | 2000 (44 edisi) | 2001 (28 edisi) | 2002 (7 edisi) | 2003 (14 edisi) | 2004 (23 edisi) | 2005 (23 edisi) | 2006 (21 edisi) | 2007 (13 edisi) | 2008 (12 edisi) | 2009 (24 edisi) | 2010 (24 edisi) | 2011 (28 edisi) | 2012 (24 edisi) | 2013 (15 edisi) | 2014 (13 edisi) | 2015 (12 edisi) | 2016 (12 edisi) | 2017 (0 edisi) | Semua (383 edisi) |
Edisi terakhir: Edisi 383


================= ICW - Indonesian Christian Webwatch ================

Volume: 13/2011/Edisi 1157
Topik: Situs Berita Kristen (II)

DAFTAR ISI
JELAJAH NUSANTARA: PERISAI.NET
JELAJAH MANCA: DCI WORLD NEWS
LACAK FACEBOOK: BERITA KRISTEN
TIP: SEPULUH TIP MENJAUHI EFEK BURUK PENGGUNAAN KOMPUTER
TOPIK BULAN DEPAN

Sebagai umat Kristen kita juga perlu untuk mengikuti berita-berita kekristenan yang terbaru. Terlebih karena berita-berita penting seputar kekristenan, baik lokal maupun global, sering tertutup pemberitaan-pemberitaan sekuler. Tentu Anda tidak ingin ketinggalan berita, bukan? Simaklah ICW edisi kali ini yang menyajikan ulasan situs Perisai.net dan DCI World News. Kami sajikan pula ulasan
Facebook Berita Kristen yang akan mempermudah Anda dalam mendapatkan update berita-berita terbaru, dan juga membangun relasi Anda dengan saudara-saudara seiman.

ICW percaya bahwa Anda adalah pecinta internet dan sering melakukan aktivitas di depan komputer. Untuk itu, sebagai penutup sajian ICW kali ini, kami mengajak Anda untuk lebih memerhatikan keadaan komputer dan kesehatan Anda. Pada akhir sajian kami, simaklah 10 tip untuk menjauhi efek buruk dari penggunaan komputer.

Selamat berselancar.

Staf Redaksi ICW,
Santi Titik Lestari
< http://icw.sabda.org >

JELAJAH NUSANTARA: PERISAI.NET

Perisai.net merupakan situs berbahasa Indonesia yang menyajikan berbagai informasi, terutama berita-berita teraktual seputar keagamaan yang bersumber dari dalam dan luar negeri. Ketika Anda memasuki halaman muka situs ini, maka Anda akan menjumpai kolom berita-berita terbaru yang ditampilkan dalam format slide show. Anda akan menemukan ringkasan-ringkasan berita yang dikemas secara rapi dalam setiap kategori, seperti Sorot Berita, Artikel, Forum, Konseling, Pokok Doa, dan lain-lain, yang dapat Anda jelajahi di halaman muka.

Selain menyajikan berita aktual tentang keagamaan, situs ini menyediakan layanan interaktif dalam Konseling dan Pokok Doa. Tak ketinggalan pula adanya kehidupan komunitas yang diintegrasikan langsung ke situs. Anda dapat bergabung dengan jejaring sosial
Facebook dan Twitter, serta dapat meninggalkan komentar melalui
Facebook di kotak komentar yang disediakan. Jika Anda suka berdiskusi, tak perlu khawatir, situs ini dilengkapi dengan Forum Diskusi yang menyajikan topik-topik menarik. Bagi Anda yang suka menulis, karya
Anda dapat dikirimkan ke situs ini dengan memasuki kategori Kirim
Tulisan yang terdapat di kolom utama sebelah kiri. Situs yang sangat padat informasi ini dapat Anda jelajahi dengan mudah, khususnya bagi pengunjung awam karena tidak memerlukan langkah-langkah khusus untuk mendapatkan informasi yang ada. Selamat menjelajahi situs Perisai.net
(STL)

==> http://perisai.net

JELAJAH MANCA: DCI WORLD NEWS

DCI World News merupakan situs berita yang cukup berbeda dari situs-situs lain. Selain situs ini tersedia dalam lebih dari 22 bahasa, situs ini juga mengajak pembacanya untuk mengirim berita tentang kekristenan di sekeliling mereka, dengan 160 karakter (sekitar
5 baris) atau kurang. Walaupun dimungkinkan mengirim berita yang cukup panjang, namun hasilnya adalah rangkuman berita yang singkat dan padat dari seluruh penjuru dunia. Editor situs ini adalah Les Norman, yang adalah seorang jurnalis, penulis, dan pembicara dari Inggris.
Bersama-sama dengan istrinya, Pilar, dan sukarelawan dari seluruh dunia, mereka mengelola situs ini untuk memperlengkapi para pemimpin, pemberita Injil, dan para pekerja Tuhan dari seluruh dunia.

Situs yang memiliki versi dalam bahasa Indonesia ini tidak hanya menyajikan berita-berita saja, tetapi juga memiliki modul PA gratis yang terdiri dari 83 pelajaran tentang Penginjilan, Misi, Pemuridan,
Keuangan, Kepemimpinan, dll. (Tersedia pula di Software SABDA dengan kode id_DCI. Untuk ulasannya, silakan baca ICW edisi 1055 dan 1075).
Di bagian menu sebelah kiri, Anda juga dapat menjumpai pranala pencarian situs dan arsip berita-berita terdahulu hingga tahun 2001
(2004 untuk versi Indonesianya). Situs ini juga dapat diakses melalui
WorldChristians.org. Walaupun memiliki isi yang banyak dan informatif, namun navigasi situs ini kurang maksimal karena situs ini hanya dibuat dengan format HTML sederhana dari program MS Office. Dengan navigasi yang lebih baik lagi atau dengan menggunakan CMS, situs ini tentu akan dapat menjadi berkat bagi lebih banyak orang lagi. (KN)

==> http://www.dci.org.uk/main/latest.htm
==> http://www.dci.org.uk/main/world.htm

LACAK FACEBOOK: BERITA KRISTEN

Berita Kristen adalah sebuah halaman penggemar di Facebook yang dimulai sejak Juni 2010. Halaman yang saat ini memiliki sekitar 400 penggemar ini secara sporadis mengirimkan berita-berita seputar kekristenan di Indonesia maupun di dunia. Beritanya beragam, mulai dari yang ringan hingga penganiayaan gereja. Postingan terakhir bertanggal 6 Desember. Sumber berita berasal dari berbagai media, sebagian juga diterjemahkan dari media berbahasa Inggris. Jika Anda ingin mendapatkan berita-berita kekristenan di Facebook Anda, tidak ada salahnya untuk mengikuti Berita Kristen ini. (KN)

==> http://www.facebook.com/profile.php?id=129078030451696

TIP: SEPULUH TIP MENJAUHI EFEK BURUK PENGGUNAAN KOMPUTER

Setiap aktivitas atau pekerjaan yang kita lakukan memunyai efek buruk jika tidak dilakukan secara benar, termasuk dalam menggunakan komputer.

Penggunaan komputer yang salah bisa mengakibatkan beberapa keluhan kesehatan. Adapun keluhan kesehatan itu antara lain: mata lelah, sakit kepala, nyeri leher, dan sakit punggung. Jika masalah tersebut tidak segera diatasi, hal ini bisa semakin parah hingga mengakibatkan kerugian pada tubuh Anda.

Untuk itu, ada beberapa tip yang bisa kita lakukan untuk menghindari efek buruk penggunaan komputer, di antaranya:

1. Pilihlah jenis monitor yang tepat. Jenis monitor tabung mempunyai radiasi yang buruk bagi mata, lebih besar daripada monitor LCD. Oleh karena itu, jika Anda sekarang masih menggunakan monitor tabung, mungkin sudah saatnya mempertimbangkan untuk beralih ke monitor LCD.

2. Pastikan ruangan kerja Anda memunyai pencahayaan yang cukup.
Ruangan yang terlalu gelap akan mengakibatkan mata cepat lelah, karena mata kita cenderung fokus pada satu sinar yang dihasilkan dari monitor saja.

3. Atur pencahayaan monitor senyaman mungkin melalui seting yang disediakan. Pencahayaan tidak boleh terlalu terang maupun terlalu redup. Cahaya yang terlalu terang menyebabkan mata silau, sementara cahaya yang terlalu redup menyebabkan mata bekerja ekstra, sehingga mata akan cepat lelah. Solusi lainnya adalah Anda bisa menggunakan filter khusus yang bisa menyerap cahaya berlebihan dari layar monitor.

4. Letakkan monitor pada posisi yang tepat. Artinya, posisi monitor tidak boleh terlalu tinggi atau terlalu rendah. Posisi monitor yang dianjurkan berada lebih rendah dari ketinggian mata, atau bagian tengah monitor berada antara 10 -- 23 cm di bawah mata. Dengan begitu, akan didapatkan kenyamanan pada bahu dan leher.

5. Jagalah jarak pandangan mata Anda dengan layar monitor. Jarak yang dianjurkan berkisar antara 50 -- 70 cm.

6. Jangan segan-segan melakukan zoom (pembesaran layar) bila obyek yang Anda kerjakan terlalu kecil. Ini dimaksudkan agar mata Anda tidak terlalu kesulitan untuk melihatnya.

7. Biarkan mata Anda beristirahat sejenak. Mata yang terus-menerus terkena cahaya akan menyebabkan mata kering. Untuk itu, Anda disarankan sesering mungkin mengedipkan mata. Hal lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengarahkan pandangan ke arah yang jauh setiap beberapa menit. Tanaman hijau dan langit biru bisa jadi alternatif pandangan Anda agar mata rileks.

8. Hindari menggunakan layar monitor yang mengalami gangguan, misalnya berkedip-kedip atau bergaris.

9. Posisi tubuh harus benar. Letakkan tangan sejajar dengan lengan bawah. Posisikan bahu Anda dengan santai, usahakan kaki bertumpu pada lantai, dan sandarkan dengan tegak punggung Anda pada kursi.

10. Lakukan peregangan, agar otot-otot pada leher, lengan, tangan, punggung, dan pinggang tidak menegang yang bisa berakibat nyeri atau pegal-pegal.

Demikian 10 tip menggunakan komputer yang bisa Anda lakukan selama bekerja. Jika sudah Anda terapkan dengan benar, semoga keluhan-keluhan yang biasa Anda alami tidak datang lagi. Selamat bekerja!

Diambil dan disunting seperlunya dari:
Nama situs: Anneahira
Alamat URL: http://www.anneahira.com/penggunaan-komputer.htm
Judul artikel: 10 Tips Menjauhi Efek Buruk Penggunaan Komputer
Penulis: AnneAhira.com Content Team
Tanggal akses: 10 Januari 2011

RALAT: NOMOR EDISI ICW

Redaksi mohon maaf atas kesalahan penomoran edisi ICW minggu lalu yang seharusnya adalah nomor 1156, dan edisi kali ini 1157.

TOPIK BULAN DEPAN

Topik ICW untuk bulan Februari 2011 adalah Situs Jodoh Kristen.
Apabila Anda memiliki informasi atau mengelola situs jodoh Kristen, baik Indonesia maupun manca negara, silakan kirimkan info atau ulasannya kepada Redaksi ICW.

Kami juga mengajak Pelanggan dan Pembaca ICW sekalian untuk mengirimkan artikel yang sehubungan dengan topik di atas.

Kirimkan bahan-bahan Anda ke alamat redaksi di bawah ini.

Kontak: < icw(at)sabda.org >
Redaksi: Kusuma Negara, Santi Titik Lestari
(c) 2011 -- Yayasan Lembaga SABDA
< http://www.ylsa.org >
Rekening: BCA Pasar Legi Solo;
No. 0790266579 a.n. Yulia Oeniyati
< http://blog.sabda.org/ >
< http://fb.sabda.org/icw >
Berlangganan: < subscribe-i-kan-icw(at)hub.xc.org >
Berhenti: < unsubscribe-i-kan-icw(at)hub.xc.org >Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2017
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org