Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

OpenID: Identitas Digital di Dunia Maya

Tanggal: 2010-12-06
Kategori: Infonet

OpenID adalah layanan yang memungkinkan kita untuk log masuk ke berbagai situs hanya dengan satu identitas digital (ID) yang sama. Misalkan kita memiliki berbagai ID di internet, satu untuk email, satu untuk Facebook, dan beberapa ID lainnya yang tersebar di berbagai forum diskusi, blog, dan lain-lain. OpenID ini memungkinkan kita untuk memiliki ID tunggal sehingga Anda tidak perlu mendaftar dengan nama yang berbeda-beda di setiap situs yang Anda kunjungi.

Pertama kali OpenID digagas dan diterapkan oleh Brad Fitzpatrick dari situs blog LiveJournal pada tahun 2005. Perlahan-lahan gagasan ini mulai diadopsi oleh situs-situs besar lainnya, dan saat ini sudah diimplementasikan di situs Google, Yahoo, Wordpress, dan yang terakhir ini adalah Facebook.

Cara Kerja

Pertama-tama kita perlu membuat satu akun dulu di situs-situs yang mendukung OpenID, seperti MyOpenID < http://myopenid.com >. Kemudian di situs-situs yang mendukung untuk log masuk dengan OpenID kita tidak perlu mengingat-ingat nama pengguna dan kata sandi untuk situs-situs tersebut, kita cukup memasukkan ID yang kita buat menggunakan OpenID, dan selama kita sudah terhubung dengan OpenID, maka kita bisa terhubung juga dengan situs-situs lainnya.

Keuntungan

Teknologi situs web sekarang mulai beralih menjadi lebih terintegrasi; yang dulunya masing-masing situs hanya berfokus pada situs mereka masing-masing, sekarang seseorang yang menjelajahi dunia maya dapat terhubung ke berbagai situs hanya dengan menggunakan satu ID.

OpenID hanyalah salah satu dari beberapa alternatif teknologi identitas digital, namun hanya OpenID yang terus mendapatkan dukungan dari berbagai pelaku teknologi karena dua hal:

  • OpenID merupakan sistem yang sepenuhnya terdesentralisasi, artinya, tidak ada satu pihak yang "menguasai" teknologi terbuka ini.
  • Struktur OpenID jauh lebih ringan dari alternatif-alternatif yang lain.

Selain itu banyaknya jumlah situs yang mendukung OpenID berarti teknologi ini tidak bergantung pada satu situs tertentu. Mudah bagi kita untuk pindah ke penyedia OpenID yang lain untuk situasi-situasi apa pun, misalnya jika situs penyedia OpenID yang kita gunakan tiba-tiba gulung tikar.

Dari sudut pandang para pemrogram, teknologi ini juga sangat mendukung inovasi dan kreativitas. Siapa pun yang ingin menulis kode untuk membuat teknologi ini semakin baik, dapat melakukannya dengan cara relatif mudah.

Dari kacamata operator situs dan bisnis online, mereka dapat mempermudah proses pendaftaran pengguna baru, yang selama ini selalu menjadi penghalang untuk menggaet orang-orang baru untuk bergabung dengan situs mereka. Teknologi ini juga mengizinkan mereka -- dengan persetujuan masing-masing pengguna -- untuk menarget mereka dengan lebih personal, sesuai dengan informasi yang disediakan oleh identitas global mereka. Yang terpenting, mereka dapat mengurangi risiko pencurian identitas, karena informasi yang disediakan melalui OpenID tidak disimpan oleh situs yang bersangkutan, sehingga tidak bisa hilang atau dicuri.

Pada akhirnya, yang mendapat keuntungan terbesar dari teknologi ini tidak lain adalah para pengguna internet sendiri. Mereka mendapatkan kemampuan untuk mengontrol identitas digital mereka, informasi mereka lebih aman, pengalaman mereka berselancar di dunia maya menjadi lebih nyaman (karena hanya perlu mengingat satu ID), dan yang terakhir, pengalaman mereka akan lebih personal, karena situs-situs dapat memanfaatkan informasi yang sudah tersedia.

Diterjemahkan dan disarikan dari:

Judul artikel: Why Should I Use OpenID?
Nama situs: OpenID Explained
Penulis: Omer Bar-Or dan Benjamin Thomas
Alamat URL: http://openidexplained.com/
Judul artikel: The case for OpenID
Nama situs: ZDNet
Penulis: Phil Becker
Alamat URL: http://www.zdnet.com/
Tanggal: 4 Desember 2006
Tanggal akses: 4 Desember 2010
Judul artikel: OpenID
Nama situs: English Wikipedia
Penulis: Kontributor Wikipedia
Alamat URL: http://en.wikipedia.org/w/
Revisi terakhir: 2 Desember 2010
Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org