Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Menggunakaan Gmail dengan Cepat

Tanggal: 2006-05-02
Kategori: Email

Gmail merupakan fasiltas webmail gratis yang sangat luar biasa saat ini. Dengan penggabungan dua konsep komunikasi e-mail dan search engine yang merupakan spesialisasinya Google, Anda bisa menyimpan e-mail penting di dalamnya. Pada saat membutuhkan e-mail tersebut, Anda tinggal mencarinya dengan memasukkan kata kunci.

Layanan ini berani diberikan oleh Gmail karena didukung oleh kapasitasnya yang sangat besar. Menurut mereka, Anda bisa memiliki ukuran mailbox hingga sebesar 2,5 Gigabyte, yang disediakan dengan cuma-cuma. Bahkan mereka berjanji, bahwa selama mereka mampu, mereka akan menambah kapasitas tersebut seandainya mailbox Anda sudah melebihi kapasitas di atas.

Selain fasilitas di atas, ada satu lagi fasilitas yang cukup hebat bagi sebuah webmail gratisan, yaitu keyboard shorcut yang sangat membantu Anda dalam bekerja dan mengatur e-mail. Anda tidak perlu meraih mouse hanya untuk melakukan pekerjaan sederhana dalam Gmail.

Bagaimana mengaktifkan Fasilitas Shortcut? Jika dilihat sekilas, Anda tidak akan menemukan di mana fasilitas ini bisa diaktifkan. Untuk mengaktifkannya Anda harus login ke dalam mailbox Anda. Kemudian klik link Settings yang terdapat di bagian atas halaman Gmail. Pada opsi Keyboard shortcut, pilih opsi Keyboard shortcuts on. Setelah diaktifkan, geserlah ke bawah halaman dan klik tombol Save Changes. Semua pengaturan Anda akan tersimpan dan Anda pun dapat menggunakan fasilitas ini. Selanjutnya Anda bisa melihat petunjuk penggunaan shortcut keyboard yang sangat membantu Anda dalam mempraktikannya.

Bagaimana Mengatasi e-mail Spam dengan Shortcut?

Jika di dalam Inbox Anda penuh dengan banyak e-mail sampah, jangan kuatir. Anda bisa menggunakan shortcut key untuk menyortir dan menghapusnya dengan sangat cepat. Caranya tekanlah tombol 0 untuk membuka sebuah pesan atau conversation. Setelah terbuka, tekanlah tombol ! (tanda seru). Tujuannya adalah untuk menandai pesan tersebut sebagai sebuah pesan spam. Untuk menandai banyak e-mail sekaligus, tekanlah tombol Shift+1 (untuk membentuk tanda seru) kemudian dengan tangan kanan tekanlah terus tombol 0. Dengan waktu singkat semuanya lenyap dan masuk ke dalam folder Spam.

Bagaimana Karakteristik Addressing pada Gmail?

Sistem penulisan alamat pada Gmail juga terbilang cukup unik. Mungkin dengan menggunakan fasilitas unik ini pekerjaan Anda dapat lebih cepat diselesaikan dengan sangat efisien. Gmail memiliki fasilitas Plus Addressing dan filtering yang cukup unik. Fasilitas Plus addressing merupakan fasilitas Gmail yang memungkinkan Anda menggunakan komentar pada alamat e-mail Gmail Anda. Misalnya, Anda memiliki alamat e-mail <xyz(at)gmail.com>, Anda dapat menambahkan komentar dengan memberikan tanda plus (+) sebelum tanda at (@). Contohnya, Anda ingin membuat e-mail khusus untuk keperluan komunikasi dengan bagian gudang, berikan saja komentar pada e-mail Anda ini menjadi <xyz+gudang(at)gmail.com>. Untuk bagian accounting, berikan saja komentar <xyz+accounting(at)gmail.com>. Komentar gudang dan accounting tadi akan diabaikan pada saat pengiriman nanti. Jadi pada proses di mail server nanti, si pengirim akan tetap melakukan pengiriman ke alamat aslinya saja, yaitu <xyz(at)gmail.com>.

Tujuan dari adanya komentar ini adalah agar Anda dapat melakukan pemisahan e-mail untuk berbagai keperluan. Anda tidak perlu membuat account banyak-banyak, cukup satu saja, karena berbagai keperluan sudah bisa terpenuhi dengan mengandalkan komentar tersebut.

Membuat Filtering Tidaklah Sulit
Mulailah dengan mengklik link Create a Filter yang terletak pada bagian atas tampilan Gmail Anda. Setelah itu, masukkan parameter dan kondisi yang ingin difilter. Dalam contoh, kami masukkan parameter pada field To: sebuah email berisi alamat <xyz+gudang(at)gmail.com>. Setelah itu, klik tombol Next step maka akan muncul pengaturan kondisi berikutnya. Kondisinya kami buat agar semua e-mail yang ditujukan untuk xyz+gudang diberi tanda bintang. Setelah selesai, kliklah tombol Create filter. Filter Anda kini telah selesai dan mulai saat ini semua e-mail yang ditujukan untuk <xyz+gudang(at)gmailcom> akan diberi tanda bintang.

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org