Menu:

 

TIPS ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Mengembalikan Foto yang Terhapus di Ponsel Berbasis Android

Tanggal: 2012-10-25
Kategori: Aplikasi
Sistem operasi Android yang memiliki berbagai aplikasi menarik semakin dicintai para penggemarnya, terutama anak-anak muda. Ponsel-ponsel yang menggunakan Android juga menawarkan banyak fitur yang seakan tidak lagi terpisahkan dari ponsel, salah satunya adalah kamera. Jika Anda senang kegiatan memotret atau mengambil gambar pada acara-acara penting dalam hidup Anda menggunakan kamera ponsel, maka betapa sedihnya jika foto-foto itu tiba-tiba terhapus dengan tidak sengaja, sementara Anda belum mengunggahnya atau menyalinnya ke komputer atau tempat penyimpanan yang lain. Apabila Anda menggunakan ponsel berbasis Android dan pernah/sedang mengalami hal ini, jangan khawatir karena ada cara untuk menyelamatkan foto-foto Anda yang terhapus.

Untuk mengembalikan foto yang terhapus di peranti Android Anda, Anda tinggal menginstal salah satu aplikasi berikut:

  1. http://www.cgsecurity.org/wiki/PhotoRec (diinstal di komputer),
  2. atau
  3. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.defianttech.diskdigger&hl=id (atau cari "DiskDigger" di Play Store, diinstal di peranti Android Anda)

Cara Penggunaan PhotoRec:

  1. Hubungkan peranti Android Anda ke komputer dengan kabel USB, mount device Android, lalu buka PhotoRec dan pilih peranti Android. Pilihan lain adalah menghubungkan langsung SD Card ke komputer, kemudian buka PhotoRec dan pilih SD Card.
  2. PhotoRec akan langsung melakukan pemindaian (scan) dan dalam 5 menit Anda akan melihat foto Anda tampil di folder "recup_dir".
  3. Anda tinggal menentukan foto-foto tersebut akan disimpan ulang di mana.

Catatan: PhotoRec tidak memiliki antarmuka grafis, jadi Anda harus memasukkan perintah melalui "command line". Untuk tutorial dengan disertai gambar, silakan mengunjungi http://www.cgsecurity.org/wiki/PhotoRec_Step_By_Step

Cara Penggunaan DiskDigger:

  1. Jalankan aplikasi DiskDigger.
  2. Pilih drive yang ingin Anda scan untuk memulihkan foto-foto yang terhapus.
  3. Klik tombol "Scan device".

Setelah pemindaian selesai, DiskDigger akan menampilkan semua foto yang dapat dipulihkan dengan semua pilihan pemulihan yang tersedia. Anda juga dapat menyaring hasil pencarian berdasarkan tipe file dan ukuran file menggunakan pilihan Filter.

Sebagai catatan penutup, harap diingat bahwa tidak semua foto yang hilang dapat dikembalikan, dan hal ini bergantung pada beberapa faktor, antara lain berapa lama foto itu sudah hilang, dan apakah Anda kartu memori Anda sudah diisi foto-foto yang lain, serta faktor-faktor yang lain.

Sumber Bacaan:
Andinoeg. 2012. "Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android". Dalam http://blog.anugrahpratama.com/mengembalikan-foto-yang-terhapus-di-android/

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2018
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org