Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Merawat Printer Dot Matrik

Tanggal: 1999-11-16
Kategori: Pc

Jumlah pengguna printer jenis Dot Matrik di Indonesia (untuk keperluan rumah tangga maupun perkantoran) menduduki peringkat tertinggi. Selain karena harga printer dan pita yang bersahabat, juga karena perawatan printer ini lebih mudah dari printer jenis lain, misalnya yang menggunakan tinta. Namun bukan berarti printer ini bisa diperlakukan seenaknya, anda harus tetap berhati-hati saat merawatnya. Dibawah ini kami akan memberikan beberapa cara khusus merawat printer jenis ini dengan mudah dan hasilnya...dapat anda buktikan, selamat mencoba!

Dalam waktu satu bulan sekali pastikan anda memeriksa printer anda. Perhatikan kebersihan komponen-komponen yang didalam maupun diluar chasing. Komponen-komponen yang perlu diperhatikan sbb:

PRINT HEAD
Komponen ini merupakan bagian yang vital bagi sebuah printer Dot Matrik. Print head sangat rawan terhadap kemungkinan kerusakan yang tentu saja akan mengganggu kualitas cetakan. Untuk merawat jarum yang ada diprint head ini anda dapat menggunakan kuas yang diolesi spiritus, atau dengan menyemprotkan contact cleaner pada lubang jarum yang kelihatan sudah kotor dengan posisi printer terbalik, supaya kotoran yang melekat jatuh secara keseluruhan. Namun bila jarum tersebut sudah terlihat rusak sebaiknya segera diganti karena dapat mengganggu hasil cetakan.

RIBBON (PITA)
Apabila tinta sudah tidak bagus atau tidak jelas sebaiknya segera diganti karena jika dibiarkan akan merusak lebih cepat fungsi jarum head anda.

SPOOL HEAD
Komponen ini adalah bagian dari print head. Apabila terlihat rusak sebaiknya segera diganti karena sangat berhubungan erat dengan proses kerja print head.

RODA-RODA MEKANIK DAN GIGI (GEAR)
Antisipasi terhadap karat yang mungkin melekat sehingga berpengaruh terhadap proses kerja printer. Membersihkannya cukup dengan larutan tiner atau lap kain bila tidak terlalu kotor.

PAPER SENSOR
Apabila rol pemutar kertas tidak berjalan secara otomatis, kemungkinkan paper sensornya sudah rusak, atau, coba matikan power pada printer dan pastikan bahwa connect antara printer dengan sumber daya sudah tepat atau sudah kencang.

Saat anda sudah merawat dan membereskan printer anda, anda ingin segera menyelesaikan pekerjaan anda dengan mencetaknya, tetapi opps!! Keluar pesan 'Error writing to LPTI' di layar monitor anda. Bila pesan tersebut muncul maka ada dua kemungkinan, pertama, printer anda benar-benar rusak, kedua, mungkin ada beberapa hal yang perlu anda periksa ulang. Apa saja yang perlu diperiksa? Perhatikan saran-saran berikut ini:

PERIKSA CATU DAYA DAN SUPLAY KERTAS
Anda perlu memastikan bahwa printer telah siap dan kertas juga sudah ada di baki printer. Bersihkan memori printer dengan mematikan printer sebentar lalu nyalakan kembali.

PERIKSA KABEL
Pastikan bahwa kabel printer tertancap dengan benar pada printer maupun komputer. Jika kabel sudah tertalu rapuh atau terlalu panjang sehingga (mungkin) sinyalnya tidak mampu mencapai tujuan, jangan ragu-ragu untuk menggantinya.

PERIKSA PORT ANDA
Dengan masuk ke Device Manager melalui klik kanan My Computer, pilih bagian "PORTS (COM dan LPT)", klik dua kali pada LPTI setting. Pastikan kotak "Device Status" bebas dari konflik IRQ atau DMA.

SELESAIKAN KONFLIK
Jika anda temukan konflik DMA dengan port paralel anda, coba dilihat apakah konfigurasinya memakai ECP. ECP digunakan pada kebanyakan printer baru; teknik ini mempercepat pencetakan dengan menggunakan RAM PC anda. Jika printer anda memakai ECP dan anda mendapat konflik DMA berikan port paralel anda DMA yang tidak terpakai melalui program setup CMOS atau Device Manager. Jika printer anda tidak mendukung ECP anda perlu mengkonfigurasikan port paralel ke yang lebih lamban, yang merupakan setting yang lebih kompatibel dalam setup CMOS.

Dari berbagai sumber.

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org