Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Tiga Sesi dalam PA

Tanggal: 2009-02-23
Kategori: Other

Selain berperan penting untuk mengajak orang lain bergabung, anggota PA juga memegang peranan penting dalam sebuah PA. Jika seseorang berjanji kepada kita bahwa ia akan datang, lebih baik kita menawarkan diri untuk menjemputnya. Hal itu akan meminimalisir kemungkinan untuk ia berubah pikiran dan tidak jadi datang. Setiap orang harus hadir 10 menit sebelum PA dimulai. Saat Anda tiba di tempat PA diadakan, ingatlah bahwa PA memiliki tiga sesi. Ini akan menolong Anda untuk memahami apa yang harus dilakukan.

A. Pencairan Suasana/Icebreaking (sebelum PA)

Tahap pencairan suasana (icebreaking) berlangsung dari saat orang-orang datang sampai dengan PA dimulai. Bayangkan apa yang akan Anda rasakan sebagai tamu ketika masuk ke rumah yang belum Anda kenal untuk pertama kalinya dan melihat sekelompok orang yang semuanya duduk dengan tenang dan menatap Anda. Anda pasti merasa canggung dan asing. Pada saat itu, seorang tamu mungkin berkata dalam hati, "Mengapa saya bisa berada di sini?" Satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menciptakan suasana yang hangat, akrab, dan bersahabat. Beberapa petunjuk dasar bisa digunakan untuk menolong tamu merasa santai dan nyaman. Saya sarankan agar setiap orang tetap berdiri dan mengobrol dengan jemaat lainnya, khususnya dengan tamu. Bersemangatlah. Hasilnya terciptalah transisi yang halus saat Anda memulai PA. Jangan hanya berdiam diri dan terlihat bosan. Perlihatkanlah betapa bahagianya Anda berada di sana. Tamu pandatang akan merasakan perasaan para anggota. Apabila mereka merasa bahwa mereka baru saja masuk ke kamar mayat atau merasa terintimidasi di awal PA, kita akan semakin kesulitan mengajak mereka kembali mengikuti PA di kemudian hari. Pikirkan apa yang akan terjadi saat PA dimulai. Apakah setiap tamu memiliki Alkitab? Miliki setidaknya lima Alkitab ekstra yang siap guna. Apakah mereka bisa menemukan ayat Alkitab sendiri? Jika tidak, pastikan ada orang yang tepat untuk duduk di samping mereka dan menolongnya. Anggota PA bisa menemukan ayat di Alkitabnya dan kemudian menukarnya dengan Alkitab si tamu. Atau, mereka dapat menggunakan satu Alkitab. Mulailah PA tepat waktu!

B. Menumbuhkan Minat (selama PA)

Selama PA, hal yang paling penting adalah menumbuhkan minat dan memberi kesan yang menyenangkan agar anggota baru tertarik untuk mengikuti PA selanjutnya. Ingat, mereka datang karena Anda mempromosikan PA kepada mereka dengan berkata, "Kami mempraktikkan Alkitab dalam kehidupan kami dengan cara praktis; Anda pasti akan menikmati PA ini. Jika PA-nya tidak menyenangkan, Anda boleh tidak datang pada PA selanjutnya!" Anda mempromosikan PA dengan cara yang keliru. Salah satu tujuan PA adalah mengajak semua anggota baru berperan serta secara terbuka dengan memberikan komentar. Berikut adalah cara mudah untuk mengajak mereka menyampaikan pendapat di awal pertemuan. Jika topiknya berhubungan dengan mengatasi stres di tempat kerja (Keluaran 18:13-27), maka lontarkan pertanyaan pembuka seperti, "Apa yang akan Anda lakukan jika Anda diminta mengerjakan pekerjaan dua orang dan terus-menerus diserahi banyak pekerjaan?" Mintalah agar setiap orang yang hadir memperkenalkan diri dan memberikan jawaban mereka. Sebelum Anda meminta setiap orang memberi komentar, katakan kepada mereka untuk mengatakan "lewat" jika mereka tidak bisa memikirkan jawabannya atau tidak mau menjawab. Walaupun persiapan kerangka pelajaran guru itu penting, kehadiran para anggotalah yang menentukan PA akan berhasil atau tidak. Mereka bisa menyelamatkan kerangka pelajaran yang buruk atau bahkan merusak firman yang dari Tuhan! Mereka harus bekerja keras dalam berpartisipasi. Mereka adalah para guru pembantu!

C. Membangun Hubungan (Setelah PA)

Karena PA diadakan di rumah, sajian makanan dan minum ringan seusai PA adalah hal yang biasa. Waktu ini ditujukan untuk membangun hubungan dan memulai persahabatan. Sebelumnya, tunjuklah seseorang untuk menyiapkan dan menyajikan makanan dan minuman. Ini harus digilir. Selain itu, tunjuklah seseorang untuk menjadi pengasuh anak seandainya ada tamu yang mengajak anaknya. Para anggota harus membuat jadwal pengasuhan anak.

Segera seusai PA, para anggota harus mempersilakan tamu untuk menikmati makanan dan minuman yang tersedia. Biasanya, mereka tidak akan orang yang bertidak terlebih dahulu. Bicaralah kepada setiap tamu, namun juga beri kesempatan kepada anggota lain untuk menyapa mereka. Pastikan tamu tersebut tidak sendirian untuk jangka waktu yang lama. Para anggota, khususnya harus memerhatikan penggunaan waktu yang terlalu lama untuk membicarakan masalah pribadi dengan anggota yang lain. Para tamu akan merasa bahwa mereka tidak berada di tempat yang tepat jika mereka merasakan adanya kelompok-kelompok sosial. (t/Setya)

Diterjemahkan dari:

Nama situs: The Interactive Bible
Judul asli artikel: Evangelistic, Small-group Home
Bible Studies: Tips for success
Penulis: Steve Rudd
Alamat URL: http://www.bible.ca/
Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org