Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Situs-Situs Jejaring Sosial

Tanggal: 0016-07-12
Kategori: Ulasan

1. Alkitab Setiap Hari: https://www.facebook.com/groups/alkitab.setiap.hari/

Belajar firman Tuhan tidak hanya dapat dilakukan secara pribadi, tetapi bisa juga secara kelompok. Dengan belajar dalam kelompok, kita tidak hanya lebih bersemangat, melainkan kita juga bisa belajar dari orang lain terkait pelajaran apa yang mereka dapat dari pembacaan Alkitab sehingga memperkaya pemahaman kita tentang firman Tuhan. Facebook Grup Alkitab Setiap Hari (Walking with God) bisa menjadi tempat yang tepat bagi Anda untuk melakukan hal ini. Grup ini memiliki jadwal bacaan Alkitab yang diposting seminggu sekali oleh Admin. Dengan dipandu oleh seorang moderator, Anda bisa ikut melakukan PA dan berbagi berkat dengan menuliskannya di kolom komentar. Apakah cukup hanya mendapatkan pelajaran atau pembaruan iman dari membaca Alkitab? Tentu tidak, sebab iman tanpa perbuatan adalah mati. Oleh karena itu, moderator akan mengajak Anda untuk menentukan aplikasi apa yang akan Anda lakukan sehingga firman itu menjadi nyata dalam kehidupan Anda. Anda juga bisa berbagi pokok doa supaya banyak orang turut berdoa, dan Anda boleh dikuatkan. Banyak manfaatnya, bukan? Tunggu apa lagi? Segeralah bergabung dan mari bertumbuh bersama secara rohani melalui komunitas ini. (Pioneer)

2. Forum Kristen: http://forumkristen.com/index.php

Sebagai salah satu forum daring Kristen, Forum Kristen bisa berguna untuk saling bertukar pikiran, menjalin persahabatan, dan bersama-sama membangun iman dalam Kristus Yesus. Forum ini berdiri sejak 2007, dan siapa pun bisa bergabung dalam forum ini, tanpa memandang denominasi gereja, bahkan umat nonkristiani pun diperbolehkan bergabung supaya mereka bisa lebih mengenal ajaran Kristus. Adanya fitur-fitur dan daftar menu pada header dan footer akan sangat menolong Anda dalam menggunakan forum ini. Fitur pencarian di sebelah kanan atas dan kategorisasi tema-tema diskusi yang disusun secara rapi dan sederhana sangat mempermudah pengguna dalam mencari topik diskusi yang diinginkan. Terdapat 5 kategori besar, seperti "Komunitas", "Forum Terbuka", "Iman Kristen", "Kehidupan Kristen", dan "Lain-lain", yang di dalamnya masih terdapat subkategori tema lagi. Bagi Anda yang sedang memperdalam ajaran Kristen atau menemui kesulitan memahami beberapa perkataan atau makna peristiwa tertentu dalam Alkitab, Anda bisa mendiskusikannya dengan saudara seiman Anda di forum ini. Selain itu, jika Anda ingin sekadar menambah teman, forum ini bisa menjadi komunitas yang baik bagi Anda. Karena tidak hanya "fun", tetapi forum ini bisa mendorong semangat Anda untuk hidup lebih baik lagi di dalam Tuhan. (Pioneer)

3. Sabda Space: http://sabdaspace.org/

Jika Anda seorang Kristen yang hobi menulis blog, bergabunglah di SABDA Space, sebuah komunitas blogger Kristen online terbesar di Indonesia, yang dibuat oleh YLSA. Dengan berpartisipasi dalam situs ini, Anda bisa mengasah kemampuan menulis, berbagi pengalaman, cerita, bahkan prinsip-prinsip hidup kekristenan, serta berdiskusi dengan blogger lain. Untuk bisa mengirim tulisan, Anda harus mendaftarkan diri dulu menjadi anggota dengan mengeklik "Create New Account". Jika Anda sudah menjadi anggota, Anda bisa mulai berkontribusi dengan menulis blog dan mengunggahnya. Anda juga bisa membuka tautan bernama "Petunjuk Kirim" pada sidebar kanan untuk mendapat penjelasan lebih detil bagaimana cara mengirimkan sebuah artikel. Jangan lupa, bacalah kebijakan/policy pada menu "policy" sebelum Anda memulai aktivitas di komunitas SS ini! Selamat berkarya. (Ayu)

4. Jodoh Kristen: https://www.jodohkristen.com/

Apakah Anda seorang Kristen lajang dan rindu untuk bertemu pasangan hidup seiman Anda? Situs Jodoh Kristen kiranya bisa menjadi rujukan yang tepat bagi Anda. Dengan mendaftar menjadi anggota di situs ini, Anda akan bisa bertemu para lajang Kristen lainnya secara daring. Selebihnya, melalui kolom anggota, Anda bisa berkirim surat, berkenalan, dan jika memang ingin melanjutkan pada hubungan yang lebih serius, Anda bisa membuat janji temu dengan seseorang yang Anda harapkan. Namun, situs ini bukan hanya soal jodoh, Anda juga bisa membuka obrolan dengan anggota yang lain tentang hidup kekristenan, mengomentari profil anggota lain atau memberi pemberitahuan "suka" seperti halnya pada media sosial sekuler. Pendaftaran anggota dalam situs ini cukup ketat karena setiap permintaan keanggotaan akan diseleksi secara manual oleh para staf situs Jodoh Kristen untuk mencegah penyalahgunaan akun keanggotaan. Oleh karena itu, situs ini dapat diasumsikan cukup aman untuk digunakan mengingat tidak sembarang orang dapat bergabung. (Ayu)

5. Face Gloria: https://facegloria.com/

Berelasi melalui dunia maya tentu sangat menarik, sebab selain menambah teman, wawasan kita menjadi semakin luas. Lebih baik lagi, jika komunitas itu terdiri dari orang-orang yang seiman sehingga bisa menjadi ajang untuk saling melengkapi dan mengembangkan kehidupan spiritual kita. Situs Face Gloria menjadi salah satu situs jejaring sosial yang bisa kita manfaatkan untuk melakukan hal ini. Situs ini merupakan wadah bagi komunitas besar orang-orang dari kawasan Amerika Latin sehingga beberapa anggota menggunakan bahasa Portugal atau Spanyol dalam berkomunikasi. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena Anda masih bisa menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan mereka. Tidak hanya berbagi tentang hal-hal yang bersifat rohani, anggota-anggota situs ini juga diperbolehkan mengunggah atau membagikan hal-hal seputar kehidupan mereka, asalkan semua yang dibagikan tidak melanggar etika hidup yang baik dan sopan. Situs Face Gloria dibuat dengan konsep ala Facebook, tetapi dengan fitur-fitur yang lebih sederhana sehingga bagi Anda yang terbiasa menggunakan Facebook, kemungkinan besar akan cepat terbiasa menggunakan situs ini. (Ariel)

6. Sarapan Pagi Biblika: http://www.sarapanpagi.org

Forum Sarapan Pagi Biblika merupakan satu dari beberapa forum daring yang memungkinkan Anda mendiskusikan segala hal yang menyangkut ajaran Kristen dengan teman-teman Anda di dunia maya. Forum ini tampaknya lebih difokuskan pada penelaahan naskah Alkitab. Hal ini terlihat dari salah satu kategori bernama "Belajar Alkitab" yang mendapat porsi paling besar sebagai ruang diskusi untuk mendalami Alkitab. Tak hanya itu, forum ini juga memiliki kategori "Forum Terbuka", yang memberikan ruang pembahasan topik-topik umum. Ada pula kategori "Bunga Rampai Gereja Kristen" di mana Anda bisa berbagi dan belajar lebih jauh segala hal tentang gereja. Kategori terakhir yang menarik dan menantang ialah "Apologetika", di mana pengunjung boleh mempertanyakan iman kekristenan dan sebaliknya mempertahankan konsep iman kekristenan tersebut dari penyangkalan pihak luar. Sejauh yang penulis ketahui, forum ini merupakan forum Kristen berbahasa Indonesia terbesar dan sering menjadi rujukan dalam diskusi yang membahas agama Kristen di dunia maya. Oleh karena itu, situs ini patut disimak dan mendapatkan atensi lebih dari Anda, dan harapannya bisa membantu Anda dalam mempelajari muatan Alkitab secara lebih mendalam. (Ariel)

7. Faith Freaks: http://www.faithfreaks.com

Situs jejaring sosial bernama Faith Freaks ini memiliki misi untuk menjangkau para remaja dan membahas isu-isu seputar dunia remaja dari sudut pandang kekristenan. Ada 2 fitur utama yang ditawarkan situs ini, yaitu fitur Chat Room dan Forum Diskusi, yang berfungsi supaya remaja ataupun orang-orang yang berminat memahami dunia remaja, bisa saling berinteraksi secara langsung, saling berbagi pengalaman dan masukan, dan belajar bagaimana menangani masalah-masalah di kalangan remaja. Sayang, saat ulasan ini ditulis, fitur Chat Room sedang tidak aktif. Namun, Anda masih bisa memanfaatkan forum diskusi untuk berkenalan dengan anggota-anggota lain dan berdiskusi lebih jauh mengenai dunia remaja. Selain membahas isu mengenai remaja, forum ini juga memberikan ruang untuk mendiskusikan berbagai hal menarik yang menjadi bagian dunia remaja, baik studi Alkitab hingga topik hiburan dan kesehatan yang sangat umum. Jika Anda punya minat khusus dan ingin lebih mengerti dunia remaja, situs ini jangan sampai Anda lewatkan. (Aji)

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org