Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Pemilu & Internet

Tanggal: 1999-05-25
Kategori: Infonet

Pemilu 1999 merupakan Pemilu tercanggih selama Orde Baru. Beberapa partai tidak segan-segan menggunakan teknologi internet sebagai sarana untuk memperkenalkan program-programnya. Beberapa partai menggunakan server gratis yang mudah didapatkan dalam internet, seperti geocities, xoom, ataupun tripod. Bila anda tidak mau repot-repot untuk mengunjungi alamat Situs Web masing-masing partai, silakan langsung menjelajahi alamat:

http://www.deck.com/people/pages/contact/

Dari alamat ini anda bisa akses hampir ke semua Situs partai karena tersedia link ke alamat-alamat Situs Partai yang ada. Dalam homepage setiap partai, anda dapat jumpai segala macam informasi program dari partai tersebut. Selain itu, ada juga partai yang menyediakan formulir pendaftaran sehingga orang yang berminat pada partai tersebut dapat mendaftar secara online.

Ternyata tidak hanya parta-partai saja yang menggunakan internet. Dalam upaya mewujudkan Pemilu yang jujur, adil serta transparan maka KPU (Komisi Pemilihan Umum) melakukan sebuah terobosan baru. Masyarakat dapat mengakses penghitungan suara hasil Pemilu lewat internet pada Situs KPU di alamat:

http://www.kpu.go.id/

Selain itu, KPU juga sudah mempersiapkan jaringan komputer untuk penghitungan suara. Untuk itu KPU bekerja sama dengan konsorsium perbankan. Jaringan komputer perbankan dianggap cukup aman dan handal untuk transmisi data hasil perhitungan suara. Akan ada tujuh bank pemerintah dan satu bank swasta yang diharapkan turut membantu. Caranya: data-data yang didapatkan dari tiap-tiap TPS akan dikirim secara manual ke Daerah Tingkat II (Dati II). Di 327 Dati II itulah data mulai ditransmisikan melalui jaringan komputer bank.

Selama ini, KPU berupaya keras untuk mewujudkan Pemilu yang 'jur-dil'. Karena itu, KPU memanfaatkan seluruh sarana dan prasarana yang ada untuk mendukung kegiatannya, termasuk fasilitas komputer dan internet.

Akankah PEMILU saat ini 'jur-dil'? Kita tunggu saja Hari-H-nya. /vi

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org