Menu:

 

TIPS ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Optimalkan Fungsi Smartphone Dan Tablet Android

Tanggal: 2012-09-25
Kategori: Aplikasi

Dirangkum oleh: Jonathan Maryadi

Sistem operasi Android banyak digunakan untuk smartphone (telepon pintar) maupun tablet. Hari ini kita banyak sekali menjumpai piranti smartphone ataupun tablet yang menggunakan sistem operasi Android. Dengan strategi harga piranti yang murah, serta layanan dan kinerja yang tidak kalah dengan pesaingnya (Windows maupun Apple), Android menjadi sistem operasi yang paling banyak dipakai di dunia. Jika Anda sudah memiliki piranti Android, maupun berencana untuk membelinya, maka ada baiknya Anda menyimak beberapa tip berikut ini tentang cara mengoptimalkan Android Anda:

1. Mengamankan Smartphone dan Tablet Android

Banyak produk smartphone dan tablet Android yang menggunakan layar sentuh, sehingga begitu riskan jika tidak menguncinya. Untuk itu, para pengguna sebaiknya menggunakan fungsi kunci layar, baik dengan pola sentuhan tertentu, atau dengan menuliskan kata sandi. Fitur ini dapat ditemukan di Pengaturan > Lokasi dan Pengamanan > Tetapkan Kunci Layar. Kemudian tentukan sendiri jenis pengamanan yang akan digunakan. Jika fitur pengamanan ini dirasa masih kurang, Anda dapat mengunduh aplikasi lain yang sejenis dari Google Play.

2. Mengunduh Aplikasi Melalui Situs Resmi

Banyak aplikasi gratis dari smartphone atau tablet Android yang disediakan di situs Google Play, yang dapat diakses melalui aplikasi "Play Store" di piranti Android Anda. Untuk mengakses toko aplikasi tersebut, Anda membutuhkan akun Gmail. Prosesnya cukup mudah, Anda hanya diminta mengisi beberapa informasi data diri serta nama akun beserta kata sandi yang Anda pilih. Pada bulan Mei 2012, jumlah aplikasi yang tersedia di Google Play telah mencapai 500.000, dan banyak di antaranya yang dapat diunduh secara gratis. Aplikasi-aplikasi yang dikembangkan oleh para pengembang Indonesia juga dapat dengan mudah ditemukan di Google Play, misalnya aplikasi Alkitab dan Kamus Bahasa Indonesia.

3. Mencegah Penggunaan Pulsa Berlebih

Setelah terhubung ke server Google, piranti Android Anda akan secara otomatis memutakhirkan berbagai aplikasi termasuk mengunduh email serta konten media sosial seperti Twitter dan Facebook; hal ini tentunya akan menguras pulsa Anda lebih cepat. Solusinya, Anda dapat berlangganan paket internet yang disediakan operator selular Anda. Operator biasanya memberikan pilihan berdasarkan waktu (harian/mingguan/bulanan) dan besaran data. Selain itu, Anda juga dapat mematikan pemutakhiran otomatis aplikasi-aplikasi yang terpasang di piranti Android Anda.

4. Menggunakan Pembersih Aplikasi

Pembersih aplikasi berguna untuk memaksimalkan kinerja Android Anda karena pembersih aplikasi mampu menghapus secara otomatis semua tembolok serta riwayat penggunaan aplikasi setiap interval waktu tertentu, juga menghapus semua catatan pencarian dan navigasi internet. Pembersihan tembolok secara rutin akan membantu meningkatkan kinerja tablet Android Anda, selain itu masa pakai baterai juga menjadi lebih lama. Contoh pembersih aplikasi yang bisa Anda unduh adalah 1Tap Cleaner dan App Cache Cleaner. Keduanya bisa diunduh secara gratis di Google Play.

5. Menghemat Baterai

Keluhan penggunaan baterai yang boros sering disuarakan para pengguna Android. Untuk mengurangi dampak ini, Anda dapat mencoba fitur Underclock yang bisa diakses secara langsung dari menu. Fungsinya adalah untuk menurunkan kecepatan prosesor Android Anda. Jika sebelumnya prosesor Android Anda berada di kecepatan 1 Ghz, setelah di-underclock akan menjadi 800 Mhz. Tak perlu khawatir tablet Android berkurang drastis kinerjanya, asalkan Anda sedang tidak menjalankan aplikasi berat, maka kinerja piranti Android Anda tidak akan berkurang. Jika fitur ini dirasa masih kurang Anda dapat mengunduh aplikasi SetCPU (berbayar) atau CPU Tuner (gratis) dari Google Play. (Keduanya membutuhkan akses 'root')

Fitur yang satu ini merupakan solusi tepat untuk menghemat penggunaan baterai.

Selain dari fitur yang ada, ada juga beberapa aplikasi yang dapat diunduh Google Play atau Play Store dan digunakan untuk meningkatkan kinerja Android. Aplikasi tersebut di antaranya:

  1. Droid Dream Cleaner,
  2. Optimus Root Memory Optimizer,
  3. SD Booster,
  4. Advanced Task Killer, dan
  5. Dr saver + a Task Killer.

Demikian beberapa tip yang bisa kami bagikan untuk Anda. Semoga tip ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Dirangkum dari:

  1. __________. "Berita Teknologi 2012". Dalam http://www.beritatekno.com/2012/03/
  2. __________. "Agar Android Optimal Fungsinya". Dalam http://www.oktomagazine.com/
Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2018
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org