Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Situs-Situs Pelayanan Misi

Tanggal: 2016-05-10
Kategori: Ulasan

1. 1001 Jawaban: http://www.1001jawaban.com

Setiap orang, termasuk orang Kristen, memiliki banyak pertanyaan tentang kehidupan. Namun, apakah Anda mendapat jawaban yang jelas dari lingkungan sekitar? Jika belum, situs ini dapat membantu Anda dengan memberikan pembahasan secara lengkap yang mencakup berbagai hal kehidupan dan iman, misalnya: a) Fakta tentang Alkitab, mungkin Anda ingin tahu kapan Injil-injil itu ditulis, atau Anda sekadar ingin tahu jenis-jenis binatang yang ada di Alkitab? b) Tokoh dan benda-benda di PL dan PB, apakah Anda tahu bahasa yang dipakai Adam dan Hawa? c) Ucapan-ucapan Yesus, bukalah situs ini dan Anda akan tahu arti dari "miskin di hadapan Allah", "jika tanganmu atau kakimu menyesatkan engkau, penggallah dan buanglah itu", "Aku datang bukan untuk membawa damai, melainkan pedang", dan masih banyak lagi. Jika sulit menemukan pertanyaan Anda, Anda juga bisa menuliskan kata yang ingin Anda cari di kolom "Search" di halaman utama. Jika masih belum menemukannya, Anda juga bisa menyampaikan pertanyaan Anda lewat email, dan Admin situs akan menindaklanjutinya. Mari kunjungi situs ini dan Anda akan menemukan jawaban-jawaban yang meneguhkan iman dan menolong kehidupan. (Ariel)

2. GotQuestions Indonesia: http://gotquestions.org/indonesia

Dari kesan pertama, situs ini terlihat seperti situs konseling. Namun, situs ini adalah situs Kristen yang membahas pertanyaan-pertanyaan mengenai Alkitab dan kekristenan. GotQuestions adalah pelayanan para-church untuk mendampingi gereja membantu orang-orang menemukan jawaban atas pertanyaan mereka terkait hal rohani dan kehidupan, seperti pemahaman tentang Allah, Alkitab, keselamatan, perbandingan agama, kehidupan sehari-hari, dan lain-lain. Terdapat berbagai fitur yang memudahkan pengguna menggali isinya, mulai dari fitur "Cari" yang mengarahkan pencarian pada judul dan konten artikel yang relevan sampai fitur "Bertanya" di mana Anda bisa mengirim pertanyaan-pertanyaan yang belum dibahas situs melalui email. Anda bisa mengakses pertanyaan-pertanyaan tersebut dalam aplikasi mobile untuk OS iOS, Android, dan Windows Mobile. Setiap penulis kontennya berasal dari berbagai latar belakang, baik itu pendeta, pembina pemuda, misionaris, mahasiswa dan dosen seminari serta pelajar Alkitab awam yang melalui editorial ketat oleh Direktur GotQuestions yang bergelar Master Teologia Kristen. Anda bisa mengetahui dasar pemahaman GotQuestions melalui kolom "Pernyataan Iman". Mari menyimak jawaban-jawaban Alkitab atas kehidupan Anda. (Ayub)

3. Alongsiders: http://alongsiders.org

Situs Alongsiders merupakan sebuah situs yang menginformasikan pelayanan Alongsiders International di mana mereka berfokus pada anak-anak dan remaja pemuda yang berusia di bawah 30 tahun. Yayasan ini rindu untuk mengubah dua generasi muda, yaitu pemuda dan anak-anak, dengan memberikan kepedulian, kasih, dan mendorong pertumbuhan rohani mereka, khususnya bagi anak-anak yang terpinggirkan dan sering kali hidup sendiri serta kurang diperhatikan masyarakat. Tampilan situs yang responsif sangat memudahkan penjelajahan situs dengan smartphone maupun tablet. Berbagai kolomnya terlihat jelas dan mengomunikasikan esensi pelayanan Alongsiders. Dalam kolom "Stories", kita bisa membaca berbagai blog berisi kesaksian dari anak-anak dan generasi muda yang turut serta dalam pelayanan. Dalam kolom "Connect", kita bisa mendukung pelayanan ini dalam doa, dana, dan daya. Bila Anda ingin bergabung dengan pelayanan Alongsiders, Anda dapat melihat info lebih lanjut pada kolom "Serve"; dan bila Anda ingin menjadi mentor anak, akseslah kolom "Learn" untuk mendaftarkan diri dan mendapat akses pada modul-modul online untuk melayani anak-anak sesuai kurikulum Alongsiders. Materi modul ini juga telah tersedia dalam bahasa Indonesia di bagian "Indonesia Academy". Akhir kata, jangan biarkan perasaan kesepian dan tersisih menghinggapi kita, tetapi mari kita bangun generasi kita dengan kepedulian dan memuaskan hasrat mereka dengan kebenaran firman Tuhan. Terpujilah Tuhan! (Amidya)

4. Open Doors Indonesia: https://www.opendoorsindonesia.org/

Situs Open Doors Indonesia adalah sebuah situs yang didirikan untuk menginformasikan pelayanan Open Doors. Yayasan Open Doors (OD) melayani dalam usaha misi bagi negara-negara yang secara khusus berada di jendela 10/40. Situs ini memiliki 5 fitur utama, yaitu mengenai Open Doors, berita gereja yang teraniaya, gereja yang teraniaya, berdoa, dan memberi. Fitur "berita gereja yang teraniaya" menyajikan informasi terbaru mengenai gereja yang teraniaya di berbagai penjuru dunia. Fitur "gereja yang teraniaya", kita bisa mendapatkan informasi mengenai profil negara, 60 tahun pelayanan OD di berbagai negara, dan 10 posisi teratas World Watch List (WWL). Dalam fitur "berdoa", disajikan kalender doa selama 1 tahun, dan kita bisa mendonasikan persembahan kasih untuk mendukung pelayanan Open Doors melalui fitur "memberi". Setiap fitur mudah diakses dan menarik kita untuk berinteraksi lebih lanjut dengan pelayanan OD. Sayang, tampilan situs ini masih belum responsif sehingga hanya terlihat nyaman pada layar komputer desktop, tetapi tidak pada smartphone maupun tablet. Mari kita mengambil waktu bermisi melalui doa kita, dengan mendoakan gereja-gereja yang teraniaya. Selamat menjelajah situs Open Doors Indonesia. (Amidya)

5. Global Networks Recordings (GRN): http://globalrecordings.net/id/id

Kabar Baik bagi tiap suku bangsa dan bahasa melalui bahan-bahan yang mendukung pelayanan misi. Situs ini menyediakan bahan audio visual untuk pengabaran Injil dan pemuridan yang ditujukan untuk menjangkau kelompok-kelompok bahasa minoritas di dunia -- Sejak dimulai pada tahun 1939, pelayanan GRN sudah menghasilkan rekaman Injil sekitar 6.000 bahasa, termasuk berbagai bahasa suku dan daerah di Indonesia, seperti bahasa Asmat, Badui, atau Dayak. Tidak hanya menyediakan rekaman, situs ini juga menyediakan berbagai artikel, video, dan berita tentang pelayanan misi GRN di berbagai belahan dunia, khususnya di wilayah-wilayah terpencil. Anda pun bisa turut berpartisipasi dalam pelayanan ini melalui berbagai program misi jangka pendek, baik untuk 7 hari, 30 hari, dan lain-lain. Situs ini memiliki desain dan pengaturan yang dinamis. Dengan tampilan responsif, situs ini mudah diakses dengan berbagai perangkat, baik komputer, tablet maupun smartphone. Konten dalam situs ini pun dapat dilihat dalam berbagai pilihan bahasa, seperti bahasa Inggris, Indonesia, Mandarin, Mexico, dan masih banyak lagi. Selamat berjelajah dan menemukan ladang pelayanan Anda. (Ayub)

6. Mahasiswa Keren: http://mahasiswakeren.com

Situs ini adalah bagian dari pelayanan yang dikerjakan oleh Lembaga Pelayanan Mahasiswa Indonesia (LPMI), lembaga Kristen interdenominasi yang memfokuskan diri pada pelayanan mahasiswa. Isinya dirancang sebagai alat untuk menolong para mahasiwa yang ingin mengenal Tuhan melalui jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang biasanya ditanyakan oleh mereka yang baru menerima Kristus. Contohnya: "Apakah Tuhan itu ada?" "Apakah tujuan hidup saya?" "Mengapa Saudara dapat memercayai Alkitab?" dan sebagainya. Di dalamnya terdapat artikel-artikel, berbagai video kesaksian, dan forum tanya-jawab yang akan menuntun pembaca yang awalnya tidak memahami arti Tuhan dan keselamatan hingga bisa mengenal Tuhan dan menerima keselamatan serta memiliki hubungan pribadi bersama Tuhan. Selain itu, tersedia juga menu "Pertanyaan?" di mana kita dapat mengirimkan pertanyaan yang berhubungan dengan Tuhan yang belum tersedia jawabannya di situs tersebut melalui email kepada Admin situs. Bawalah pemuda-pemudi di sekitar Anda untuk mengenal Tuhan melalui situs Mahasiswa Keren. (Hilda)

7. Perkantas: http://perkantas.net

Perkantas (Persekutuan Kristen Antar Universitas) adalah pelayanan pemuridan bagi mahasiswa untuk membuat mereka mengenal Tuhan Yesus dan menjalankan iman mereka secara kontekstual, baik dalam perkataan atau perbuatan. Situs Perkantas ini mewadahi kebutuhan, baik bagi anggota dan nonanggota Perkantas. Bagi anggota Perkantas, situs ini menyediakan pengisian data alumni, agenda acara Perkantas secara nasional (cth. pertemuan, seminar, acara HUT), dan publikasi Perkantas News sebagai media internal; fitur-fitur ini memudahkan mereka untuk mengikuti perkembangan terbaru di Perkantas. Bagi nonanggota, khususnya masyarakat Kristen Indonesia, Anda akan menemukan berbagai tulisan, presentasi, dan referensi informasi pelayanan yang menumbuhkan kerohanian Anda, khususnya dalam bidang pemuridan dan pengajaran. Di sini, Anda dapat mengeksplorasi tulisan dan presentasi Kristen yang menanggapi zaman, seperti pemberkatan nikah LGBT, peristiwa kebangkitan Yesus dari kacamata nonrohani, atau semangat nasionalisme. Jika Anda ingin tahu lebih atau melibatkan diri dalam pelayanan ini, Anda dapat menghubungi Perkantas via email atau form dalam situs ini. Akhir kata, situs Perkantas adalah referensi yang kaya bagi Anda yang melakukan pelayanan pemuda, mahasiswa, medis, dan literatur, sekaligus pintu masuk menuju pelayanan yang akan membesarkan generasi muda penerus gereja. Selamat menikmati! (Jono)

Tanggal akses: 2 Mei 2016

* Catatan Redaksi: Karena dunia internet adalah dunia dinamis yang terus-menerus berubah, informasi ulasan situs, blog, forum, milis, dan Facebook di ICW adalah akurat sesuai dengan yang kami lihat pada saat kami menuliskan ulasannya.

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2017
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org