Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Situs Kepemimpinan Kristen: Masih Langka!

Tanggal: 2009-08-24
Kategori: Web

Saya adalah Pimpinan Redaksi publikasi e-Leadership -- sebuah publikasi dwimingguan yang berisi bahan-bahan kepemimpinan Kristen. Sebagai pimpinan redaksi, salah satu tugas saya adalah mencari bahan-bahan kepemimpinan Kristen yang sesuai dengan tema yang sudah saya tetapkan sendiri sebelumnya. Dari mana saya biasanya mendapatkan bahan-bahan tersebut? Dari banyak sumber, dan salah satunya adalah internet.

Sering kali, saya mencari bahan-bahan kepemimpinan Kristen yang berbahasa Inggris. Namun terkadang, saya juga mencari bahan-bahan kepemimpinan Kristen yang berbahasa Indonesia. Tidak masalah mencari bahan kepemimpinan Kristen berbahasa Inggris. Mudah sekali. Tinggal masukkan saja kata "christian leadership" (atau variasi lainnya) di kotak pencarian Googgle, maka Anda akan mengalami seperti yang sering kali saya alami -- menemukan banyak sekali bahan dengan tema tersebut dari situs-situs yang berbeda. Situs-situs yang memuat bahan-bahan kepemimpinan Kristen dalam bahasa Inggris memang banyak sekali. Namun, hal sebaliknya terjadi saat saya mencari bahan-bahan kepemimpinan Kristen dalam bahasa Indonesia. Tidak banyak yang bisa saya dapatkan, bahkan bisa dikatakan sedikit sekali (apabila dibandingkan dengan banyaknya jumlah situs Kristen berbahasa Indonesia).

Selama Juli 2007 hingga sekarang mengasuh publikasi e-Leadership, saya lihat perkembangan (dalam hal jumlah) situs yang memuat khusus bidang kepemimpinan lambat sekali. Dulu, pada awal saya mengasuh publikasi ini, saya hanya dapat menemukan satu situs kepemimpinan Kristen berbahasa Indonesia yang saya rasa paling besar. Lainnya hampir tidak kelihatan. Situs itu adalah situs Indo Lead -- situs pendukung publikasi e-Leadership. Mungkin dengan mengatakan hal ini, Anda menganggap saya melakukan promosi. Ya, saya akui saya memang melakukan sesuatu yang berbau promosi, tapi saya mengatakan hal itu juga karena memang demikianlah faktanya.

Namun, beruntung kini kita dapat menemukan beberapa situs kepemimpinan Kristen berbahasa Indonesia. Sebut saja situs Dr. Yakob Tomatala, Excellent Leader, Daniel Ronda Ministries (yang ulasannya dapat Anda temukan di edisi ICW yang lalu), Indonesia Christian Leadership Blog, PERFECTS, dan Young Life Indonesia (yang dapat Anda temukan ulasannya di

http://www.in christ.net/links/topic/kepemimpinan).

Meskipun terbilang lambat dan masih kurang, saya rasa perkembangan itu menunjukkan sesuatu yang baik. Setidaknya, keberadaan situs-situs itu sudah menunjukkan bahwa ada juga orang-orang/pihak-pihak yang menunjukkan kepeduliannya dalam bidang kepemimpinan Kristen. Dan semoga, hal ini juga memicu orang-orang Kristen lain untuk melakukan hal yang serupa. Memberikan tempat khusus di dunia maya untuk bahan-bahan kepemimpinan Kristen, daripada hanya memberikannya sebagian kecil tempat dalam situs yang memuat berbagai bahan dengan topiknya yang berbeda (tidak hanya kepemimpinan).

Mengapa? Seperti yang Amsal 11:14 katakan, "Jikalau tidak ada pimpinan, jatuhlah bangsa, tetapi jikalau penasihat banyak, keselamatan ada", saya rasa bidang kepemimpinan Kristen sangat penting dan karenanya harus diberikan tempat tersendiri. Diharapkan, tempat-tempat tersendiri yang terwujud dalam bentuk situs-situs yang khusus memuat bahan-bahan kepemimpinan Kristen itu, dapat menjadi penolong, pelengkap, serta pembentuk para pemimpin/calon pemimpin agar memimpin sesuai dengan kehendak Allah, yang pada akhirnya membawa "keselamatan", entah itu di gereja, organisasi, perusahaan, dan di mana pun mereka berada.

Ditulis oleh: Dian Pradana

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org