Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Online Storage Media

Tanggal: 2006-02-24
Kategori: Web

Yang dimaksud dengan Online Storage Media adalah ruang penyimpanan yang ada di dalam Internet. Artinya untuk menyimpan dan mengambil file tersebut seseorang harus terhubung ke Internet, baik dengan mengakses sebuah halaman web tertentu ataupun melalui FTP server.

Data yang disimpan dapat berupa data apa saja, sama halnya dengan data yang biasa disimpan dalam sebuah hard disk, yang membedakan hanya cara penyimpanannya. Tempat data yang digunakan oleh perusahaan penyedia jasa penyimpanan tersebut tidak jauh berbeda dengan hard disk biasa. Namun, jumlahnya saja yang sangat besar dan dengan sistem proteksi yang sangat tinggi. Belum lagi sistem jaringan dan listrik yang sangat baik. Sebab penyedia jasa harus mampu berfungsi sebagai layaknya hard disk Anda yang dapat kapan saja Anda akses. Pelanggan tentu tidak akan suka jika storage server selalu mengalami gangguan atau datanya hilang dan rusak.

Storage server yang dimiliki oleh penyedia jasa juga tentu sangat cepat, seperti layaknya sebuah hard disk yang juga cepat dalam memberikan respon ke user-nya.

Manfaatnya

  1. Dengan sistem ini, menandakan di mana saja, selama Anda terhubung dengan Internet, Anda dapat mengambilnya kapan saja.
  2. Praktis dengan jaminan terhadap kerusakan data. Kita tidak perlu membawa data menggunakan media penyimpanan lain seperti di hard disk eksternal, dll. yang beresiko pada rusaknya data akibat gangguan fisik.
  3. Data juga akan lebih aman dari virus, ketimbang Anda menyimpan dalam hard disk atau media storage seperti USB flash disk, atau hard disk eksternal yang kini banyak dipergunakan untuk membawa data dalam perjalanan. Penyedia jasa ini biasanya juga menyediakan jaminan proteksi data terhadap virus.

Cara Kerjanya
Umumnya yang memilih jasa layanan Online Storage Media adalah kalangan yang akses Internet-nya cukup baik. Artinya, kecepatan tidak terlalu menjadi kendala. Sebab jika koneksi yang digunakan untuk mengakses Internet lamban, maka akan sia-sia bila Anda menyimpan data di dalamnya.

Untuk menunjang akses data tidak hanya kecepatan besar yang harus dimiliki baik Anda maupun penyedia jasa, bandwidth juga harus ikut dipertimbangkan. Oleh karenanya, sistem ini sangat cocok diterapkan pada jaringan broadband. Namun jika data yang diakses memang tidak terlalu besar, jaringan dengan line telepon biasa bisa saja menggunakannya.

Untuk mengakses data dapat dilakukan dengan dua cara, ada yang menawarkan melalui FTP (File Transfer Protocol) dan ada juga yang menawarkan akses data menggunakan web browser. Namun, ada juga yang menawarkan untuk dapat diakses dengan kedua cara tersebut. Sebelum proses upload dilakukan, terlebih dahulu user akan diminta untuk melakukan proses otoritasi terlebih dahulu untuk jaminan keamanan.

Kemudian sebagai langkah berikutnya adalah proses upload atau download data. Proses ini sama saja caranya seperti Anda melakukan proses upload dan download file attachment yang ada pada e-mail. Dengan FTP, proses ini caranya mirip dengan proses pengiriman dan pengambilan file yang umumnya Anda lakukan.

Setelah selesai, maka user akan diminta untuk logout. Jangan sampai proses logout tidak dilakukan. Karena bila pintu akses masih terbuka, siapa saja yang menggunakan komputer bisa saja ikut mengakses data Anda.

Ada juga beberapa penyedia jasa online storage yang memberikan tambahan fitur. Misalnya, Anda tidak perlu melakukan akses data melalui web atau FTP, melainkan langsung pada komputer Anda seperti layaknya mengakses partisi lain. Hal ini selain membutuhkan koneksi Internet yang cepat juga membutuhkan aplikasi tambahan yang tentunya akan disediakan oleh penyedia jasa penyimpanannya tersebut.

Untuk dapat memiliki user name dan password, sebagian penyedia jasa ada yang menawarkannya secara cuma-cuma melalui proses registrasi, namun ada juga yang membutuhkan biaya tambahan menurut dari kapasitas yang ditawarkan. Umumnya yang disediakan secara cuma-cuma hanyalah ruang penyimpanan dengan kapasiatas 50 MB ke bawah, selebihnya Anda harus berlangganan. Biaya berlangganan sangat bervariasi, dan biasanya dilakukan secara bulanan atau tahunan.

Data yang disimpan dalam Online Storage Media ada dua macam. Yang pertama data back-up dan yang kedua adalah data yang paling aktual. Data aktual adalah data yang memang paling sering Anda pergunakan dalam waktu-waktu sekarang. Data ini tentu saja yang memang Anda butuhkan di lokasi-lokasi di mana Anda akan melakukan perjalanan. Dan sebaiknya memang seperti ini. Sebab jika data yang Anda simpan bukanlah data aktual, maka Anda sama saja membuang-buang ruang dengan percuma.

Sedangkan yang dimaksud dengan data back-up adalah data lama yang Anda simpan sebagi back-up. Tujuan dilakukan penyimpanan secara online adalah untuk menghindari media yang digunakan biasa untuk back-up rusak. Atau mungkin untuk memudahkan Anda mengakses data back-up itu sendiri bila sewaktu-waktu dalam perjalanan Anda membutuhkannya. Sebab tidak mungkin data back-up ini Anda bawa-bawa setiap waktu.

Salah satu jenis file yang paling banyak memakan ruang penyimpanan adalah file multimedia. Ruang 30 MB hanya akan mampu menampung enam sampai 10 lagu saja. Sedangkan jika isinya dokumen dapat menampung ratusan halaman. Oleh sebab itu, sebaiknya minimalkan data multimedia yang sifatnya hanya sebagai hiburan. Sebaliknya data multimedia yang berkaitan dengan pekerjaan, seperti hasil desain atau pengeditan menjadi lebih diutamakan.

Beberapa kekurangan yang dimiliki oleh jasa Online Storage Media

  1. Penggunaannya terbatas hanya 1 wilayah yang dijangkau oleh jaringan Internet.
  2. Akses data sangat terpengaruh oleh keterbatasan kemampuan bandwidth koneksi. Oleh sebab itu, dalam memilih media ini jangan lupa mempertimbangkan jaringan internet tempat di mana Anda tinggal dan ke mana Anda akan pergi.
  3. Sedangkan dari segi harga jenis media ini tergolong lebih mahal ketimbang media konvensional seperti CD, DVD, atau hard disk.

Beberapa penyedia Online Storage Media yang dapat Anda pertimbangkan

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2018
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org