Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Tumblr

Tanggal: 2011-01-17
Kategori: Infonet

Tumblr adalah sebuah layanan mikroblog gratis yang mengizinkan penggunanya untuk mengirim tidak hanya tulisan, tetapi juga foto, kutipan, video, chat, audio, dan link. Perbedaan Tumblr dengan penyedia layanan blog lainnya seperti Wordpress dan Blogger adalah kemudahan yang ditawarkan oleh Tumblr bagi seseorang yang akan mengirimkan blog mereka.

Mikroblog

Sejalan dengan konsep "mikroblog" yang pertama diusung oleh Twitter dan Facebook, Blog-blog Tumblr jauh lebih pendek daripada blog-blog pada umumnya, dan lebih dari separuhnya adalah gambar atau foto. Walaupun tidak dibatasi 140 karakter seperti Twitter, tulisan-tulisan yang dikirimkan oleh penggunanya rata-rata juga pendek. Hal ini mungkin disebabkan kecenderungan blogger remaja yang rata-rata juga adalah pengguna Twitter dan pemakai fitur SMS yang aktif. Oleh karena itu, jika blog diibaratkan seperti jurnal, maka Tumblelog (blog di Tumblr) diibaratkan seperti sebuah buku kenangan.

Sederhana dan Mudah Digunakan

Kekuatan Tumblr terletak pada kesederhanaannya. Pengguna tidak hanya dapat mengirim posting melalui situs web, yang memiliki tombol-tombol pintas untuk setiap jenis posting (teks, video, audio, foto, dll.), namun juga dapat melalui HP, email, dan berbagai cara lainnya.

Antarmuka situs ini sangat sederhana, sehingga situs ini menarik banyak orang yang tidak memiliki kemampuan teknis yang tinggi untuk mengoperasikan situs blog yang rumit. Selain itu, bagi orang-orang yang memiliki kemampuan teknis, situs yang sederhana ini pun menawarkan kepada mereka untuk melakukan personalisasi situs mereka.

Komunitas

Komunitas Desa Tumblr (Tumblrville) juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengguna situs ini. Sama seperti Twitter dan Facebook, para narablog bisa saling mengikuti (menjadi penggemar) satu sama lain, dan blog-blog Tumblrs yang mereka ikuti secara otomatis akan muncul di halaman utama mereka. Postingan blog-blog yang disukai oleh komunitas juga dapat diteruskan (re-blog atau blog ulang) seperti fitur re-tweet atau tweet ulang pada Twitter. Keinginan penulis agar blognya diteruskan oleh orang-orang lain inilah yang pada gilirannya memotivasi mereka untuk menulis atau mengirimkan gambar yang disukai komunitas, yang berkualitas dan yang pendek.

Kesuksesan dan Kegagalan

Hingga awal Januari 2011 ini, Tumblr masih sering mengalami masalah dengan servernya. Akibatnya, situs ini sering tidak bisa diakses ("down"). Salah satu penyebabnya adalah kesuksesannya sendiri. Tumblr mulai menarik perhatian sejak pertengahan tahun 2010 dan meroket tajam hingga hari ini. Hingga 7 Januari 2011, situs ini melaporkan telah mencapai jumlah 2,6 milyar posting (walaupun sebagian besar adalah re-blog dari para penggunanya) dan ada lebih dari 12 juta Tumblelog yang sudah dibuat.

Selain itu, sama seperti segala sesuatu yang baru, para pengguna internet dari Indonesia pun mulai meramaikan jagat Tumblr. Para pengguna dari Indonesia, yang sebelumnya sudah meramaikan Facebook dan Twitter, mulai menghabiskan waktu mereka di Tumblr yang memberikan kemudahan posting gambar yang tidak dimiliki Twitter, dan lebih mudah digunakan daripada Facebook. Apakah Tumblr akan mampu menyaingi kedua jejaring sosial terpopuler tersebut? Belum dapat dipastikan. Media aras utama masih jarang menyinggung situs ini, dan penyedia jasa layanan telepon pun masih belum menjadikan Tumblr sebagai salah satu nilai jual sebuah produk HP, yang mendampingi Facebook, Twitter, dan Youtube.

Twttr mengganti namanya menjadi Twitter sebelum akhirnya menjadi fenomena global. Mungkin Tumblr juga perlu mengikuti jejak Twitter dan mengubah namanya menjadi Tumbler.

==> http://www.tumblr.com

Sumber bacaan:

  1. ___. 2011. "About Tumblr". Dalam http://www.tumblr.com/about (diakses pada Januari 19, 2011)

  2. Shafrir, Doree. 2008. "Would You Take a Tumblr With This Man?". Dalam http://www.observer.com/2008/ (diakses pada Januari 19, 2011)

  3. Schonfeld, Erick. 2010. "Why All The Interest In Tumblr? Try 1,540 Percent Pageview Growth". Dalam http://techcrunch.com/2010/11/12/ (diakses pada Januari 19, 2011)

  4. Para kontributor Wikipedia, "Tumblr," Wikipedia. Dalam http://id.wikipedia.org/ (diakses pada Januari 19, 2011).

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org