Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

FBML Untuk Halaman Penggemar Anda

Tanggal: 2010-11-01
Kategori: Infonet

Semakin maraknya penggunaan Facebook di seluruh dunia telah membuat para pengembang-pengembang aplikasi di Facebook semakin mengembangkan ide-ide mereka agar dapat membuat Facebook dapat lebih berguna, maka muncullah salah satunya FBML (Facebook Markup Language -- Bahasa Pemrograman Facebook).

Apa Itu FBML?

FBML secara garis besar adalah suatu teknik pemrograman yang dapat digunakan bagi pemrogram aplikasi untuk berinteraksi dengan Facebook mereka.

FBML banyak sekali digunakan para pengguna Facebook untuk menampilkan produk-produk, membuat tampilan Facebook menarik atau mungkin menampilkan sesuatu yang dapat membuat seseorang mengunjungi website mereka ke dalam Halaman Penggemar mereka.

Apa Kegunaan FBML?

Biasanya jika seorang pengunjung mengunjungi sebuah Halaman Penggemar, maka dia pertama-tama akan melihat halaman Dinding. Dengan menggunakan FBML, halaman yang pertama kali dilihat oleh pengunjung dapat Anda kustomisasi, baik dengan gambar, teks, maupun hal-hal lain yang menarik.

Bagaimana Cara Membuat FBML?

Untuk membuat halaman FBML caranya tidak terlalu sulit, namun membutuhkan pengetahuan di dalam menulis HTML. Jika Anda tidak menguasai HTML, mintalah tolong seseorang yang mengerti HTML untuk membantu Anda. Berikut langkah-langkah untuk memasang FBML di Halaman Penggemar Anda:

  1. Masuk log ke Facebook kemudian masuk ke Halaman Penggemar Anda.

  2. Pilih "Sunting Halaman" yang berada di sebelah kiri, di bawah foto profil.

  3. Pilih "Aplikasi". Kemudian, jika Anda belum pernah menambahkan FBML sebelumnya, pilih "Jelajahi aplikasi lainnya »" dan ikuti langkah-langkah di bawah. Jika Anda sudah menambahkan aplikasi FBML, langsung lanjutkan ke langkah 4.

    1. Ketikkan "Static FBML" pada kotak "Cari Aplikasi" di sebelah kiri atas, lalu tekan Enter.
    2. Pilih "Static FBML" (atau "FBML Statis", atau langsung saja salin alamat berikut: < http://www.facebook.com/apps/ >
    3. Pilih "Tambahkan ke Halaman saya" yang berada di sebelah kiri atas, di bawah logo profil. Setelah itu akan muncul sebuah kotak dialog.
    4. Tambahkan aplikasi ini ke halaman yang Anda inginkan dengan mengeklik tombol "Tambahkan ke Halaman" di kotak dialog yang muncul.
    5. Setelah itu masuk kembali ke Halaman Penggemar Anda.
  4. Pada FBML "Ke Aplikasi". Lalu isilah kolom "Judul Kotak" dan "FBML". "Judul Kotak" digunakan sebagai judul yang akan muncul di tab, sedangkan "FBML" merupakan konten dari halaman tersebut. Di sinilah Anda dituntut untuk mengetahui tentang HTML.

  5. Setelah selesai dengan isi FBML tersebut, klik "Simpan Perubahan". Anda sekarang dapat melihat hasilnya di salah satu tab. Ubah kode FBML-nya hingga dicapai tampilan yang diinginkan.

Terakhir, untuk menjadikan halaman FBML tersebut sebagai halaman yang pertama disinggahi pengunjung, maka masuklah ke "Kelola Izin" (masih di bagian "Sunting Halaman"), cari "Default Landing Tab", lalu pilih judul kotak FBML Anda. Pengunjung yang bukan merupakan penggemar sekarang akan melihat halaman FBML tersebut pada saat mereka mengunjungi Halaman Penggemar Anda. Mudah bukan?

Diambil dan disunting dari:

Nama situs: Pengenalan Programmer
Penulis: Rudy Hartanto
Alamat URL: http://justforremind.wordpress.com/2010/05/27/
Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org