Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Membangun Komunitas Online

Tanggal: 2005-02-21
Kategori: Web

Salah satu pertanyaan penting dalam edisi ini adalah bagaimana memulai suatu komunitas online atau bagaimana membangun suatu komunitas di dunia cyber. Hal ini bukanlah perkara yang sulit, tetapi juga bukan perkara yang mudah. Dianggap tidak sulit karena saat ini ada begitu banyak situs yang menyediakan layanan untuk membangun suatu komunitas online. Anda tinggal mengikuti petunjuk yang disediakan oleh situs-situs tersebut untuk mengaktifkan fasilitas yang Anda inginkan. Dengan memanfaatkan Yahoogroups, Anda dapat membuat sebuah mailing list diskusi dalam waktu kurang dari 5 menit. Namun juga bukan perkara yang mudah, apalagi jika berkaitan dengan menjalankan komunitas tersebut secara konsisten dan terarah atau juga untuk mengembangkan komunitas tersebut sesuai dengan tujuan yang Anda inginkan.

Berikut beberapa langkah sederhana yang dapat Anda lakukan untuk membangun dan mengembangkan suatu komunitas online.

1. Tentukan Fokus Komunitas

Menentukan fokus dari komunitas online yang akan Anda buat akan membantu Anda untuk mengembangkan komunitas ini dengan benar. Dengan adanya fokus, maka komunitas yang Anda buat akan memiliki suatu ciri khas. Ciri khas inilah yang kemudian akan mampu menarik lebih banyak anggota untuk berinteraksi. Tidak menutup kemungkinan jika komunitas yang Anda buat akan selalu direkomendasikan oleh semua orang yang setiap kali seseorang mencari komunitas tertentu.

Sebagai contoh bila saya bertanya kepada Anda, "Ada tidak situs yang menyediakan Alkitab online?" Beberapa dari Anda tentu akan menjawab, "coba buka SABDAweb, versinya lengkap, lho." Nah, dengan membuat fokus yang jelas untuk komunitas yang sedang Anda rancang inilah, maka komunitas tersebut nantinya bisa bernasib sama seperti SABDAweb alias selalu direkomendasikan oleh semua orang.

2. Pilih Model yang Sesuai

Model di sini dapat berupa "chatting", "milis diskusi", "forum diskusi", atau "portal". Setiap model memiliki keunggulan dan kelemahan. Portal merupakan model komunitas online yang paling lengkap karena setiap anggotanya bukan hanya dapat chatting, melainkan juga berdiskusi, berkirim pesan kepada anggota lain, dan tentunya mengirimkan artikel. Namun, portal bukanlah komunitas online yang sederhana, dan bagi sebagian orang, mengakses Situs Portal tidaklah secepat chatting melalui MIRC. Dalam hal ini, chatting merupakan sarana yang paling pas untuk interaksi secara langsung dengan mudah dan cepat.

Untuk memilih model, salah satu hal yang tidak boleh Anda lupakan ialah memperhatikan benar-benar model interaksi yang Anda gunakan, dan perhatikan juga kemampuan Anda. Jika Anda ingin membuat komunitas untuk kaum muda gereja Anda dan lebih mampu untuk membuat channel chatting dan milis, maka jangan memaksakan diri untuk membuat situs Portal. Apalagi, jika Anda tahu bahwa sebagian dari kaum muda tersebut lebih suka chatting daripada browsing.

3. Tentukan Hal-hal Mendasar

Hal-hal ini berdasarkan model komunitas yang Anda pilih. Jika Anda memilih membuat milis, maka tentukan nama, alamat, deskripsi, dan kategori milis tersebut. Dan, jika Anda menginginkan forum diskusi, maka Anda harus menentukan topik-topik yang ingin Anda tampilkan. Selain itu, menetapkan tampilan milis atau situs dan membuat logo komunitas juga merupakan hal yang harus Anda pikirkan.

4. Mulai Mengerjakan

Langkah berikutnya, yaitu mulai mengerjakan komunitas online yang telah direncanakan. Hal ini tidak begitu sulit, sebab ada banyak situs yang menyediakan layanan untuk membangun suatu komunitas online. Sebagian ada yang perlu di-download, kemudian di-upload di situs Anda sendiri, sebagian lagi dapat langsung Anda setting di situs tersebut. Jika Anda memilih yang terakhir, tentu saja Anda harus mengikuti aturan penamaan alamat dari situs tersebut dan rela komunitas Anda dipasangi iklan mereka. Berikut beberapa situs yang menyediakan layanan gratis untuk membangun komunitas online.

1. Milis atau Publikasi
Google Groups
==> http://groups-beta.google.com/

Yahoo Groups
==> http://groups.yahoo.com/

2. Forum Diskusi
PHPBB
==> http://www.phpbb.com/

Invision Board
==> http://www.invisionboard.com/

My Free Bulletin Board
==> http://www.myfreebulletinboard.com/

PHPBB Host
==> http://www.phpbb-host.com/

3. Portal
PHP Nuke
==> htpp://www.phpnuke.org/

Post Nuke
==> htpp://www.postnuke.com/

3. Mempromosikan Komunitas Online Anda

Setelah komunitas tersebut selesai dan dapat diakses secara online, mulailah untuk mempromosikan komunitas Anda. Promosi pertama biasanya dengan mengajak relasi kita untuk bergabung dan aktif pada komunitas yang telah kita buat. Setelah itu baru mempromosikan kepada orang lain. Promosi melalui media online dapat dilakukan dengan cara memasukkan alamat komunitas ke dalam situs direktori dan mesin pencari, buku tamu, atau situs iklan lainnya. Dapat juga mengirimkan pemberitahuan ke berbagai milis. Yang perlu Anda perhatikan ialah mempromosikan kepada orang yang sesuai dengan fokus komunitas Anda. Jika Anda membuat milis untuk gereja, maka Anda juga harus memberitahukan pada jemaat gereja.

4. Menjaga Komunitas Online Anda

Langkah terakhir, yaitu menjaga agar komunitas tersebut dapat tetap berjalan dan semakin berkembang sesuai dengan tujuan yang telah Anda tetapkan. Anda dapat mengajak beberapa anggota yang kelihatan semangat untuk mengembangkan komunitas untuk menjadi moderator dan bersama-sama menjaga dan mengembangkan komunitas tersebut. Jalinlah kebersamaan dan jangan pernah menganggap komunitas tersebut adalah milik Anda. Tetapi, tanamkan bahwa komunitas ini milik semua anggota. Hal ini akan membuat semua anggota merasa memiliki dan bersemangat untuk mengembangkan komunitas tersebut.

Semoga langkah-langkah tersebut dapat membantu Anda untuk membangun sebuah komunitas Kristen online yang dapat menjadi garam dan terang di dunia internet.

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org