Menu:

 

TIPS ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Mempromosikan Situs ke Direktori

Tanggal: 2005-08-08
Kategori: Net

Promosi situs menjadi begitu penting, karena pada umumnya tujuan utama sebuah situs dibangun adalah untuk mendatangkan pengunjung yang akan melihat informasi yang disediakan oleh web bersangkutan. Namun permasalahannya, mendatangkan pengunjung yang tepat ke situs Anda tidaklah mudah. Bahkan, proses ini bisa menjadi lebih sulit daripada proses membuat situs itu sendiri. Pengunjung yang tepat di sini artinya pengunjung yang benar-benar membutuhkan informasi yang ada di situs Anda.

Melalui tulisan ini Anda akan menemukan informasi mengenai bagaimana mempromosikan situs melalui direktori.

Perbedaan Search Engine dengan Direktori

Sebelum melangkah lebih lanjut, ada baiknya jika Anda mengetahui perbedaan antara direktori dengan mesin pencari (search engine).

Mesin pencari merupakan sebuah situs yang memiliki database besar yang dirancang untuk mengindeks alamat-alamat situs dan milis. Informasi yang dapat dibaca bisa berupa teks, gambar, suara, atau video. Untuk melaksanakan tugasnya ini, mesin pencari memiliki program khusus yang biasanya disebut spider, bot, atau crawler. Pada saat Anda mendaftarkan sebuah alamat web (URL), spider dari mesin pencari akan menerima dan menganalisa URL tersebut. Dengan proses dan prosedur tertentu, spider ini akan memutuskan apakah web yang Anda daftarkan layak diterima atau tidak. Jika layak, spider akan menambahkan alamat URL dan membaca semua isi yang ada.

Sedangkan direktori justru mengindeks halaman web secara manual. Manual yang dimaksud adalah mereka menggunakan manusia untuk menganalisa setiap halaman web yang masuk. Keunggulan direktori dibanding mesin pencari adalah mampu memberikan listing situs yang lebih berkualitas. Tetapi karena semua proses dilakukan secara manual, yaitu menggunakan editor manusia, jumlah database yang dimiliki biasanya jauh lebih kecil dibandingkan dengan search engine. Posisi dari sebuah direktori saat ini, selain menyediakan listing yang dapat dilihat per kategori, adalah untuk menunjang relevansi hasil pencarian dari mesin pencari. Oleh karena itu, rangking sebuah web di mesin pencari juga dipengaruhi oleh listing situs tersebut pada beberapa direktori utama.

Memasukkan Situs ke Direktori

Yahoo dan Open Directory Project adalah dua direktori terbesar yang sangat potensial untuk menaikkan traffic situs Anda. Ingatlah bahwa direktori menggunakan editor manusia untuk menerima situs. Berikut ini adalah tips yang menjelaskan tentang apa saja yang perlu diperhatikan sebelum mendaftarkan situs ke beberapa direktori utama:

  1. Usahakan agar situs Anda mempunyai nama domain sendiri. Sebagian besar situs yang diterima di Yahoo memakai top level domain, dan hanya sebagian kecil saja yang memakai sub domain yang dapat diterima (kecuali situs Anda memiliki content yang unik).
  2. Nama domain sebaiknya mencerminkan isi dari situs Anda.
  3. Pastikan tidak ada broken link, gambar yang tak bisa tampil, atau javascript error pada halaman web Anda. Jangan memasukkan situs yang belum 100% siap.
  4. Setiap direktori memiliki aturannya masing-masing. Bacalah aturan tersebut sebelumnya agar situs Anda terhindar dari diskualifikasi.
  5. Daftarkan situs Anda pada kategori yang tepat dan paling spesifik. Lihat juga berapa situs yang sudah terdaftar pada kategori tersebut. Usahakanlah mencari kategori dengan jumlah pesaing yang paling sedikit.
  6. Daftarkan hanya halaman utama saja. Jika Anda mendaftarkan halaman-halaman lain yang merupakan sub dari halaman utama kemungkinan besar akan ditolak. Kecuali halaman tersebut benar- benar memiliki content yang langka.
  7. Perhatikan berapa lama Anda bisa men-submit ulang situs Anda (misalnya 2 bulan). Jika belum terdaftar, lakukan submit ulang dalam jangka waktu tersebut.

Di sini kesabaran Anda benar-benar diuji. Yahoo setiap harinya menerima pendaftaran lebih dari 10 juta situs. Sedangkan yang bisa ditangani oleh editornya sekitar 5 sampai 10 persennya saja. Jadi, bersabarlah untuk melakukan submit ulang dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

Perlu diingat di sini bahwa tujuan Yahoo menerima situs Anda bukan untuk membantu meningkatkan visitor situs Anda, melainkan untuk melengkapi koleksi link pada direktori yang mereka miliki. Jadi, peluang Anda untuk terdaftar akan lebih besar, jika Anda bisa memberikan situs dengan isi yang unik dan belum ada/sedikit jumlahnya pada direktori mereka. Adalah suatu anugerah yang sangat indah apabila situs Anda bisa diterima di Yahoo secara gratis untuk saat ini.

Selain Yahoo, direktori lainnya yang harus Anda perhatikan ialah Open Directory Project (ODP). Sampai saat ini beberapa situs mesin pencari besar seperti Google, Altavista, Netscape, dan Lycos menggunakan database dari ODP untuk memperkaya database mesin pencari mereka. Jadi, akan sangat menguntungkan jika situs Anda juga terdaftar di ODP (http://www.dmoz.org/).

Bahan diringkas dari sumber:
Judul Tutorial: Search Engine Tutorial
==> http://www.promosi-web.com/

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org