Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Internet adalah Media, Media, Dan Media...:)

Tanggal: 2000-07-18
Kategori: Infonet

"Internet adalah tambang emas", salah satu mitos [yang "agak" salah] dari beberapa pelaku bisnis. Mengapa mereka beranggapan seperti itu? Karena yang dipikirkan mereka adalah jumlah konsumen yang besar, keleluasaan pengembangan bisnis tanpa dibatasi ruang lingkup fisik [cukup akses dari rumah], jangkauan dagang yang luas (international), dll. Memang, mata kita bisa menjadi hijau melihat prospek jumlah konsumen yang sangat besar di internet [40,50,100,200 juta], bukankah hebat kalau semua pemakai internet siap membeli barang anda?! Namun Kenyataan tidak semudah dan sesederhana itu. Untuk membangun sebuah toko di internet, ada banyak hal penting yang harus diingat [tapi biasanya terlupakan & terlambat diketahui] oleh para pembuat toko di internet. Beberapa diantaranya adalah:

  • Kenali produk dan kenali tempat kerja anda [maksudnya internet]! Harus anda ingat bahwa internet hanyalah sebuah media dan area baru yang memiliki kelebihan dan kekurangan. Tidak semua produk bisa dipindahkan ke internet. Bila sudah yakin bahwa produk anda dapat diterima di internet, maka langkah kedua adalah kenali internet dengan lebih baik! Tentu dengan cara mempelajarinya. Usahakan sampai anda "terbiasa" dengan internet, karena internet akan menjadi kantor, alat, dan sekaligus teman kerja anda. Anda harus tahu betul karakteristik dari media ini dengan menyusun sebuah Web yang baik, melakukan stress test yang baik bagi Web anda, mengetahui dengan baik capacity-planning yang anda punya, melakukan load balancing secara baik, dan anda juga perlu membentuk sebuah team technical yang kuat untuk membantu pengembangan web anda.

  • Kenali target/pasar dari produk anda!
    Buat planning selayaknya anda hendak mendirikan toko secara real, pikirkan dan bersiaplah terhadap segala kemungkinan sampai pada kemungkinan yang terburuk sekalipun. Toko anda di internet juga harus menyiapkan metode jual-beli yang baru dan kreatif. Bila tidak, 1 tahun lagi toko anda akan sepi pengunjung sehingga produk anda tidak laku. Sebagai contoh, orang mulai tidak tertarik dengan toko elektronik yang hanya memberikan pilihan bentuk dan macam barang saja, mungkin akan lebih menarik bila toko anda memungkinkan pembeli memesan barang secara bersama-sama sehingga harga barang-barang tsb dapat sedikit turun harga, atau tawarkan diskon-diskon khusus untuk cara-cara pembelian yang khusus pula.

  • Hal-hal operasional
    Ini yang biasanya dilupakan. Ketika anda sibuk membuat Web development untuk toko anda, anda biasanya melupakan sisi operasionalnya. Ada beberapa tip yang mungkin bisa anda lakukan sebagai berikut:

    • Bentuklah blok operasional yang jelas Pembentukan blok operasional yang jelas akan memudahkan anda untuk melakukan scaling atau penambahan jumlah throughput yang dapat dihasilkan. Dan perhatikan juga tipikal operasional seperti: order handling, invoicing, authorization (untuk non-online) dan shipping.
    • Buat semuanya seotomatis mungkin Sediakan waktu untuk memikirkan peng-otomatisasian kinerja operasional anda. Lihat satu-persatu titik-titik yang dapat anda optimalkan. Bahkan bila anda sudah cukup sukses, mungkin akan berharga bila mengambil konsultan TI untuk membenahi operasional anda.

  • Ingat bahwa media internet itu cukup unik dan merupakan media pertama yang mampu melompati batas-batas fisik yang berlaku pada umumnya. Untuk itu anda harus berani berpikir berbeda dan secara sadar bersiap untuk hal-hal yang sangat mengejutkan yang akan anda temui sepanjang bisnis anda.

    Sumber: Langkah-langkah Membangun E-Commerce (Izak Jenie)

    Tinggalkan komentar Anda...

    ke atas


    Kontak ICW: icw@sabda.org
    Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
    Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
    Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

     

    Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2018
    Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
    Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org