Menu:

 

TIPS ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Cara Menyampaikan Presentasi Power Point yang Bagus

Tanggal: 2011-06-13
Kategori: Multimedia

Walaupun banyak perusahaan yang menggunakan Power Point, namun berdasarkan pengalaman saya, sebagian besar manajer dan eksekutif tidak tahu bagaimana cara menggunakannya dengan efektif. Penggunaan Power Point sebenarnya sama pentingnya dengan keahlian membawakan presentasi. Jika Anda mengikuti kiat-kiat berikut ini, Anda akan membuat pendengar Anda terkagum-kagum, alih-alih membuat mereka bingung atau bosan.

Cara membuat Power Point yang bagus adalah sebagai berikut.

  1. Jangan memenuhi halaman slide Anda dengan aneka grafis dan hiasan kreatif yang tidak berguna. Halaman slide seharusnya digunakan untuk menampilkan isi presentasi Anda dengan jelas dan bersih, bukan malah mengurangi atau membingungkan isi presentasi. Anda hanya memerlukan latar belakang yang jelas dengan teks yang kontras dan logo kecil di sudut slide.

  2. Tetaplah gunakan teks yang enak dibaca, singkat, tajam, dan jelas, serta jangan berbunga-bunga atau bertele-tele. Hal ini pun belum cukup. Anda perlu Power Point yang tegas dan mengena, bukan sulit dan berputar-putar.

  3. Buatlah satu poin utama dalam setiap slide. Jika ada dua poin utama, maka Anda sebaiknya menjadikannya dalam dua slide. Sepertinya cara ini merupakan sebuah perubahan besar bagi Anda, tetapi ini penting.

  4. Jangan menampilkan lebih dari enam butir penjelasan dalam setiap slide, lebih baik lagi kalau lebih sedikit, dan satu butir hanya berisi sebaris teks. Sebisa mungkin, jangan membagi semua butir ke dalam subbutir.

  5. Tulislah setiap kata pertama judul, butir atau frasa dengan huruf kapital, dan susunlah teks dengan format rata kiri.

  6. Butir-butir tidak selalu berupa kalimat, bisa juga berupa frasa. Hilangkan titik-titik dan kata-kata yang tidak perlu. Sebagai contoh: "Kita harus membuat skenario-skenario konsumen dan produk yang paling mungkin." Ubahlah menjadi "Tentukan skenario-skenario konsumen dan produk yang paling mungkin."

  7. Setiap butir minimal fontnya berukuran 24 (28 atau 32, kalau mungkin), dan setiap judul fontnya berukuran 36 yang disusun dalam satu baris. Jangan menggunakan dua baris untuk judul, kecuali jika terpaksa tidak bisa disingkat. Jangan mencampur bentuk huruf, ukuran huruf, dan tipe butir sekaligus.

  8. Gunakan satu pola desain Power Point dan gunakan pola tersebut terus-menerus di sepanjang presentasi. Jika Anda tidak tahu caranya, pelajarilah. Waktu yang Anda gunakan untuk mempelajari cara menggunakan pola itu selanjutnya akan menghemat waktu Anda 10 kali lipat.

  9. Memang benar ungkapan bahwa satu gambar bernilai seribu kata, tetapi cobalah menggabungkan antara grafik, gambar, kutipan, dan sebagainya. Buatlah pergantian butir-butir teks yang indah dari satu slide ke slide lain.

  10. Animasi adalah sentuhan yang bagus, tetapi jangan terlalu banyak menggunakannya karena animasi dapat mengganggu presentasi Anda.

Sebagai aturan utama, kenalilah pendengar Anda. Anda memiliki banyak isi yang bisa disesuaikan dengan pendengar Anda. (t/Uly)

Diterjemahkan dari:

Nama situs: BNET
Alamat URL: http://www.bnet.com/
Judul asli artikel: How to Give a Great PowerPoint Presentation
Penulis: Steve Tobak
Tanggal akses: 30 Mei 2011
Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2018
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org