Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Memilih Struktur Jaringan

Tanggal: 2000-09-11
Kategori: Web

Ternyata membentuk jaringan (LAN) tidak sesulit yang kita pikirkan. Hanya perlu network card yang tepat, beberapa meter kabel, dan Windows 95/98 dari PC yang berdiri sendiri-sendiri. Namun sebelum anda membeli perlengkapan-perlengkapan tersebut, pikirkanlah lebih dahulu struktur jaringan yang bagaimana yang hendak anda pilih, caranya? Ikuti langkah-langkah berikut ini:

Untuk memilih struktur jaringan yang tepat, anda harus menentukan bagaimana bentuk perkabelan dalam jaringan. Untuk sebuah jaringan kecil tanpa server, tersedia dua variasi:

  1. Varian pertama berupa jaringan backbone (tulang punggung) dengan kabel koaksial [BNC] yang menghubungkan semua PC satu sama lain, dari yang pertama sampai terakhir.
  2. Varian kedua adalah struktur bintang dengan satu pusat pembagi (hub) yang dihubungkan dengan setiap PC. Bentuk perkabelan yang tepat untuk itu adalah twisted pair [UTP].

Karena memerlukan sebuah hub, solusi kedua ini umumnya lebih mahal dibanding dengan yang pertama. Namun terlepas dari harga, struktur bintang memiliki kelebihan: Kabel yang digunakan lebih fleksibel dan mudah dipindahkan. Selain itu, PC hanya berhubungan dengan pusat pembagi, sehingga bila salah satu kabel rusak, hanya komputer yang terhubung lewat kabel tersebut yang putus, bagian lainnya tidak ter- pengaruh. Pada jaringan backbone, seluruh jaringan akan terpengaruh bila salah satu kabel rusak atau putus.

Bila hanya dua PC yang perlu dihubungkan, anda tidak perlu pusing dengan pemilihan struktur jaringan yang sesuai. Anda sama sekali tidak memerlukan hub. Gunakan saja kabel UTP untuk menghubungkan kedua komputer tersebut.

Disadur dari CHIP edisi Mei 2000

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org