Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Situs-Situs Keluarga Kristen

Tanggal: 2016-09-13
Kategori: Ulasan

1. Wanita Kristen: http://wanita.sabda.org/

Situs Wanita Kristen merupakan sebuah situs milik Yayasan Lembaga SABDA yang menyediakan bahan-bahan yang mengulas berbagai isu di kalangan wanita Kristen. Terkait dengan tema keluarga yang diusung kali ini, situs wanita juga memiliki beberapa bahan yang terkait dengan tema itu, di antaranya ada dalam submenu "Keluarga", "Pengasuhan Anak", dan "Pernikahan". Bahan-bahan ini bisa Anda dapatkan dengan terlebih dahulu menyorot menu "Artikel" untuk menampilkan sub-submenu tersebut yang ada di bawahnya. Submenu "Keluarga" membahas bagaimana wanita membangun relasi yang baik dengan anggota-anggota keluarganya secara umum, submenu "Pengasuhan Anak" membahas cara pengasuhan anak, dan yang terakhir, submenu "Pernikahan" yang mengulas bagaimana seorang wanita bisa menjadi penolong bagi pasangannya dalam membina rumah tangga. Bahan-bahan yang ada akan membantu memperlengkapi Anda menjadi seorang wanita Kristen yang cakap dalam menjalankan perannya di tengah-tengah keluarga dan komunitas Anda. Mari berkunjung. (Aji)

2. Alkitab.co (Christian Online): http://alkitab.co/sekolah/07_fam--keluarga/index.htm

Halaman khusus dari situs Alkitab.co ini menyediakan bahan pelajaran dalam format audio yang bertemakan keluarga dan pernikahan. Bahan-bahannya sendiri ditampilkan dalam sebuah tabel yang terdiri dari tiga kolom. Kolom pertama berisi tautan bahan-bahan audio, kolom kedua berisi nama program/pelajaran, dan kolom ketiga yang berisi audio player untuk mendengarkan audio khotbah secara daring. Jika Anda ingin menyimpan file audio, Anda bisa mengeklik tautan di kolom pertama dan pilihan "Save Page As" pada mesin peramban. Sementara untuk mendengarkan audionya secara daring, Anda tinggal menekan tombol "Play" yang ada di kolom ketiga, yang akan muncul setelah Anda mengaktifkan plugin Adobe Flash di mesin peramban yang Anda gunakan. Sayangnya, halaman ini belum memiliki fitur untuk mengunggah semua atau beberapa file audio sekaligus berdasarkan pilihan, yang akan berguna andaikan bahan-bahannya semakin bertambah banyak. Ke depannya, penulis berharap fitur ini bisa dikembangkan lagi sehingga dapat lebih memudahkan para pengunjung. (Lukas)

3. Renungan.co (Christian Online): http://renungan.co/Renungan_harian_keluarga_aletea

Renungan Harian Keluarga Aletea adalah renungan yang dikelola dan diterbitkan oleh Aletea Global Media. Pada umumnya, renungan ini masih berbentuk cetak, tetapi setelah bekerja sama dengan Yayasan Lembaga SABDA, beberapa renungan harian Aletea mulai dipasang di situs mini renungan.co. Dalam situs renungan.co/renungan_harian_keluarga_aletea, Anda dapat membaca renungan harian yang tersaji secara acak dari tahun 2014 -- 2015. Bahan-bahan yang tersedia dibagi dalam lima menu, yaitu "Renungan", "Artikel", "Konseling", "Kesaksian", dan "Jaringan Pelayanan Anak". Bahan yang tersaji tidak seluruhnya bertema keluarga, tetapi sebagian ada yang bertema keluarga, di antaranya artikel-artikel mengenai pendidikan anak, rubrik konseling keluarga, kesaksian-kesaksian pengalaman rohani dalam keluarga, dan artikel-artikel mengenai fungsi keluarga Kristen yang tersebar pada kelima menu di atas. Renungan harian ini dikaji cukup praktis sehingga pembaca dapat memahami dengan mudah isi renungan. (Amidya)

4. Bible.org: https://bible.org/series/christian-family-living

Jika Anda ingin belajar tentang tema keluarga Kristen secara lebih interaktif, Anda bisa mengunjungi situs Bible.org. Dalam situs ini disediakan tiga belas bahan bertema keluarga Kristen yang berupa teks sekaligus audio. Bahan-bahan yang disajikan berkisar mengenai prinsip-prinsip hidup keluarga Kristen dan bagaimana rencana Allah bagi keluarga Kristen. Seperti yang sudah disebutkan, selain teks, ada bahan audio yang bisa Anda perdengarkan yang masing-masing file-nya terletak di bawah judul artikel. Bahan-bahan audio memiliki konten yang sama dengan bahan teks, hanya saja dengan penjabaran yang lebih panjang. Selain itu, file audio ini juga bisa diperdengarkan dengan lancar meskipun menggunakan koneksi internet kecepatan rendah. Untuk mengunggah seluruh bahan audio, silakan klik tombol "Download All Audio" yang ada di halaman awal. Selamat belajar, semoga situs ini dapat memperkaya pemahaman Anda tentang pembinaan keluarga Kristen. (Ayu)

5. Our Story: http://www.danielnugroho.com/category/family/

Situs Our Story merupakan situs yang berisi kumpulan renungan tentang karya Allah dalam sebuah keluarga Kristen. Kumpulan renungan tersebut disusun berdasarkan pengalaman penulisnya, yang merupakan Admin situs ini, tentang kehidupannya dalam berkeluarga. Melalui renungan-renungan tersebut, Anda akan bisa belajar nilai-nilai keluarga Kristen yang bersifat praktis. Dalam tulisannya, penulis menggunakan bahasa yang lugas dan personal, tetapi ia tidak terlalu rajin mencantumkan ayat-ayat Alkitab. Situs ini menyediakan fitur "Artikel Terkait" pada bagian sidebar supaya pengunjung bisa memindai artikel-artikel terkait yang tersedia. Selain itu, tombol-tombol media sosial pun telah disematkan di sisi kiri halaman dan bawah artikel supaya pengunjung dapat membagikan bahan-bahan yang ada. Selamat berselancar. Mari belajar tentang kehidupan keluarga Kristen sambil membaca berbagai kisah yang menarik. (Andreas)

6. Julianto Simanjuntak: http://juliantosimanjuntak.com/index.php/artikel/parenting

Situs Julianto Simanjuntak.com adalah situs yang diasuh oleh bapak Julianto Simanjuntak, kepala dari lembaga LK3 yang bergerak di bidang konseling dan training konselor Kristen. Bahan bertema keluarga bisa Anda jumpai salah satunya pada submenu "Parenting" yang dapat Anda buka melalui tautan yang sudah disediakan. Pada bagian ini, Anda bisa membaca bahan-bahan yang mengulas dinamika relasi orangtua dengan anak dalam masa tumbuh kembang, serta tip bagaimana orangtua bisa menjadi partner yang baik bagi anak-anaknya. Situs ini punya beberapa fitur yang memudahkan pengguna dalam mengakses bahan ataupun menjelajahi situs. Di sebelah kiri bawah terdapat "breadcrumb" (alat navigasi penunjuk posisi halaman dalam hierarki sebuah blog/situs - Red.), yang memungkinkan pengguna mengetahui posisinya saat ini disertai tautan untuk kembali ke halaman awal submenu "Parenting". Sementara di bagian kanan atas, terdapat tombol untuk membagikan tautan artikel melalui e-mail, tombol untuk mencetak artikel jika Anda ingin membaca secara luring, serta tombol-tombol media sosial untuk membagikan artikel yang sudah Anda baca kepada kawan-kawan Anda di media sosial. Jika Anda ingin mengajukan pertanyaan lebih jauh kepada admin situs, Anda bisa memanfaatkan fitur "Live Chat" yang terletak di sebelah kanan bawah halaman situs. (Ariel)

7. Kristen Alkitabiah: http://www.kristenalkitabiah.com/category/keluarga/

Melalui kategori "Keluarga" dalam situs Kristen Alkitabiah, Anda akan mendapatkan beberapa tip membangun sebuah keluarga Kristen yang sesuai dengan tuntunan firman Allah. Topik-topik utama yang dibahas berkisar tentang pendidikan anak, relasi dengan pasangan, baik kepada istri maupun suami, serta topik yang lebih umum seperti mazbah keluarga. Jika diperhatikan, bahan-bahan bertema keluarga dalam situs ini memang tidak banyak, tetapi ulasannya cukup berbobot karena banyak menyadur dari buku-buku Kristen atau karya penulis Kristen yang sudah berpengalaman dalam dunia pelayanan. Di antara kontributor bahan yang dikutip, ada nama-nama seperti John Piper, Charles Swindoll, atau Tony Evans yang sering menjadi penulis buku-buku Kristen. Jika Anda merasa terberkati dengan artikel yang Anda baca, Anda bisa membagikannya kepada teman-teman Anda melalui tombol-tombol media sosial yang terletak di bawah tiap artikel. Situs Kristen Alkitabiah menggunakan format blog dan memiliki antarmuka yang sangat sederhana sehingga mudah digunakan oleh siapa saja yang sedang berkunjung. Selamat membaca, semoga membantu dalam pemahaman prinsip keluarga Kristen. (Ria)

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2017
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org