Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Posisi-Posisi Profesional TI Wanita

Tanggal: 2000-04-11
Kategori: Other

Beberapa universitas di Indonesia telah memiliki jurusan komputer dan teknik informatika dengan jumlah mahasiswa dan mahasiswinya yang berimbang. Hal itu rupanya dapat dijadikan cermin bagi keberadaan dan peran wanita di dunia profesional. Nah sekarang saatnya perempuan tidak cuma duduk di belakang meja sekretaris sambil menunggu perintah boss-nya, tetapi juga dapat menempati posisi- posisi penting dan strategis yang sebelumnya hanya didominasi kaum pria, beberapa posisi tsb adalah sbb:

MANAJER TEKNOLOGI INFORMATIKA
Beberapa perusahaan dan lembaga besar seperti BAAN dan BPPN menempatkan wanita untuk memegang posisi ini. Kendati kaum pria masih mendominasi posisi bergengsi ini, kaum perempuan perlahan-lahan mulai merubah dominasi itu. Manajer TI bertanggung jawab terhadap berbagai hal berkaitan dengan sistem data dan informasi yang berjalan disebuah perusahaan. Kendati yang digelutinya secara fisik adalah komputer, peran seorang manajer TI lebih kepada penciptaan konsep alur kerja data dan informasi dalam sebuah perusahaan. Umumnya, manajer TI dibantu beberapa orang teknisi komputer yang akan mengerjakan hal-hal teknis di bidang ini.

CHIEF INFORMATION OFFICER (CIO)
Ini adalah jabatan tertinggi di bidang TI. Biasanya hanya dipakai oleh perusahaan-perusahaan besar. Microsoft dan Intel memiliki posisi ini, yang kedudukannya berada satu tingkat di bawah CEO (Chief Executive Officer). Tugas seorang CIO adalah membawahi posisi yang berkaitan dengan teknologi informasi. Di perusahaan-perusahaan besar, data dan informasi biasanya tak hanya ditangani oleh seorang manajer saja. Tapi ada beberapa manajer yang menanganinya. Nah CIO menaungi manajer-manajer itu.

SYSTEM ANALIYST
Sama seperti seorang manajer, kerja seorang analis sistem adalah membuat konsep data dan sekaligus menganalisa sistem informasi yang dipakai dalam sebuah perusahaan. Sejauh ini profesi ini masih jarang digeluti wanita, karena sifatnya yang lebih teknis.

PROGRAMMER
Jika pada masa lalu, wanita bisa bekerja sebagai "tukang jahit" atau perancang busana di rumahnya, maka di masa depan, profesi programmer (pemrogram komputer) bisa menjadi pilihan yang menarik. Karena profesi ini sama seperti menjahit atau merancang busana, bisa juga dikerjakan di rumah dengan syarat, harus ada komputer dan perangkat pendukung lainnya.

WEBMASTER
Dengan semakin berkembangnya internet, Webmaster menjadi posisi yang paling diburu perusahaan-perusahaan menengah dan besar yang mulai menjajaki bisnis di internet. Web master adalah seorang yang ahli dan bertanggung jawab terhadap berbagai hal menyangkut jaringan Web dan teknologinya termasuk desain dan publikasi.

Sumber: dot.com

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org