Menu:

 

TIPS ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Jeli Memilih Layanan Blogging

Tanggal: 2005-06-09
Kategori: Net

Banyaknya layanan blogging memang semakin memudahkan penggemar internet untuk membuat situs blog pribadi. Tetapi, bagaimana memilih aneka macam layanan blogging yang pas dengan kebutuhan?

Punya blog itu gampang. Tinggal kunjungi situs penyedia layanan blog lalu mendaftar. Anda harus mengetikkan username dan alamat e-mail, serta password baru. Lalu situs tersebut akan meminta Anda memasukkan informasi tambahan seperti judul blog dan pilihan URL Anda. Setelah dua-tiga langkah berikutnya, Anda sudah punya blog baru dan siap menulis entri pertama.

Situs penyedia layanan blog saat ini sudah sangat banyak. Saking banyaknya, mungkin Anda akan tergoda untuk ikut saja penyedia layanan yang populer. Atau, bila tergiur membuat blog karena melihat blog milik teman akrab, bisa jadi Anda juga turut menggunakan penyedia layanan blog yang dipakai teman itu.

Memilih layanan blog mengikuti teman tak ada salahnya. Karena sudah terlebih dahulu akrab dengan blog dan situs yang digunakan, teman Anda bisa menolong bila Anda tersandung-sandung dalam perjalanan dalam dunia per-blog-an. Tetapi ini akan membatasi pilihan Anda. Asal tahu saja, saat ini sudah sangat banyak penyedia layanan blog yang bermunculan di web. Siapa tahu ada yang sebenarnya punya layanan oke tapi tidak Anda ketahui?

Memilih Penyedia Layanan Blog

Selera masing-masing orang berbeda dalam fitur apa yang paling penting dalam layanan blog, namun secara umum ada tiga parameter yang dapat digunakan untuk memilih jenis layanan blog. Parameter ini menjadi penting mengingat semuanya berkaitan kenyamanan pemilik dan juga pengunjung saat mengakses blog tersebut. Ketiga parameter tersebut adalah:
1. Kemudahan mengubah desain
2. Fasilitas umpan balik
3. Sindikasi

Banyak penyedia layanan blog menawarkan pilihan wajah-wajah blog. Desain dari penyedia layanan blog ini cukup banyak dan memikat. Namun, bisa saja desain tersebut tidak terlalu sreg dengan selera Anda. Alhasil, Anda ingin mengubahnya atau merancang sendiri penampilan blog Anda. Kemampuan untuk mengubah-ubah wajah blog jelas jadi sangat penting bagi Anda.

Hal lain yang sering ditemukan dalam dunia blog adalah umpan balik pembaca. Komentar atau celotehan pengunjung blog menjadikannya sebagai media dua arah yang lebih menarik. Umpan balik yang cepat dan mudah juga membantu pemilik blog memperbaiki isi atau desain situsnya agar semakin memikat.

Ada dua jenis fasilitas umpan balik yang umum ditemukan pada blog. PERTAMA, adalah Comment (komentar) yang biasanya ditemukan pada tiap entry. Komentar biasanya dimaksudkan sebagai tanggapan atas isi entry yang terkait walaupun tak jarang juga pengunjung memberikan komentar yang ngawur alias tidak nyambung dengan entry.

KEDUA, adalah fasilitas yang tidak selalu hadir, yaitu Tagboard atau disebut juga chatting box. Kotak yang biasa ditemukan di sisi blog ini lebih ditujukan pada pemitik blog dan jarang menanggapi isi blog itu sendiri. Tagboard bisa menjadi alternatif pesan instan (Instant Messaging) atau email bagi sebagian orang.

Guestbook (buku tamu) yang dulu biasa ditemukan pada banyak situs pribadi saat ini malah jarang hadir pada blog. Memang penyedia situs blog sangat jarang menyediakan fasilitas ini.

Hal KETIGA -- sindikasi -- agak jarang didengar. Para pemilik blog mungkin agak mengabaikan teknologi sindikasi yang ditawarkan penyedia Layanan. Sindikasi, menggunakan RSS (Really Simple Sydication) atau ATOM, berguna bagi pengunjung yang ingin mengetahui kapan suatu blog (atau situs secara umum) diperbarui.

Dengan menggunakan piranti lunak yang dinamakan agregator RSS, pengunjung tidak perlu susah-susah tiap hari mengunjungi blog favoritnya untuk mengetahui apakah ada entry baru yang masuk. Teknologi RSS/ATOM bukan satu-satunya cara untuk mengumumkan entry baru pada pengunjung setia suatu blog. Teknologi lain yang lebih dikenal, e-mail, juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan tersebut. Dengan mendaftarkan diri pada blog, e-mail akan dikirim pada pengunjung tiap kali pemilik blog menulis entry baru.

Selain tiga hal tersebut, ada fitur-fitur lain yang cukup penting dan menarik untuk disebutkan. Salah satunya adalah Mobblogging. Dengan semboyan "kapan saja dan di mana saja", pemilik blog bisa menulis blognya dari ponsel. Ini disebut Mobblogging. Mobblogging bisa dilakukan dengan menggunakan fasilitas memperbarui blog melalui e-mail. Bila ponsel Anda bisa digunakan untuk mengirim e-mail, maka Anda bisa menggunakannya untuk menulis blog. Sayangnya, tidak semua penyedia layanan blog punya fasilitas ini.

Anda mungkin juga mempertimbangkan untuk hosting blog di situs terpisah, bukan pada penyedia layanan blog. Penyedia layanan blog hanya menyediakan piranti lunak pengelola blog tapi tidak tempat menyimpan datanya. Bila Anda memilih cara ini, pastikan penyedia layanan blog punya fitur mengupdate data lewat FTP (File Transfer Protocol), dan pastikan juga Anda punya akses FTP pada situs Anda.

Contoh Situs Penyedia Layanan Blog Gratis

Beberapa situs penyedia layanan blog gratis yang layak Anda coba:
1. Blogger
==> http://www.blogger.com/

2. Blogdrive
==> http://www.blogdrive.com/

3. Blog-City
==> http://www.blog-city.com/

4. TBlog
==> http://www.tblog.com/

Bahan diedit dari sumber:
Judul Majalah: Tren Digital No. 28/Tahun II/19 Juli - 1 Agustus 2004
Judul Artikel: Jeli Memilih Layanan Blogging
Penulis : Gombang Nan Cengka
Halaman : 21 - 22
Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org