Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Web Authoring Tools

Tanggal: 1999-07-27
Kategori: Web

Pekerjaan mendesain suatu Situs Web bagi sebagian orang dianggap seperti suatu karya seni. Sebagaimana layaknya seorang seniman bekerja merancang dan membangun suatu karya seni, begitu pula halnya dengan seorang web designer yang bekerja menghasilkan suatu situs web. Beraneka ragam gambar menarik yang dikombinasikan dengan teks- teks informasi dan program-program sederhana maupun rumit akan menghasilkan suatu Situs Web menarik dan layak untuk dinikmati atau dikunjungi.

Saat kita berkunjung ke suatu Situs Web yang mempunyai halaman- halaman yang menarik (penuh dengan hiasan gambar-gambar menarik serta "script" yang memikat) kadangkala membuat kita penasaran tentang bagaimana cara para pembuat halaman web tersebut dapat menghasilkan halaman-halaman seperti demikian. Memang, keahlian dan cita rasa seni dibutuhkan untuk menghasilkan tampilan halaman web yang menarik dan memikat. Namun ada pula faktor pendukung (atau mungkin juga utama) yang memungkinkan suatu halaman web itu dapat dihasilkan. Faktor tersebut adalah tersedianya alat-alat atau program yang membantu web designer menghasilkan halaman web yang spektakuler, baik dari isi maupun tampilannya.

Seperti kita ketahui bersama bahwa saat ini telah beredar begitu banyak program (disebut "tools") dengan fungsi dan kegunaan yang bermacam-macam. Tidak dapat dipungkiri bahwa keberadaan program- program ini mempunyai andil yang cukup besar dalam proses membangun suatu Situs Web. Hanya dengan berbekal sedikit saja pengetahuan tentang seni dan pemrograman yang kemudian dikombinasikan dengan pengetahuan tentang cara menggunakan program-program ini, maka seorang pemula dapat berubah sedikit demi sedikit menjadi seorang perancang halaman web yang handal. Tentu saja usaha ini harus pula dibarengi dengan sedikit kerja keras, kemauan belajar dan latihan yang teratur.

Berikut ini adalah tool-tool (dalam beberapa kategori) yang dapat digunakan saat anda mencoba belajar membangun suatu Situs Web.

PROGRAM EDITOR UNTUK HTML

PROGRAM GRAFIK DAN MENGGAMBAR

SCRIPT DAN PEMROGRAMAN

PROGRAM MULTIMEDIA & PLUGINS

BROWSER

Demikianlah beberapa link untuk program-program yang menarik anda gunakan saat membangun Situs Web. Tentu saja daftar di atas tidak mencakup semua program yang beredar. Daftar tersebut hanyalah contoh dari beberapa program yang sering digunakan orang. Silakan anda menggunakan program-program ini atau program yang lainnya. Tujuannya hanyalah satu, anda berhasil membuat Situs Web yang indah dan menarik. Ingat bahwa, "ada banyak jalan menuju Roma ... " /an

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org