Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Chatting yang Bertanggung Jawab!

Tanggal: 2000-07-27
Kategori: Web

Pada dasarnya chatting adalah "ngobrol", namun ngobrol yang satu ini dilakukan lewat internet atau lebih dikenal dengan sebutan "dunia maya". Sama halnya ketika ngobrol, lewat chatting kita memiliki kesempatan untuk berbincang-bincang dengan orang-orang dari berbagai tempat dan membicarakan berbagai hal; baik itu hal-hal umum ataupun hal-hal khusus, bahkan anda juga bisa berbincang-bincang masalah teologia dan pengalaman hidup iman Kristen anda. Maka tidak heran jika berkat rohani bisa didapatkan melalui perbincangan-perbincangan seperti ini.

Namun sayang sekali, orang Kristen ikutan "chatting" sering tidak memiliki tujuan yang jelas, sehingga akhirnya hanya membuang waktu dan malah jadi frustrasi dan tidak mendapat berkat. Ada memang ruang chatting yang dikunjungi banyak orang yang tujuannya hanya untuk mengisi waktu luang dan iseng-iseng, sehingga isinya juga hanya "ngomong ngalor-ngidul." Tetapi sebagai anak tebusan, kita diajar oleh Firman Tuhan untuk "mempergunakan waktu yang ada" (Ef. 5:16) atau dengan terjemahan-terjemahan lain:

"Gunakanlah sebaik-baiknya setiap kesempatan yang ada" (BIS)
"Making the most of every opportunity" (NIV)
"don't waste your time on useless work" (The Message)
< http://www.bit.net.id/SABDA-Web/Efe/3_Efe5.htm 5:16 >

Oleh karena itu melakukan sesuatu tanpa tujuan dan tidak memiliki nilai kekal adalah sia-sia.... tidak seharusnya dilakukan oleh orang yang menghargai waktu yang diberikan oleh Tuhan. "Chatting" tanpa tujuan tidak perlu dilakukan oleh anak Tuhan. Tapi jika anda ikutan "chatting" anda bisa menciptakan waktu itu menjadi waktunya Tuhan (redeem your time) karena anda bisa menyaksikan kasih Allah yang besar, membagi Kabar Sukacita Injil, bahkan membawa lawan bicara kita untuk secara serius memikirkan arti hidup dan kehidupan sesudah kematian, dll. Bukankah itu sesuatu yang indah dan bernilai kekal? Kita juga bisa bergabung dengan channel-channel chat Kristen jika kita memiliki masalah dan bisa cur-hat masalah kita ke "pendengar" yang jelas, atau sebaliknya kita-pun bisa "mendengarkan" masalah orang lain untuk menolong membantu memecahkannya. Atau pernahkah terpikir bahwa kita juga bisa berdoa bersama dan saling mendoakan di saat chatting?

Namun bahayanya ikutan "chatting" adalah lupa waktu. Oleh karena itu sangat baik kalau anda sudah mengatur waktu dengan menetapkan berapa lama anda akan chatting dan harus berhenti pada waktu yang anda sudah sepakati (kalau perlu pasang "jam weker") sehingga anda tidak keterusan. Pakailah waktu dengan bijaksana sehingga anda tidak mencuri waktu yang seharusnya untuk melakukan tugas/aktivitas yang lain (seperti waktu ibadah/saat teduh, bekerja, belajar, dsb.) Hal ini akan melatih anda untuk disiplin dan taat.

Bahaya lain dari "chatting" adalah anda bisa menyakiti hati orang lain saat anda "ngobrol" kalau anda tidak memperhatikan aturan yang ada. Dan kalau itu terjadi anda bisa merusak suasana dan membuat perbincangan menjadi tidak enak. Untuk itu anda perlu belajar etika berkomunikasi lewat internet yang sering disebut: "netiket atau nettiquette".

Ketika kita sudah terlibat dalam pembicaraan ada bahaya yang harus diperhatikan baik-baik yaitu dalam mengambil topik pembicaraan. Jika lawan-lawan bicara mulai mengarahkan pembicaraan pada hal-hal yang tidak sesuai dengan iman Kristen kita, misalnya kebencian yang berbau SARA, atau kritik politik yang tidak membangun, perdebatan yang tidak menyenangkan dan menggunakan bahasa yang tidak sopan, bahkan hal-hal porno atau topik-topik lain yang tidak seharusnya dibicarakan oleh orang Kristen yang takut akan Tuhan, maka jangan kita berlama-lama di sana. Cepatlah mohon diri dengan baik-baik sebelum pembicaraan menjadi berlarut-larut dan berikan alasan yang jelas mengapa anda harus meninggalkan mereka, tapi tidak dengan nada menghakimi. Ingatlah Firman Tuhan ini:

"Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh," (Maz. 1:1)
< http://www.bit.net.id/SABDA-Web/Maz/T_Maz1.htm 1:1 >

Jadi ada hal-hal baik yang bisa anda lakukan lewat chatting, asal dilakukan dengan bertanggung jawab dan dengan sikap hati yang takut akan Tuhan. Tapi ada juga bahayanya, tapi kalau kita minta pimpinan Tuhan dan berhati-hati, maka kita akan terhindar darinya. Oke? Selamat ber-chatting ria...

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org