Menu:

 

TIPS ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Bagaimana Memilih Situs Jodoh Kristen yang Terbaik

Tanggal: 2011-02-14
Kategori: Web

Mencari jodoh lewat internet sudah umum dan menjadi salah satu cara populer untuk mengenal orang lain. Menurut penelitian oleh "The Marriage Project" kebanyakan orang bertemu pasangannya lewat perkenalan oleh anggota keluarga atau teman dekat. Akan tetapi, tidak sedikit iklan situs jodoh yang memikat orang-orang untuk bergabung dan tidak sedikit pula orang lajang yang mendaftarkan diri di beberapa situs jodoh yang berbeda.

Jadi jika Anda memutuskan untuk mencoba situs jodoh Kristen, tip-tip berikut ini akan membantu Anda memilah-milah beraneka ragam situs dan menentukan situs Kristen mana yang terbaik bagi Anda.

1. Carilah Bukti Ketaatan pada Prinsip-Prinsip Kekristenan

Sebagai orang Kristen, pertimbangan pertamanya adalah menentukan apakah sebuah situs jodoh Kristen taat kepada prinsip-prinsip iman Kristen. Dengan kata lain, bukan hanya namanya saja yang Kristen, tetapi praktiknya juga. Satu indikatornya dapat tercermin melalui kebijakan-kebijakan mereka. Anda juga dapat terlebih dahulu mencari ulasan untuk situs tersebut atau apa yang dikatakan orang tentang situs tersebut untuk memastikan apakah situs tersebut taat kepada prinsip-prinsip kekristenan.

2. Periksalah Tingkat Keamanannya

Tentu saja keamanan Anda dalam di dunia maya perlu menjadi perhatian utama. Karena Anda bertanggung jawab penuh atas informasi yang Anda bagikan di dunia maya, Anda juga ingin mengetahui apakah situs jodoh yang Anda gunakan memunyai tingkat keamanan yang memadai. Carilah tahu apakah situs tersebut memeriksa latar belakang anggotanya atau memonitor tulisan-tulisan anggotanya. Sebuah situs jodoh biasanya memuat Petunjuk Keamanan agar semua anggotanya dapat menjaga keamanan mereka dengan lebih baik lagi.

Jangan langsung percaya dengan semua yang dikatakan oleh sebuah situs jodoh Kristen. Tanyakanlah kepada orang-orang Kristen lainnya melalui forum Kristen, apakah mereka pernah menemukan pelanggaran atau masalah keamanan dengan situs ini. Bersiap sedialah bahwa informasi yang Anda bagikan lewat dunia maya bisa disalahgunakan jika jatuh ke tangan yang salah.

3. Pastikanlah Misi Mereka Sama dengan Misi Anda

Ingatlah bahwa semua situs tidaklah diciptakan serupa; jangan sekadar termakan iklan maupun testimoni orang lain saja. Telusurilah fakta-faktanya, apakah mayoritas anggota situs itu mencari teman dan persahabatan atau pernikahan. Mungkin jika alasan utama Anda bergabung dalam situs jodoh Kristen adalah untuk menemukan istri/suami, jangan berasumsi bahwa setiap anggota situs itu memunyai tujuan yang sama. Selain itu, ketahuilah bahwa ada anggota situs jodoh Kristen yang barangkali bukan orang Kristen.

Banyak orang mengizinkan Anda melihat potongan kecil profil pengguna mereka. Gunakanlah kesempatan ini untuk melihat dan mencari informasi tersebut. Selain itu, lihatlah bagaimana kecocokan Anda. Apakah metode mereka berdasarkan penelitian yang teruji atau hanyalah seleksi pengguna sendiri? Hal ini penting karena jika Anda menyadari bahwa Anda selalu memilih tipe orang tertentu, seleksi anggota situs jodoh Kristen tidak akan mengubahnya. Oleh karena itu, sedikit penelitian dan bimbingan bisa benar-benar berguna.

4. Periksalah Statistik Mereka

Jangan hanya memerhatikan iklan-iklan mereka saja, tetapi carilah apa yang dikatakan statistik tentang mereka. Anda perlu mencari tahu statistik seperti rasio wanita dan pria. Ini sangatlah penting karena banyak situs jodoh online yang didominasi oleh anggota wanita atau pria, yang membuat persaingan menjadi kurang sehat. Selain itu, lihatlah tingkat kesuksesan pernikahan terdahulu mereka. Walaupun ini bukanlah indikator yang baik tentang pernikahan yang langgeng, ini lebih baik daripada benar-benar buta akan kesuksesan mereka.

5. Cobalah layanan suatu situs terlebih dahulu dengan gratis. Kebanyakan situs jodoh online yang memungut biaya juga menyediakan percobaan gratis pada awalnya, jadi jika Anda sedikit cemas mengeluarkan uang untuk sesuatu yang belum tentu cocok bagi Anda, ada beberapa alternatif untuk menguji suatu situs jodoh Kristen.

Akhir kata, secara umum ada dua hal sangat perlu disadari setiap orang Kristen lajang tentang situs jodoh Kristen:

a. Semua situs jodoh tidak diciptakan sama (walaupun mereka memunyai kata "Kristen" pada judulnya)

b. Tujuan utama keberadaan situs-situs jodoh adalah untuk berbisnis dan menghasilkan keuntungan. Menemukan jodoh Anda adalah tujuan kedua dari situs-situs jodoh tersebut.

Anda perlu mengerti dua butir tersebut dan perlu mengingatnya ketika Anda menggunakan situs jodoh mana pun. (t/Uly)

Diterjemahkan dan disunting dari:

Nama situs: eHow.com
Alamat URL: http://www.ehow.com/
Judul artikel: How to Select the Best Christian Dating Site
Penulis: thecsw
Tanggal akses: 16 Februari 2011
Terakhir diubah: 9 Maret 2010
Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2018
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org