Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Berbagai Bentuk Pembajakan Piranti Lunak

Tanggal: 2000-08-18
Kategori: Pc

Awas! Hati-hati! Ternyata bukan kaset atau CD musik saja yang sering menjadi korban bajakan, kini tidak sedikit orang yang sering dikecewakan karena mendapat piranti lunak bajakan! Nah, beberapa "aktivitas" di bawah ini adalah termasuk "usaha" pembajakan piranti lunak. Seandainya hal-hal tersebut pernah menimpa kita [atau bahkan pernah kita lakukan...:(] , mungkin kini saatnya kita koreksi diri:

  1. Pemuatan Hard Disk [Hard Disk loading] Terjadi saat penjual komputer memuat salinan program piranti lunak yang tidak sah ke hard disk komputer yang dibeli oleh konsumen, sebagai rangsangan bagi konsumen untuk membeli perangkat PC dari penjual tersebut. Penjual ini tidak menyediakan disket/CD-ROM asli, dokumentasi atau persetujuan lisensi, yang seharusnya diberikan bersama-sama dengan copy program yang legal. Dengan demikian konsumen, tanpa mereka sadari, menerima piranti lunak ilegal yang telah diinstal di Hard Disk.

  2. Softlifting Tejadi jika copy ekstra piranti lunak dibuat di dalam suatu lembaga untuk dipakai oleh karyawannya atau untuk dibawa pulang. Menukarkan disket/CD dengan rekan-rekan di dalam maupun di luar perusahaan juga termasuk dalam kategori pembajakan ini.

  3. Pemalsuan piranti lunak (Software counterfeiting) Penggandaan ilegal seluruh paket piranti lunak dan dijual dalam kemasan yang dibuat sedemikian rupa sehingga tampak asli. Bentuk lain pembajakan ini adalah kompilasi berbagai judul piranti lunak tiruan yang dikemas dalam satu CD-ROM secara ilegal dan dipasarkan dengan nama yang berbeda. Berbeda dengan pelanggaran yang terjadi dalam perusahaan, pemalsu piranti lunak beroperasi murni untuk keuntungan, tanpa mengindahkan pemilik hak cipta produk yang dipalsukan.

  4. Penyewaan piranti lunak Dikenal tiga bentuk pembajakan melalui penyewaan piranti lunak : produk yang disewa untuk digunakan pada komputer di rumah atau di kantor penyewa; produk yang disewakan melalui mail order dan produk yang dimuat dalam komputer yang disewa untuk waktu terbatas.

  5. Downloading ilegal melalui BBS/Internet Terjadi melalui downloading piranti lunak sah melalui hubungan modem ke buletin elektronik adalah bentuk lain pembajakan. Pembajakan ini tidak sama dan jangan disalah artikan dengan penggunaan piranti lunak yang diberikan di public domain, ataupun fasilitas shareware yang digunakan bersama.

Sumber: dari Arsip diskusi e-software dan CD-ROM SABDA

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2018
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org