Menu:

 

TIPS ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Situs yang "Berhasil"

Tanggal: 1999-10-27
Kategori: Net

Anda ingin Situs anda mendapat "lirikan" lebih banyak dari para pengunjung? Jangan salah strategi! Situs yang indah dan artistik belum tentu banyak diminati pengunjung, lantas Situs yang bagaimana yang banyak diminati? Untuk itu ada 6 strategi yang harus anda diperhatikan,

  1. KESEDERHANAAN
    Pastikan dalam Situs anda tidak terlalu banyak animated gif, teks bergerak, apalagi java applet. Namun bila anda rasa perlu menggunakannya, maka gunakan seperlunya saja. Kesederhanaan lain yang perlu diperhatikan adalah dalam hal memilih latar belakang, jenis huruf maupun warna huruf karena mungkin hal ini akan membingungkan dan menambah jumlah waktu yang dibutuhkan untuk men-download Situs anda.

  2. KONSEKUENSI
    Gunakan bentuk yang kompak/konsekuen antara satu halaman dengan halaman lain. Hal ini perlu karena mungkin pengunjung akan bingung bila halaman yang dikunjunginya mempunyai bentuk, huruf, dan warna yang sangat berbeda dari halaman sebelumnya, sehingga seolah-olah pengunjung telah pindah ke Situs milik orang lain. Selain itu, bila halaman demi halaman tidak konsekuen maka pengunjung akan memerlukan lebih banyak waktu lagi untuk men-download kembali bentuk, gambar, huruf, dll yang tidak terdapat di halaman Situs sebelumnya.

  3. IDENTITAS
    Kebanyakan pengunjung menganggap bahwa Situs yang dikunjunginya adalah suatu tempat nyata dimana si pengunjung berada. Misalnya saat mereka berkunjung ke Situs Amazon yang menjual jutaan buku, maka si pengunjung akan serasa berada di toko buku yang amat besar dengan berbagai macam pilihan yang tidak terbatas. Dia 'mungkin' tidak merasa bahwa sedang duduk di depan komputer. Sebab itu penting bagi anda untuk memikirkan tujuan pembuatan Situs anda sekaligus gambaran apa yang akan muncul dalam benak pengunjung saat mereka berkunjung ke Situs anda. Jadi sebuah Situs sudah seharusnyalah dirancang sesuai dengan filosofi dan identitas dari pada usaha dan organisasi yang dimaksud.

  4. ISI
    Pernahkah anda berkunjung ke suatu Situs, menunggunya halamannya di download sampai selesai 100 % dan kemudian anda tidak mendapat apa yang anda harapkan dari Situs tersebut? Dijamin anda pasti tidak akan lagi mengunjungi Situs tsb yang kedua kali. Untuk itu dalam membuat suatu Situs, usahakan untuk menampung sebanyak dan sejelas mungkin informasi atas usaha/organisasi anda.

  5. NAVIGASI
    Navigasi adalah suatu elemen yang penting dalam perancangan Situs anda. Jangan lupa 'konsekuensi' dari antara navigasi di satu halaman dengan halaman lainnya. Tanyakan kepada teman anda, apakah mereka harus menggunakan tombol panah kiri untuk kembali ke halaman sebelumnya karena sudah mentok dan tidak tahu harus pergi kemana. Dan jangan lupa untuk memberikan alternatif navigasi teks sehingga mereka yang menjelajah menggunakan 'text only mode' tetap dapat menavigasi Situs anda.

  6. KOMPATIBILITAS
    Buat Situs anda kompatibel dengan beberapa macam sistem operasi, resolusi, dan browser yang paling banyak digunakan orang. Jika Situs Web anda tidak kompatibel terhadap seluruh pengunjung, pertimbangkan untuk membuat Situs alternatif lainnya, sehingga mereka yang tidak dapat melihat versi 'canggih dan mutakhir' nya tetap dapat mengerti apa yang terdapat dalam Situs anda.

INTERAKTIVITAS
Situs Web yang 'berhasil' adalah Situs yang mampu berkomunikasi secara timbal balik dengan pengunjungnya, hal itu disebut interakti- vitas. Bentuk interaktivitas pada suatu Situs dapat berupa penyedia- an email, mailing list, forum-forum diskusi, ruang obrolan real time (chat room), dll. Tentu saja suatu Situs tidak perlu menyediakan keseluruhan feature di atas, melainkan pembuatan Situs interaktif dapat disesuaikan dengan kegiatan organisasi yang dimaksud. Dan yang penting, sebuah Situs interaktivitas harus konsekuen dengan setiap informasi/surat yang masuk. Sifat mengabaikan, tidak memprioritaskan, atau terlambat mengirim tanggapan, dapat membuat pengunjung 'enggan' mampir lagi di Situs anda.

PENAMPILAN
Situs yang berhasil adalah Situs yang berpenampilan baik. Penampilan yang dimaksud di sini bukan berarti harus memiliki banyak file Gif Animation, Shockwave, Liquid motion, dll. Hal-hal tsb akan memboros- kan bandwidth. Penampilan menarik suatu Situs tergantung pada tiga faktor, yaitu organisasi dari isi (informasi), navigasi halaman, dan faktor grafis. Organisasi isi yang baik akan mempermudah pengunjung

menemukan info yang mereka perlukan secara cepat. Navigasi halaman yang efektif akan mudahkan pengunjung melompat ke halaman-halaman tertentu yang mereka inginkan, dan tampilan grafis tidak selalu harus menampilkan gambar-gambar besar yang rumit, cukup dengan gambar yang berkaitan dengan identitas organisasi/perusahaan yang dimaksud. Ada satu panduan sederhana dari para disainer terkemuka "Keep it Simple Stupid". Jadi buatlah segala sesuatunya sesederhana mungkin, fungsional, menarik, dan mencapai sasaran.

Sumber: Komputek

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org