Menu:

 

TIPS ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Tips Ber-e-Mail Yang Baik

Tanggal: 2005-10-11
Kategori: Net

1. Atur susunan e-mail "forward" Anda.

Bila Anda ingin mem-forward sebagian atau seluruh pesan pada pihak lain, maka luangkan sedikit waktu untuk menghapus tanda panah yang biasanya muncul.

2. Gantilah judul e-mail di berbagai topik.

Seringkali setelah saling bertukar e-mail beberapa kali, topik pembicaraan berubah dari aslinya, namun judul e-mail belum juga diganti. Akan jauh lebih mudah untuk melacak e-mail yang masuk bila judulnya disesuaikan dan dapat mencerminkan isi e-mail yang sedang Anda tulis.

3. Hapus pesan reply yang tidak perlu.

Beberapa program e-mail secara otomatis memunculkan isi e-mail yang terdahulu bila Anda sedang membalas/mereplynya. Ada baiknya Anda menghapus pesan tersebut dan hanya meninggalkan pesan yang benar- benar Anda anggap perlu.

4. Jangan teruskan e-mail berantai.

Anda tentu merasa terganggu bila seseorang mengirimi Anda sebuah e- mail yang meminta Anda untuk meneruskannya kepada orang lain, atau bila tidak maka Anda akan ditimpa kesialan. Jika memang demikian sebaiknya Anda juga jangan membuat orang lain jengkel dengan meneruskan e-mail semacam ini. Hapus saja dengan menekan tombol delete.

5. Hargai privasi orang lain.

Bila Anda sedang mengirim e-mail ke sejumlah orang yang mungkin tidak saling mengenal satu sama lain, gunakan bcc agar alamat e-mail mereka tidak saling diketahui.

Bila Anda sering mengirim e-mail ke banyak alamat sekaligus tanpa mempertimbangkan saran ini, maka bersiap-siaplah untuk menerima komplain karena mereka menerima spam.

6. Jangan melakukan spam.

Banyak orang tidak menyadari jika mereka menggunakan alamat-alamat e-mail yang mereka dapat dari forwarded e-mail, kemudian menggunakannya tanpa permisi, ini termasuk bentuk spam.

7. Jangan berteriak-teriak.

Menulis dengan menggunakan huruf kapital semua dapat diartikan sebagai pertanda kemarahan. Orang mungkin menganggap Anda sebagai pengguna internet yang tidak baik, atau tidak sopan sama sekali.

8. Jangan mudah emosi.

Jika Anda membalas e-mail dengan penuh emosi, maka sebaiknya Anda jangan langsung mengirimkan e-mail tersebut. Simpanlah dulu dalam draft folder selama beberapa hari untuk dibaca ulang.

9. Sabar dalam menunggu reply.

Ketahuilah, orang tidak hanya hidup dengan internet. Mereka mungkin tidak membalas e-mail Anda dengan segera. Masih banyak orang yang mengecek e-mail mereka seminggu sekali.

Bahan diedit dari sumber:
Judul Majalah: Komputek, Edisi 439, Minggu ke-2 Oktober 2005
Penulis : Liz
Halaman : 34

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org