Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Unsur-Unsur Pendidikan Jarak Jauh

Tanggal: 2001-05-30
Kategori: Other

Menurut pakar internet Onno W. Purbo dan Ramadhan Kurnia Nusa, suatu "web based distance learning" setidaknya memiliki unsur-unsur sebagai berikut :

  1. Pusat Kegiatan Siswa Sebagai suatu komunitas, "web based distance learning" harus mampu untuk menjadikan sarana ini sebagai tempat kegiatan mahasiswa (peserta) dimana mahasiswa (peserta) dapat mengasah kemampuannya, membaca materi kuliah, mencari informasi dan sebagainya.
  2. Interaksi Group (Kelompok) Disini para mahasiswa dapat berinteraksi satu sama lain untuk mendiskusikan materi-materi yang telah diberikan oleh dosen (pengajar). Dosen dapat hadir dalam group ini untuk memberikan sedikit ulasan tentang materi yang diberikannya.
  3. Personal Administratif Supporting System Para siswa dapat me-review membershipnya dalam suatu kursus, mendapatkan informasi yang dibutuhkan (mis., prestasi mahasiswa dsb.)
  4. General Information Menyediakan informasi umum untuk peserta atau pengunjung web pada umumnya. Serta menyediakan beberapa fasilitas untuk umum tanpa proses registrasi peserta terlebih dahulu.
  5. Pendalaman dan Ujian Biasanya dosen atau guru sering mengadakan kuiz-kuiz singkat dan tugas-tugas yang bertujuan untuk pendalaman dari apa yang telah diajarkan serta melakukan test pada akhir masa belajar. Hal ini juga harus dapat diantisipasi oleh suatu "web based distance learning"
  6. Digital Library Pada bagian ini, terdapat berbagai informasi kepustakaan, tidak terbatas pada buku tapi juga pada kepustakaan digital seperti suara, gambar dan sebagainya. Bagian ini bersifat sebagai penunjang dan berbentuk sebagai suatu database.
  7. Materi Online diluar materi kuliah Untuk menunjang perkuliahan, diperlukan juga bahan-bahan bacaan dari web-web lainnya. Karenanya pada bagian ini, dosen dan siswa dapat langsung terlibat untuk memberikan bahan-bahan online lainnya untuk dipublikasikan kepada peserta lainnya.

Selain bahasan di atas, ada pula bahasan-bahasan lain seputar pendidikan jarak jauh yang dapat di temui dalam KUMPULAN MAKALAH DAN BAHAN SEMINAR ONNO, beberapa diantaranya adalah:

  1. Sistem Pendidikan Jarak Jauh melalui Internet
  2. Aplikasi Sistem Pendidikan Jarak Jauh Berbasis Web
  3. Distance Learning in Indonesia
  4. Full Internet Acces for all Education and Research Inst.
  5. Melihat Peluang Web Based Distance Learning
  6. Pendidikan Jarak Jauh Berbasis Web
  7. Pergeseran Drastis Paradigma Dunia Pendidikan
  8. Teknologi Internet untuk Pendidikan
  9. Konsep Universitas Terbuka Berbasis Internet
  10. Alternatif Teknologi untuk Pendidikan Jarak Jauh

Sumber: Kumpulan Makalah dan bahan Seminar Onno W.Purbo

[[Cat.Red.: Bila anda ingin mendapatkan informasi lebih lanjut seputar Pendidikan Jarak Jauh dari Bung Onno tersebut, silakan kirim email ke: < vivin(at)sabda.org >]].

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org