Menu:

 

TIPS ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Membuat Warta Gereja

Tanggal: 2012-07-23
Kategori: Other

Diringkas oleh: Jonathan Maryadi

Anda telah memutuskan untuk meluncurkan warta gereja? Jika ya, Anda telah melaksanakan bagian yang mudah. Selebihnya, Anda memerlukan banyak pemikiran, perencanaan, dan waktu untuk mewujudkannya. Walaupun tampak sederhana, kita perlu ingat bahwa media ini juga membutuhkan waktu dan tenaga.

Berikut akan dibahas beberapa petunjuk dasar serta kiat untuk keseluruhan perencanaan dan penerbitan warta gereja yang informatif dan berkesan profesional.

  1. Frekuensi penerbitan.

    Warta gereja bisa diterbitkan bulanan, mingguan, tergantung kebutuhan gereja setempat.
  2. Tulisan mudah dibaca.

    Tulisan yang tidak bisa dibaca membuat pembaca tidak tertarik. Tulisan terlalu ramai dan banyak teks huruf besar juga tidak akan menarik.

  3. Tampilan menarik.

    Tampilan yang menarik akan membuat si pembaca akan tertarik untuk membacanya. Situs sharefaith < www.sharefaith.com > menyediakan banyak referensi tampilan yang menarik untuk tampilan warta gereja.

  4. Nama dan tema warta gereja.

    Nama warta gereja dapat berupa nama gereja atau nama yang kreatif yang dapat memikat pembaca. Misalnya, Gereja Kristen Indonesia yang lokasinya di pesisir, warta gerejanya bisa bernama "Kabar Baik Pesisir". Selain itu, jika tema warta gereja menyatu, pikiran pembaca dapat berfokus pada keseluruhan isi pesannya. Tema-tema tersebut dapat berupa "Penjangkauan di Lingkungan Rumah", "Tips Menghindari Stres Hari Libur", "Ketetapan Allah", atau topik-topik lain yang akan mengoreksi dan menginspirasi pembaca.

  5. Sumber isi warta Anda.

    Warta gereja tidak hanya berisi seputar pengumuman dan informasi penting tentang gereja, tetapi juga artikel-artikel yang dapat memberikan dorongan serta bimbingan. Artikel-artikel tersebut dapat diambil dari beraneka ragam sumber. [Anda tentunya dapat memperoleh dan memakai bahan-bahan berkualitas dari publikasi-publikasi YLSA, asalkan Anda tidak menggunakannya untuk tujuan komersial. Anda juga harus mencantumkan SUMBER ASLI dari bahan yang diambil dan nama publikasi YLSA sebagai penerbit elektroniknya, Red.].

  6. Berikut ini adalah ide-ide lain untuk isi warta gereja yang bisa menjadi bahan tambahan yang bermanfaat.

    1. Ringkasan pendek tentang khotbah yang disampaikan minggu sebelumnya.
    2. Kalender kegiatan (jadwal ibadah, dll.).
    3. Pengurus atau komisi gereja yang dapat dihubungi.
    4. Siapa kita dan apa yang kita lakukan -- visi gereja.
    5. Perubahan-perubahan penting dalam komisi -- lokasi kelas, perubahan-perubahan kepala komisi, penambahan kelas-kelas baru, dll..

Jemaat gereja merupakan gambaran Kristus dan gereja. Demikian pula, warta gereja merupakan gambaran Kristus dan gereja dalam bentuk tertulis. Jika warta gereja diambil oleh orang yang tidak menghadiri gereja, kita ingin orang tersebut melihat hasil yang berbobot, sesuatu yang mencerminkan kualitas tinggi gereja. Rasul Paulus mengatakan, "Apa pun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia." (Kolose 3:23)

Diringkas dari:

Nama situs: Pelitaku
Alamat URL: http://pelitaku.sabda.org/konsep_membuat_warta_gereja
Judul asli artikel: Konsep Membuat Warta Gereja
Tanggal akses: 26 Juni 2012
Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2018
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org