Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Situs-Situs Forum Diskusi

Tanggal: 2015-08-03
Kategori: Ulasan
  1. Forum Iman Kristen: http://forumimankristen.com/index.php?board=9.0

  2. Forum Iman Kristen (FIK) merupakan sebuah forum dalam dunia maya yang diperuntukkan khusus bagi kaum Trinitarian dan kristiani dalam berdiskusi dan bertanya jawab tentang topik-topik seputar iman Kristen. Apakah khusus hanya untuk kaum Trinitarian dan kristiani? Ya, sebab dalam bagian Forum Rules atau aturan diskusi, jelas dinyatakan bahwa Non-Trinitarian dan Non-Kristen dilarang memosting di board tersebut. Sesuai namanya, forum ini tentu saja bukan ditujukan untuk menjadi forum komunikasi dan diskusi antariman yang akan membuka perdebatan lebih luas dan lebar, melainkan hanya terbatas bagi kalangan Katolik serta Protestan saja. Menilik beberapa isi diskusinya, FIK ternyata menjadi ruang dialog yang sehat bagi para anggotanya. Tidak ada hujatan, umpatan, atau kata-kata yang tidak etis yang diposting sebagai komentar atau replies, melainkan saling melontarkan pendapat dan pengetahuan imannya secara dewasa dan sehat. Tentu saja, peran moderator sangat signifikan dalam mengedit postingan atau komentar-komentar yang dilayangkan. Namun, secara keseluruhan, FIK dapat menjadi salah satu acuan forum diskusi yang patut untuk dikunjungi bagi Anda, orang-orang Kristen yang senang berdiskusi dan bertukar pendapat. Ingin tahu lebih lanjut mengenai isi diskusi dan berbagai komentar dari topik, "Alasan Reformed dan Prostestan bersolascriptura", "Teori Kemakmuran", atau "Predestinasi"? Silakan kunjungi Forum Iman Kristen di http://forumimankristen.com/index.php?board=9.0, dan jangan lupa untuk melihat aturan main dalam forum diskusi ini dengan mengeklik Forum Rules. (N. Risanti)

  3. Forum Kristen Menjawab: http://www.forumkristenmenjawab.com/

  4. Dilihat dari slogannya, "Menemukan Kristus Sebenarnya", Forum Kristen Menjawab terlihat sebagai media yang menjadi ruang pengajaran dengan berpusat pada Kristus. Namun, ternyata forum ini tidak hanya dikhususkan menjadi ruang bagi teologi dan iman Kristen, melainkan juga menjadi media untuk beberapa topik dan informasi umum. Terbagi dalam enam bagian, yaitu Informasi Umum, Pusat Pembelajaran Online, Ruang Diskusi dan Debat, Ruang Santai dan Hiburan, Tempat Arsip dan Lainnya, serta Statistik Board, forum ini cukup memiliki pengategorian yang rapi untuk ditelusuri oleh para pengunjungnya. Setiap bagian kemudian masih terdiri atas beberapa topik dan ulasan, yang dapat dipilih sendiri oleh pengunjung. Anda dapat ikut meramaikan diskusi, membaca renungan, mencari berbagai topik artikel, bahkan memosting sesuatu di forum ini atau mencari informasi lowongan kerja dan kerja sama. Terhubung dengan jaringan sosial seperti Twitter, Facebook, dan YouTube, membuat setiap anggota forum dapat log in ke dalam forum ini melalui akun media sosial mereka masing-masing. Untuk mengetahui lebih banyak mengenai Forum Kristen Menjawab, silakan berkunjung ke: http://www.forumkristenmenjawab.com/ (N. Risanti)

  5. Sarapan Pagi Biblika: http://www.sarapanpagi.org/

  6. Sarapan Pagi Biblika merupakan forum diskusi Kristen yang memiliki 5 bagian utama untuk dipilih pengunjungnya. Belajar Alkitab, Bunga Rampai Gereja Kristen, Apologetik dan Tanggapan Atas Tuduhan, Forum Terbuka, dan Trash Bin. Forum ini bersifat terbuka bagi semua orang, dengan tersedianya menu Forum Terbuka yang memberi wadah bagi mereka yang nonkristiani untuk bertanya, memberi kritik, bahkan mengungkapkan ketidaksetujuan mereka atas iman Kristen. Seperti forum-forum diskusi lainnya, ada aturan main yang diterapkan kepada anggotanya, yang disebut Netiket atau etika berinternet dan etika berdiskusi. Netiket ini terdapat di bagian teratas dalam halaman forum dan mesti mendapat perhatian dari anggota jika tidak ingin postingan mereka berakhir di Trash Bin. Keistimewaan forum ini sendiri terdapat dalam bagian kategori Belajar Alkitab yang menyediakan berbagai topik pengajaran dan dogma pengajaran Kristen seperti kristologi, keselamatan, eskatologi, Roh, Alkitab, dsb.. Dengan menjadi anggota, Anda dapat ikut berdiskusi, curhat, mengajukan permohonan doa, mencari informasi tentang berbagai kegiatan, sekolah teologi, KKR, seminar, atau sekadar nimbrung di bagian bincang-bincang yang bersifat umum. Jika Anda tertarik untuk melihat-lihat atau bahkan menjadi anggota dari Sarapan Pagi Biblika, silakan klik: http://www.sarapanpagi.org/. Kiranya ada banyak berkat yang bisa Anda dapatkan dari sana. (N. Risanti)

  7. Indonesian Christian Network of Networks: http://www.in-christ.net/forum/

  8. Forum In-Christ.net adalah salah satu situs forum diskusi yang merupakan bagian dari situs Indonesian Christian Network of Networks, situs yang dikelola oleh Yayasan Lembaga SABDA. Thread pembahasan dalam situs ini dikelompokkan ke dalam kategori-kategori untuk memudahkan pengguna dalam menemukan topik yang sesuai dengan yang dikehendaki. Kategori-kategori yang dimaksud antaranya: Situs In-Christ.net, Komunitas SABDA, Komunitas Umum, Komunitas Khusus, dan Lain-lain. Kategori yang pertama berisi seputar situs forum diskusi ini sendiri, seperti: panduan dan peraturan forum, diskusi masalah teknis dalam situs, kritik dan saran, dll.. Untuk kategori Komunitas SABDA, topik-topik yang dibahas di antaranya tentang SABDA Software, SABDA Audio, SABDA Space, dll.. Komunitas umum berisi topik-topik seperti kepenulisan, kepemimpinan, misi, dll., sedangkan Komunitas Khusus berisi topik-topik seperti Tentang YLSA dan Peserta & Alumni PESTA. Untuk topik-topik yang tidak termasuk dalam kategori-kategori yang sudah disebutkan di atas, akan dimasukkan dalam kategori Lain-Lain. Jika Anda berminat untuk bergabung dalam diskusi untuk topik tertentu di situs ini, silakan mengunjungi alamat yang sudah dicantumkan di atas. (Odysius)

  9. Kidung.com: http://www.kidung.com/forum/

  10. Situs Kidung.com adalah situs yang cukup terkenal di kalangan orang Kristen sebagai sumber untuk mencari lirik lagu pujian dan penyembahan rohani beserta kunci-kuncinya, baik untuk gitar maupun keyboard. Akan tetapi, mungkin hanya segelintir orang yang tahu bahwa situs ini juga memiliki forum diskusi untuk topik-topik tertentu yang berhubungan dengan pelayanan gerejawi. Pada halaman utama forum diskusi Kidung.com, Anda akan langsung disuguhkan dengan empat kategori untuk topik-topik yang dibahas dalam forum diskusi ini dan Anda bisa memilih salah satu yang sesuai dengan keperluan Anda. Empat kategori tersebut adalah kategori Lagu Rohani, Kesaksian, Pelayanan di Gereja, dan Forum Bebas. Jika Anda masuk ke dalam kategori Lagu Rohani, Anda akan menemukan berbagai topik untuk membahas lagu-lagu rohani terbaru, menanyakan notasi untuk lagu tertentu, dan topik-topik lain yang berhubungan dengan lagu-lagu rohani. Jika Anda masuk ke dalam kategori Kesaksian, Anda akan menemukan thread-thread untuk membahas topik-topik yang berhubungan dengan berbagai kesaksian tentang cinta kasih Tuhan yang begitu besar atas orang-orang yang beriman. Kategori Pelayanan di Gereja untuk saat ini masih kosong dan belum ada topik yang ditampilkan. Namun, jika Anda ingin memulai thread dengan topik yang berhubungan dengan pelayanan gerejawi, Anda sangat dianjurkan untuk melakukan hal tersebut. Kategori Forum bebas, sesuai dengan namanya, membahas tentang topik-topik yang tidak termasuk dalam pengelompokan kategori-kategori sebelumnya. Di sini, Anda akan menemukan topik-topik seperti pernikahan, bertahan dalam iman, bahasa roh, dll.. Jika Anda tertarik untuk masuk ke dalam forum diskusi ini, silakan mengunjungi situs Kidung.com. (Odysius)

  11. ForumKristen.com: http://forumkristen.com/

  12. Situs ForumKristen.com adalah situs forum diskusi yang dibangun secara khusus bagi masyarakat Kristen untuk dapat saling bertukar pikiran dan saling menguatkan satu dengan yang lain dalam iman kepada Tuhan Yesus Kristus. Sama seperti situs-situs forum diskusi yang lain, situs ini juga memiliki beberapa kelompok atau kategori untuk berbagai topik yang dibahas dalam forum-forum diskusinya. Pengelompokan berdasarkan kategori ini bertujuan agar pengguna bisa lebih dimudahkan dalam menavigasi situs dan berdiskusi. Kategori-kategori yang dimaksud antara lain: Komunitas, Forum Terbuka, Iman Kristen, Kehidupan Kristen, dan Lain-Lain. Dalam kategori Komunitas, Anda akan menemukan thread untuk informasi atau pengumuman yang berhubungan dengan internal situs. Terdapat juga kategori Forum Terbuka bagi orang-orang non-Kristen untuk ikut bergabung dalam diskusi seputar topik tertentu. Dua kategori berikutnya, Iman Kristen dan Kehidupan Kristen, berisi tentang topik-topik seputar kekristenan seperti pendalaman Alkitab, renungan, kesaksian, dll.. Namun, ada hal menarik yang membedakan situs ini dari situs-situs forum diskusi yang lain, yaitu ayat Alkitab hari ini yang di-"update" setiap hari dan bisa Anda baca pada halaman utama situs ini. Bagi Anda yang sedang mencari tempat untuk berdiskusi tentang topik tertentu seputar kekristenan, situs ini mungkin dapat menjadi salah satu referensi yang baik untuk Anda. Silakan mengunjungi situs ini. (Odysius)

  13. Situs Salib.net: http://salib.net/

  14. Situs Salib.net adalah sebuah situs yang berisi forum diskusi dan memiliki beberapa kategori dalam forum diskusi. Kategori forum diskusi dalam Salib.net antara lain: Mengenai Salib.net, Umum, Khusus, Kekristenan, Webmaster, Dunia Pekerjaan, Hobi, dan Refresing Yuk. Ketika menjelajah situs ini, memang pengguna akan melihat bahwa situs ini adalah situs Kristen. Akan tetapi, forum diskusi yang disajikan lebih banyak mengangkat topik-topik sekuler. Diskusi dalam Salib.net berjalan dengan cukup aktif, hanya forum kategori kekristenan dan kategori khusus saja yang berjalan kurang aktif. Salah satu kesulitan ketika mengunjungi situs ini adalah tidak adanya menu navigasi untuk Tentang Kami dan FAQ sehingga bagi pengguna baru yang ingin melihat profil situs ini tidak akan menemukannya. Akan tetapi, untuk bertanya seputar Salib.net, Anda dapat langsung mengirimkan pesan SMS ke nomor yang tertera di halaman situs Salib.net. (Amidya)

  15. Situs Ladang Tuhan Baru: http://ltb1.indonesianforum.net/

  16. Situs Ladang Tuhan Baru juga merupakan sebuah situs yang dipergunakan untuk berdiskusi. Situs ini memiliki empat forum diskusi, yaitu forum terbuka, forum kekristenan, forum media, dan forum diskusi umum. Salah satu kelemahan dari situs ini adalah tidak adanya informasi lengkap tentang pengelola situs. Situs ini juga tidak mencantumkan menu navigasi untuk FAQ dan Tentang Kami sehingga pengguna tentu akan bertanya siapa pengelola situs ini, apa visi dan misinya, dan pertanyaan-pertanyaan lain tentang situs ini. Tampilan dari situs Ladang Baru Tuhan juga praktis. Untuk membutuhkan bantuan, pengguna dapat langsung meninggalkan pesan di kotak bantuan atau mengirim SMS ke nomor yang sudah tertera di dalam situs tersebut. (Amidya)

  17. Ekaristi Dot Org: http://www.ekaristi.org/forum/

  18. Situs Ekaristi Dot Org adalah sebuah situs yang menyediakan sarana pastoral dan informasi Katolik di dunia maya. Melalui situs ini, pengunjung bisa berinteraksi, berdiskusi, dan berkomunikasi mengenai pendalaman iman untuk menambahkan wawasan kepada umat kristiani agar semakin dekat dengan Tuhan dan sesamanya. Topik-topik diskusi telah disediakan dalam halaman forum ini sehingga memudahkan pengunjung dalam berdiskusi. Forum ini dibagi menjadi dua, yaitu diskusi terbuka yang bisa dilihat oleh siapa saja dan diskusi tertutup yang hanya bisa dilihat oleh anggota saja. Selain untuk berdiskusi, halaman ini juga menyajikan film-film yang berhubungan dengan ekaristi. Silakan berpartisipasi dalam diskusi ini dan jadilah berkat bagi orang lain. (Gunung)

    Tanggal akses: 28 Mei 2015

    * Catatan Redaksi: Karena dunia internet adalah dunia dinamis yang terus-menerus berubah, informasi ulasan situs, blog, forum, milis, dan Facebook di ICW adalah akurat sesuai dengan yang kami lihat pada saat kami menuliskan ulasannya.

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org