Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Netiquette (Netiket)

Tanggal: 1999-03-02
Kategori: Infonet

Ternyata dalam berkomunikasi melalui internet-pun ada etika-nya, istilah kerennya "netiqutte". Etika ini diadakan untuk maksud agar tidak terjadi salah pengertian/penafsiran antara satu netter dengan netter lainnya. selain itu orang juga perlu tahu tentang sopan- santun yang berlaku dalam berkomunikasi melalui internet. Untuk itu Fokus ICW kali ini akan memberikan beberapa tip-tip cara bertata-krama dalam ber-internet khususnya e-mail.

Beberapa tip netiquette:
  • Ide/maksud anda perlu disampaikan secara jelas dan singkat. Jagalah agar paragraf anda cukup pendek, langsung dan mengenai ke inti sasarannya supaya si penerima surat tidak menjadi bosan. Selain itu, anda sekaligus telah menghemat waktu akses dan bandwith dengan surat yang pendek.

  • Hindari penggunaan huruf besar/kapital yang berlebihan. Dalam berkomunikasi dengan e-mail/chat, huruf besar biasanya digunakan untuk memberi tekanan pada maksud anda (atau seperti berteriak). Kekeliruan dalam menuliskan maksud anda dapat menyebabkan kesalahpahaman saat dibaca oleh si penerima.

  • Pertimbangkan isi surat anda dengan bijaksana. Komentar-komentar yang tidak semestinya (kasar atau tidak senonoh) dalam surat anda dapat memberi kesan yang tidak baik tentang diri anda.

  • Hati-hati dalam melakukan REPLY (balasan). Fasilitas reply dari sebagian besar program mailer biasanya akan mengutip pesan asli yang anda terima secara otomatis ke dalam isi surat anda. Untuk menghemat waktu dan biaya, kutiplah hanya pesan-pesan yang ingin anda beri komentar dan buanglah bagian-bagian yang tidak diperlukan.

  • Jangan lupa, penggunaan kata "please" saat anda meminta sesuatu dan kata "thank you" bila keinginan/permintaan anda tersebut sudah dipenuhi. Meskipun tampaknya sepele, sopan-santun juga harus tetap dijaga dalam menggunakan e-mail.

  • Jadilah profesional dan hati-hatilah terhadap apa yang anda katakan mengenai orang lain. E-mail yang anda kirimkan dapat diteruskan (FORWARD) dengan mudah ke orang lain.

  • Karena e-mail tidak mengenal "bahasa tubuh", maka berhati-hatilah ketika menggunakan sarkasme dan humor. Tanpa komunikasi tatap muka, lelucon Anda dapat dianggap kritikan. Ketika sedang melucu, gunakan emoticon (smiley faces) untuk mengekspresikan humor. Sebagai contoh: :-) bearti "muka gembira" untuk humor. (miringkan kepala anda ke kiri untuk melihat senyum emotikon). [ khusus untuk emotikon, akan diulas dalam ICW edisi 7 ]

  • Penggunaan singkatan. Singkatan ini biasanya digunakan untuk kata-kata yang sering muncul dalam perbincangan. Fungsinya, sekali lagi adalah untuk menghemat bandwith dan waktu akses. Singkatan ini lebih sering digunakan dalam IRC (Internet Relay Chat) namun tidak tertutup kemungkinan apabila digunakan juga dalam e-mail. Simaklah uraian tentang singkatan di bawah ini (dalam bahasa Inggris):

    AFAIK
    B4
    BTW
    BBL
    BFN
    CU
    CUL
    F2F
    FYI
    L8R
    AKA
    IMHO
    WYSIWYG
    - As Far As I Know
    - Before
    - By the way
    - Be back later
    - Bye for now
    - See you
    - See you later
    - Face to face
    - For your information
    - Later
    - Also known as
    - In my humble opinion
    - What you see is what you get
    GA
    gbh
    HHOJ
    IMO
    J/K
    k
    kb
    IDK
    OIC
    TIA
    FWIW
    OOT
    - Go ahead
    - great back hug
    - Ha ha only joking
    - In my opinion
    - Just kidding
    - kiss
    - kiss back
    - I don't know
    - Oh I see
    - Thanks in advance
    - For what is worth
    - Out of topic

Singkatan dapat digunakan untuk menyingkat pesan bilamana mungkin, tapi pesan yang dipenuhi singkatan dapat membingungkan atau bahkan menyebalkan bagi pembaca. Karena itu, hati-hatilah dalam menggunakan singkatan. Singkatan itu akan semakin berkembang jumlahnya seiring dengan bertambahnya jumlah pengguna e-mail. Oleh karena itu, yang paling penting diingat e-mail merupakan salah satu sarana untuk berkomunikasi dengan orang lain. "Netiquette" perlu diperhatikan dan diikuti untuk saling menghormati sesama netter di "rimba belantara" virtual ini.

en/anTinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org