Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Ebook Vs Pbook [Eletctronic Book Vs Paper Book]

Tanggal: 2001-06-14
Kategori: Other

"Sekarang ini jamannya eBook", begitulah kata yang sering muncul di majalah-majalah komputer, media massa, atau sumber-sumber berita lain. Sebenarnya apa sih eBook itu, dan apa pula keunggulannya sampai-sampai dia begitu beken?

Sebenarnya, eBook atau electronic Book adalah bahan bacaan yang dikemas dalam bentuk elektronik dan hanya dapat dibaca lewat perangkat keras tertentu seperti PC, laptop, PDA (personal Digital Assistant), palm PC atau palmtop, atau alat baca (reader) yang memang khusus diciptakan untuk eBook. Bisa dikatakan bahwa eBook adalah perkembangan dari pBook atau paper Book, bahan bacaan yang dikemas di atas media cetak seperti kertas atau sejenisnya. Beberapa keunggulan eBook (bila dibandingkan dengan pBook) adalah sbb.:

  1. Fasilitas pencarian yang oke
    Pada eBook pembaca dapat memanfaatkan fasilitas pencarian teks yang dianggap penting. Fasilitas semacam ini pada pBook biasanya didapat lewat indeks buku. Bedanya pada eBook pencarian dapat dilakukan untuk kata apa saja sepanjang kata tersebut ada dalam buku.
  2. Anotasi
    Anotasi elektronis pada eBook bisa dilakukan dalam beberapa bentuk: pemberian warna pada teks ttt., pemberian penandaan (bookmark), catatan, dan gambar. Pembaca lalu dapat segera kembali pada halaman-halaman yang diberi anotasi dengan hanya dengan bantuan mouse.
  3. Huruf bisa diatur
    Besar-kecilnya huruf dalam eBook bisa diatur. Fasilitas ini akan membantu pembaca untuk merasa lebih nyaman dalam membaca karena ukuran huruf bisa disesuaikan dengan daya tangkap mata pembaca.
  4. Ada "kamus elektronik"-nya
    Menemukan kata bahasa Inggris yang tidak dapat dipahami? Tidak perlu kuatir. Kebanyakan eBook dilengkapi dengan kamus elektronik untuk menjawab masalah tersebut.
  5. Audio
    Bukan hanya teks, sementara eBook dapat juga digunakan untuk memutar materi audio.
  6. Ramah Lingkungan
    Maksudnya, eBook tidak terlalu banyak memerlukan kertas, dan lebih hemat tinta.

Namun, bukan berarti eBook tidak memiliki kelemahan, ada beberapa hal yang membuat pBook lebih unggul dari pada eBook, antara lain:

  1. Melelahkan mata
    Tidak semua orang betah berlama-lama menatap layar komputer. Melelahkan, aku sebagian orang, sehingga orang memiliki kecenderungan untuk mencetak eBook di atas kertas untuk dapat membacanya dengan lebih leluasa.
  2. Fleksibilitas
    Bicara soal fleksibilitas, ternyata pBook jauh lebih fleksibel untuk dibaca pada situasi apa saja, entah dikamar mandi, dalam bus kota, dsb.
  3. Harga perangkat reader yang alamaakkk...
    Boleh dikatakan kalo teknologi eBook ini tergolong gress, masih baru dan lagi beken. Karena itu, nilai jual perangkat ini masih sangat tinggi (apalagi bagi kocek orang Indonesia), sekitar 300 US dollar!!

Tetapi, sekalipun perangkat readernya cukup mahal, anda masih bisa membaca buku elektronik ini, paling tidak anda bisa "mencicipi" menggunakan eBook, yakni melalui internet. Beberapa perangkat lunak reader bisa di dapat secara gratis lewat internet seperti Microsoft Reader dan Glassbook Reader. eBooknya sendiri juga bisa di dapat secara gratis di Internet. Ada banyak Situs (lihat kolom FOKUS) yang menyediakan eBook untuk di-donwnload tanpa harus bayar dan banyak di antara Situs-situs tersebut yang menyediakan buku-buku klasik yang merupakan karya besar pada zamannya seperti Macbeth, Uncle Tom's Cabin, Alice in Wonderland, dsb...

Sumber: eBook yang Seksi, NeoTek Vol.1 - No.2, November 2000

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org