Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Awas !! Virus Ilove You

Tanggal: 2000-05-15
Kategori: Virus

Baru-baru ini dunia internet gempar gara-gara muncul virus yang bernama virus "LOVE" bug atau ILOVE YOU. Apa sih virus I Love You? Pasti semua sudah tahu, tetapi kami akan coba meberi kesimpulan.

Virus ILOVE YOU adalah virus yang dibuat oleh para hacker filipina yang mem-blokade beberapa Web Site terkenal lewat e-mail yang memanfaatkan Microsoft Outlook Express melalui jaringan internet untuk penyebarannya. Virus ini dibuat dengan menggunakan Visual Basic yang mempunyai daya rusak yang cukup ganas, dengan tingkat penyebaran yang sangat cepat. Target virus ini adalah menggantikan file-file yang berektensi JS,JSE,CSS,WSH,SCT,HTA,JPG,JPEG,MP3,MP2, HTML dan juga beberapa file system termasuk MIRC32.EXE, MLINK32.EXE.

Virus ini bekerja sec. otomatis ketika para user Microsoft Outlook mendapatkan dan membuka kiriman e-mail dengan subyek "ILOVEYOU". Pada saat file "LOVE-LETTER-FOR-YOU-TXT.vbs" tersebut tereksekusi, maka virus akan menyusup pada Outlook untuk mencari daftar alamat (Address Book) dan sec. otomatis akan membuat duplikatnya sendiri untuk dikirimkan pada semua alamat yang ada pada daftar alamat pada Outlook. Penyebaran virus tersebut juga melalui mIRC dg membuat sebuah script "file.ini" di dalam direktori program mIRC dan mengirimkan file "LOVE-LETTER-FOR-YOU.HTM" ke user lain di dalam jaringan tersebut.

Untuk pencegahan: waspadalah thd semua e-mail yang mempunyai subyek ILOVEYOU dan semua kalimat tambahannya, lalu hapuslah dengan segera. Jika tersimpan dalam bentuk TXT ("LOVE-LETTER-FOR-YOU-TXT.vbs") janganlah sekali-sekali membukanya dan jangan melakukan double klik pada file tsb. Gunakan "Find" untuk mencari file dengan ektension *.vbs dan hapuslah jika ketemu. Jika sudah terlanjur menjalankan atau membuka file tsb maka proses pembersihan akan sangat-sangat sulit sekali. Hal ini disebabkan karena file-file yang asli telah dihapus dan digantikan dengan file yang dibuat dengan virus tersebut.

Sumber: Komputek

Silakan cek informasi dan update anti virus komputer anda dengan :
CA : http://www.ca.com/virusinfo/virusalert.htm
DrSolomon : http://www.drsolomons.com/home/extra.zip
McAffe : http://download.mcafee.com/extrafiles/love-4.zip
Symantec : http://www.symantec.com/avcenter/venc/data/vbs.loveletter.a.html
TrendMicro: http://www.antivirus.com/vinfo/virusencyclo/default5.asp? VName=VBS_LOVELETTER-O
Atau langsung cari dgn search engine, atau homepage situs-situs tsb.

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org