Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Publikasi Elektronik YLSA

Tanggal: 2012-07-09
Kategori: Teknologi

Ditulis oleh: Gunung Yudi P dan Kusuma Negara

Kita semua tentu sudah tidak asing lagi dengan buku elektronik atau buku digital, yang bisa kita jumpai dalam format teks, pdf, maupun html. Buku elektronik hanyalah satu dari jenis publikasi elektronik. Masih banyak jenis publikasi elektronik lainnya yang dapat Anda peroleh secara digital, antara lain majalah elektronik, surat kabar elektronik, jurnal elektronik, artikel elektronik, bahkan edisi ICW yang sedang Anda baca saat ini pun merupakan publikasi elektronik ("e-publication") yang diterbitkan oleh Yayasan Lembaga SABDA (YLSA).

Menerbitkan publikasi elektronik memang relatif lebih mudah dan murah dibanding penerbitan cetak, karena tidak perlu mengeluarkan biaya cetak dan distribusi, sehingga seluruh publikasi elektronik YLSA dapat diperoleh secara gratis melalui e-mail maupun melalui situs arsip publikasi YLSA (http://sabda.org/publikasi). Sejak 1998 hingga saat ini, YLSA telah menerbitkan 24 publikasi elektronik yang meliputi berbagai bidang pelayanan Kristen, 20 di antaranya masih berjalan, dengan total edisi lebih dari 15.000 edisi. Selain dari segi biaya dan kemudahan distribusi, kelebihan lain dari publikasi elektronik dibanding dengan publikasi cetak adalah dapat digandakan dengan sangat cepat dan praktis, sehingga publikasi-publikasi YLSA dapat mencapai lebih dari jumlah pelanggan resminya yang berjumlah hampir 70.000. Sebagian atau keseluruhan publikasi YLSA banyak pula yang disebarkan ulang melalui milis-milis, disebarkan dari email ke email, ataupun ke media sosial yang lain, maupun dicetak di dalam warta gereja dan penerbitan Kristen lainnya -- belum terhitung para pengunjung situs-situs YLSA yang membaca langsung melalui web (daftar situs YLSA dapat dilihat di http://sabda.org/katalog). Kelebihan lainnya menerbitkan secara elektronik adalah dengan bantuan teknologi, isi publikasi tersebut dapat dengan mudah dicari isinya, diubah tampilannya, diperbesar hurufnya, diterjemahkan ke dalam bahasa lain, bahkan dibacakan oleh komputer.

Kini, seluruh publikasi elektronik yang diterbitkan oleh YLSA pun sudah dapat dinikmati dalam bentuk buku digital, yang disusun per tahun untuk tiap-tiap publikasi. Format yang digunakan adalah PDF karena keuntungannya antara lain adalah sifatnya yang universal dan dapat dibuka di hampir semua piranti, serta memberikan kelebihan dalam hal format siap cetak. Selain itu, terdapat fitur pencarian, daftar isi, indeks, pranala luar, dan juga multimedia. Untuk mendapatkan publikasi elektronik yang telah dibukukan tersebut, Anda hanya perlu mengunjungi situs publikasi SABDA, kemudian pilih menu "Download". Setelah itu, akan muncul gambar buku-buku dari publikasi elektronik. Untuk melakukan download, Anda tinggal klik kanan pada edisi yang Anda inginkan, lalu pilih "Save Link As". Sama halnya dengan publikasi elektronik YLSA, buku digital ini pun bebas dibagikan kepada orang lain maupun digunakan untuk keperluan pelayanan. Satu-satunya hal yang perlu diingat adalah bahwa setiap penggunaannya wajib untuk mencantumkan sumbernya sesuai dengan format pengutipan umum yang berlaku.

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org