Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Memanfaatkan Internet dan Multimedia dengan Benar dan Bertanggung Jawab

Tanggal: 2011-08-22
Kategori: Multimedia
Ditulis oleh: Yulia Oeniyati

Pendahuluan

Teknologi telah menjadi kebutuhan manusia modern yang tak tergantikan, karena manusia modern, secara praktis tidak lagi dapat hidup tanpa teknologi. Dalam banyak hal, memang terbukti bahwa teknologi telah merevolusi gaya hidup manusia menjadi lebih mudah, efisien, efektif, dan nyaman.

Teknologi Informasi

Di antara berbagai jenis teknologi yang berkembang saat ini, teknologi informasi telah menjadi teknologi yang paling populer dan dipentingkan. Namun pertanyaannya, apakah orang Kristen boleh memakai IT? Ada empat tanggapan yang bisa diberikan:

  1. Orang Kristen dilarang memakai IT, karena IT adalah musuh dan lawan Tuhan, sehingga harus dihindari sejauh mungkin.

  2. Orang Kristen tidak boleh memakai IT, karena IT telah meracuni hidup manusia dan membuat manusia menganggapnya lebih penting daripada Tuhan.

  3. Orang Kristen tidak boleh memakai IT, karena IT telah dianggap sama dengan Tuhan. IT menjadi sesuatu yang disembah dan diagungkan, sehingga dapat menggantikan kebutuhan manusia akan Tuhan.

  4. Orang Kristen boleh memakai IT, karena IT dapat dipakai untuk memuliakan Tuhan.

Prinsip Dasar Alkitab

Berikut adalah prinsip-prinsip dasar Alkitab yang perlu kita perhatikan untuk menjadi pedoman dalam menggunakan IT.

1. "Man is created in the image of God" (Kejadian 1:26-27)

Manusia diciptakan Tuhan dengan segala kelebihannya, yaitu kepandaian dan kreativitas yang sempurna.

2. "Man has fallen to sin" (Roma 3:23)

Tapi karena setiap manusia telah jatuh dalam dosa, maka manusia tidak lagi dapat menilai apa yang baik dan benar menurut standar Allah. Apa yang seharusnya baik telah dimanipulasi manusia untuk menjadi kepentingan kedagingan.

3. "Man in Christ is a new creation" (2 Korintus 5:17)

Atas anugerah Tuhan, manusia telah ditebus dan dijadikan ciptaan baru, yang sekali lagi diberikan kesempatan oleh Tuhan untuk melakukan apa yang baik dan berkenan kepada Allah.

Teknologi komputer dan internet adalah alat dan benda mati. Karena itu, komputer dan internet tidak memiliki nilai moral. Yang membuat alat tersebut baik atau tidak baik adalah manusia yang memakai dan menjalankannya. Jika pemakai komputer dan internet adalah seorang penjahat, komputer dan internet akan dipakai sebagai alat untuk melakukan kejahatan. Hasilnya adalah tindak kejahatan.

Sebaliknya, jika komputer dan internet dipakai oleh seorang anak Tuhan yang mengasihi Tuhan dan sesama, hasilnya adalah sesuatu yang berguna dan memuliakan nama Tuhan.

Kesimpulan

Prinsip-prinsip hidup yang harus dimiliki oleh seorang Kristen ketika memanfaatkan IT adalah:

1. Lakukan semuanya untuk kemuliaan Tuhan.

Tanyakan pada diri sendiri: Apakah yang saya lakukan ini akan menjadi sesuatu yang memuliakan nama Tuhan atau memalukan nama Tuhan? Kalau akan memalukan nama Tuhan, jangan lakukan.

2. Lakukan segala sesuatu demi kebaikan umat manusia.

Tanyakan pada diri sendiri: Apakah yang saya lakukan ini akan menjadi sesuatu yang berguna dan bermanfaat bagi orang lain dan diri sendiri? Kalau ternyata hasilnya justru akan merugikan orang lain atau diri sendiri, jangan lakukan.

3. Lakukan segala sesuatu untuk kemajuan pekabaran Injil.

Tanyakan pada diri sendiri: Apakah yang saya lakukan ini akan membawa kemajuan terhadap pekabaran Injil, sehingga lebih banyak orang mendengar kabar sukacita keselamatan Yesus Kristus? Jika ya, lakukanlah dengan seefisien dan seefektif mungkin.

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org