Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Mengenal RSS

Tanggal: 2006-01-11
Kategori: Web

Di era teknologi informasi ini, arus berita mengalir begitu deras. Berbagai informasi baru pun muncul dengan begitu cepat. Dari berbagai media yang ada, internet menjadi salah satu media yang paling banyak digunakan untuk memberitakan berbagai informasi terkini. Oleh karena itulah banyak orang lebih memilih internet untuk mencari berbagai berita dan info terbaru mengenai banyak hal. Namun keharusan untuk akses ke internet, dan banyaknya situs alternatif yang bisa dipilih menjadikan kendala tersendiri. Untuk mengatasi masalah tersebut, di internet telah berkembang teknologi baru yang disebut RSS.

Apa itu RSS?

RSS (Really Simple Syndication) adalah suatu cara untuk mengambil berita-berita terbaru secara otomatis. Jadi sekarang kita tidak perlu lagi repot-repot mengunjungi beberapa situs untuk mendapatkan berita terbaru. Berita terbaru akan langsung tiba di komputer kita tanpa perlu mengunjungi satu situs pun.

Setelah sampai, berita tersebut dapat dibaca dengan cara yang sama seperti membaca email dengan Outlook atau Eudora.

Cara Menggunakan RSS

Lalu bagaimana cara menggunakan RSS? Berikut langkah-langkahnya:

1. Miliki dan install sebuah program RSS reader. Untuk membaca berita RSS (atau disebut juga RSS feed), diperlukan program RSS reader. Ada banyak RSS feeder yang tersedia, antara lain FeedReader (www.sharpreader.com), SharpReader (www.sharpreader.net), atau RSS Bandit (www.rssbandit.org). Program-program tersebut bisa di-download dan kemudian di-install di komputer kita.

2. Cari situs yang menyediakan RSS. Tidak semua situs menyediakan RSS, tapi untungnya banyak situs yang sudah menyediakan. Situs yang menyediakan RSS biasanya menampilkan sebuah kotak kecil dengan tulisan RSS atau XML. Situs-situs yang menyediakan RSS dapat dicari dengan menggunakan NewsGator (www.newsgator.com)

3. Copykan link RSS ke program RSS reader. Selanjutnya kita harus mengcopykan link RSS rader. Caranya klik kanan pada kotak kecil bertuliskan RSS atau XML, lalu pilih menu Copy Shortcut (untuk browser IE) atau Copy Link Location (untuk browser Firefox). Kemudian paste/copy-kan link tersebut ke program RSS reader Anda.

4. Klik tombol update (jika memakai program FeedReader) untuk mendapatkan berita baru. Biasanya program RSS reader akan melakukan update secara otomatis setiap jam.

Sekarang Anda bisa memperoleh berita terkini dari berbagai situs di internet dengan lebih mudah.

Bahan diedit dari sumber:
Judul Majalah : The Excelent Leader V.23
Judul Asli Artikel: Tetap Up-To-Date dengan RSS
Penulis : Donald Latumahina, S.Kom.
Halaman : 40 - 41

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2018
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org