Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Software-Software Komunikasi

Tanggal: 2000-08-02
Kategori: Web

Anda masih ingat dengan edisi minggu lalu tentang "chatting"? Liputan Dunia Internet kali ini juga masih berhubungan dengan kegiatan chat tsb. Melihat respon yang bagus dari penggemar chatting di seluruh dunia maka berbagai industri software mulai berlomba-lomba mengembangkan teknologi mereka. Software komunikasi dengan sebutan kerennya "Program Messenger" ini bukan lagi sekedar ajang ngobrol, namun juga memiliki fungsi yang lain. Ada sekitar tujuh program messenger yang kini beredar di pasar internet dan sering digunakan oleh para pengguna internet. Namun kali ini ICW hanya akan menampilkan tiga program diantaranya.

  • ICQ 99 Beta [Dikatakan juga pelopor messenger terbaik]
    < http://www.icq.com >
    Dengan download sekitar 5 MB, program ini tidak banyak menyita resources pada sistem Windows. Pengembangannya juga mempermudah "one to one" chatting bagi pemula sekalipun. Kondisi "Advance Mode" menawarkan beberapa pilihan, seperti memberikan status kepada client lain dengan definisi, misalnya "online", "not online", "tidak ditempat", "sedang tidak ingin chatting", atau "harus bekerja", dll. Bagi profesional, layanan basis data online (Active List) sangat berguna untuk menemukan chat partner. ICQ juga menyediakan fasilitas untuk mendaftar lawan bicara yang disusun menurut kelompok permintaan. Misalkan dengan sekali klik mouse, anda dapat menghubungi teman yang meminati hal yang berhubungan dengan musik rohani, dsb.

  • YAHOO MESSENGER 766 [Terintegrasi baik dengan portal induknya]
    < http://www.yahoo.com >
    Selain fungsi dasar yang dimilikinya, messenger ini juga mengintegrasikan layanan email gratis Freemail dan sebuah layanan berita dengan laporan aktual. Software ini juga menarik bagi mereka-mereka yang bergerak di dunia bisnis dengan menyediakan layanan untuk memeriksa bursa saham. Hal lain adalah offline- paging yang merupakan solusi yang bagus bagi seorang chatter yang sedang tidak online karena mereka akan mendapatkan beritanya begitu dia login.

  • EXCITE PAL 1.12
    < http://www.excite.com >
    Excite Pal 1.12 adalah yang paling sederhana diantara messenger lainnya. Software ini download-nya cepat dan tidak memerlukan banyak tempat (besarnya 637 KB). Berfokus sama, yakni pengiriman berita. Messenger ini tersedia untuk berbagai platform: Dari Win 9x, NT, hingga Mac; hampir selengkap ICQ. Meskipun Excite Pal 1.12 tidak mengintegrasikan berita aktual atau layanan email, namun fungsi pencarian Web yang telah diintegrasikan dengan baik. Fungsi yang bagus lainnya adalah pilihan untuk menampilkan chatter yang sedang online saja.

  • Sumber: CHIP 4/2000 [Program di atas ada dalam CD-CHIP]

    Tinggalkan komentar Anda...

    ke atas


    Kontak ICW: icw@sabda.org
    Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
    Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
    Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

     

    Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
    Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
    Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org