Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

"American Christianity" dan Pengaruhnya bagi Perkembangan Kekristenan di Indonesia

Tanggal: 2001-05-07
Kategori: Other

Tidak dapat dipungkiri bahwa "American Christianity" telah memberi pengaruh yang sangat besar pada perkembangan kekristenan abad 20. Pengaruh pemikiran para Reformator abad 16 ternyata membawa kebangkitan kekristenan yang nyata di Amerika. [Justru karena itulah negara Amerika lahir -- untuk kemerdekaan beragama (Religious Freedom).] Pengaruh ini bukan hanya nampak dalam bidang pemikiran teologis saja tapi juga dalam bidang-bidang kehidupan umum, misalnya hukum, sosial, ekonomi, pemerintahan dll.

Meskipun terjadi secara tidak langsung, namun perkembangan kekristenan di Indonesia pada abad 20 dan 21 ini sebenarnya juga akibat pengaruh kekristenan dari Amerika. Hal pertama bisa dilihat dari banyaknya tokoh-tokoh Kristen di Indonesia yang menempuh pendidikan teologia di Amerika. Kepulangan mereka ke tanah air jelas membawa pengaruh, bukan hanya dalam hal pendidikan dan budaya kekristenan tapi juga relasi pelayanan yang akhirnya dibawa ke Indonesia dan berkembang dengan subur di sini.

Hal kedua bisa dilihat dari banyaknya organisasi Kristen Amerika yang membuka pelayanannya di Indonesia dan akhirnya berkembang menjadi pelayanan yang diberkati Tuhan di Indonesia. Hampir semua organisasi Kristen besar di Amerika memiliki perwakilannya di Indonesia, baik itu pelayanan gereja, pelayanan pendidikan, pelayanan kampus, pelayanan misi, pelayanan sosial, pelayanan keluarga, pelayanan radio, pelayanan rumah sakit, ataupun pelayanan-pelayanan tentmaker lain.

Diantara pelayanan-pelayanan tsb. di atas, perkembangan pelayanan elektronik Kristen di Indonesia juga sedikit banyak dipengaruhi oleh perkembangan pelayanan elektronik di Amerika. Kita melihat cukup banyak pelayanan elektronik Indonesia yang mendapat inspirasi atau dukungan dari sistem elektronik di Amerika. Selain itu juga kita banyak mencontoh model pelayanan elektronik dari Amerika.

Fakta-fakta di atas semakin membuat kita bersyukur karena pekerjaan yang Tuhan percayakan kepada umat-Nya cukup besar dan tidak mungkin dikerjakan oleh satu bangsa saja. Tuhan telah memakai bangsa Amerika untuk memajukan pelayanan di Indonesia, dan pada gilirannya nanti, apabila umat Kristen di Indonesia setia, maka kitapun akan dapat menjadi berkat bagi bangsa-bangsa lain untuk kemuliaan nama-Nya.

Inilah arti "kemerdekan" yang Tuhan inginkan, yaitu menjadi alat kemuliaan-Nya!! [Gal 5:13]

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org