Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Bercakap-Cakap Menggunakan Keyboard

Tanggal: 1999-08-04
Kategori: Other

Ingin ngobrol dengan seseorang yang jauh di seberang lautan? Kini dengan teknologi internet hal tersebut tidaklah sulit dilakukan. Berbeda jarak walaupun jauh tidak menjadi halangan bagi orang untuk berbincang-bincang. Bahkan anda dapat berbincang-bincang dengan lebih dari satu orang pada saat yang bersamaan. Istilah keren dari bincang-bincang ini adalah "chatting". Istilah ini pasti sudah populer bagi anda. Untuk ber-chatting anda harus bergabung dalam forum chatting (Internet Relay Chat/IRC) karena diperlukan sebuah program khusus di mana anda harus tahu bagaimana cara menggunakan program tersebut dengan benar. Beberapa program yang bisa membantu anda antara lain mIRC (paling sering digunakan), Pirch, Microsoft Comic Chat serta Visual IRCprogram. Kali ini, kami akan mengulas beberapa perintah yang sering dipakai saat anda melakukan chatting sehingga anda dapat bernavigasi dengan benar melalui perintah- perintah yang dimaksud. Tinggal mengetikkan perintah dalam baris "prompt" yang tersedia dan nantikan respon dari lawan bicara anda.

Untuk menampilkan semua channel aktif yang ada di server gunakan perintah /LIST. Untuk mempersingkat waktu (karena jumlah channel yang aktif dapat mencapai ribuan) anda dapat membatasi daftar channel yang ditampilkan. Misal dengan perintah /LIST -MIN 20, maka yang dicantumkan adalah channel-channel yang mempunyai kurang lebih 20 peserta, atau anda dapat menggunakan perintah -MAX untuk mendapat tampilan sebaliknya. Perintah /LIST akan menampilkan informasi mengenai channel tertentu.

Perintah /JOIN akan membuka dan masuk ke channel yang diinginkan. Untuk channel yang ber-password, ketikkan /JOIN . Bila anda ingin membuka beberapa channel sekaligus, maka ketikkan semua nama channel dipisahkan dengan tanda koma seperti berikut /JOIN ,, , ... Sedangkan bila anda ingin keluar dari sebuah channel, maka gunakan perintah /LEAVE

Untuk mendeskripsikan diri anda, perintah /NICK akan menampilkan nickname yang anda pakai, /NICK akan mengubah nick anda yang sekarang. Perintah /WHO akan menampilkan informasi mengenai channel ataupun mengenai pengguna lainnya. Perintah /WHO akan mencantumkan nickname semua pengguna IRC di channel yang bersangkutan dan /WHO akan menampilkan informasi tentang seorang pengguna tertentu.

Ingin berbincang-bincang secara privat atau mengirim pesan rahasia? mudah, dengan perintah /QUERY untuk perbincangan yang privat dengan peserta tertentu yang telah dipilih dengan dan /MSG untuk mengirimkan pesan kepada pengguna IRC lainnya tanpa diketahui orang lain.

Untuk mengetahui apakah teman anda atau lawan ngobrol anda masih ada ditempatnya, anda dapat memeriksanya melalui perintah /NOTIFY . Perintah ini berguna pula untuk untuk memberi- tahukan bahwa pengguna tertentu telah berada di server IRC. Apabila anda menempatkan sebuah tanda minus di depan nickname, maka nama pesertanya akan dihapus dari dalam daftar notify.

Selain ngobrol, andapun dapat sharing dan berbagi kesaksian dengan saudara-saudara seiman maupun dengan hamba Tuhan melalui chatting. Di bawah ini adalah alamat-alamat menyediakan channel chat kristen:

Channel gp2000 di Undernet (khusus IRC) dan GP2000 Chat Room

http://www.youthspecialties.com/forum

http://www.gki.org/chat.htm

http://www.glministry.com/

http://www.geocities.com/rainforest/vines/7944/

http://www.ilovejesus.com/

Untuk beberapa informasi penting mengenai IRC anda dapat berkunjung ke alamat-alamat berikut :

mIRC Homepage :
http://www.mirc.com

IRCHelp :
http://www.irchelp.org

Chat Circuit:
http://chatcircuit.com/webzine

DALNet IRC :
http://www.dal.net

mIRC Script :
http://www.mircscripts.com

Dari berbagai sumber

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org