Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Mencari Teman Melalui Internet

Tanggal: 2005-01-07
Kategori: Infonet

Pada zaman dulu, surat menjadi senjata yang cukup ampuh untuk menjalin persahabatan dengan orang-orang yang jarak rumahnya saling berjauhan. Dari rubrik sahabat pena yang terpampang di berbagai media cetak, baik surat kabar, majalah, maupun tabloid, kita bisa mendapatkan teman untuk berkorespondensi. Namun kini, sejalan dengan perkembangan teknologi, mencari kenalan melalui surat dan media cetak sudah dianggap sebagai cara tradisional. Kini, dengan kemajuan teknologi, orang lebih senang mencari teman korespondensi dengan memanfaatkan jalur internet. Memangnya bisa? Tentu saja.

Kemajuan teknologi internet telah memungkinkan orang berkomunikasi dengan cepat dan mudah tanpa adanya hambatan ruang dan waktu. Keunggulan inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh beberapa orang yang kreatif untuk menjalin persahabatan dengan orang-orang dari belahan dunia lain melalui internet -- mulai dari e-mail, chatting di MIRC, milis di Yahoo Groups, atau situs- situs khusus yang menyajikan fasilitas untuk mencari teman di dunia cyber. Cara yang terakhir inilah yang sekarang sedang digemari oleh para pengunjung dunia internet.

Kemudahan cara bergabung (beberapa ada yang gratis, namun ada juga yang hanya gratis sampai beberapa hari saja), kemudahan melakukan pencarian orang yang diinginkan, kemampuan untuk menampilkan foto, sampai dengan terjaminnya privasi anggota menjadi daya tarik sehingga orang berlomba-lomba untuk mencari teman maupun pasangan hidup melalui situs-situs seperti ini.

Hati-Hati

Walaupun ada cerita-cerita sukses, dalam mendapatkan pasangan hidup atau sahabat dari anggota situs-situs seperti ini, namun tidak sedikit cerita-cerita sedih (ditipu) yang kita dengar. Cerita sedih ini biasanya berupa tipuan seorang anggota yang mengaku cewek ternyata cowok; dua orang anggota telah menjalin cincin tunangan, tetapi ternyata yang satu telah memiliki suami; dan berbagai cerita sedih lainnya.

Nah, agar Anda tidak masuk dalam daftar sebagai korban penipuan seperti itu, atau setidaknya meminimalisir terjadinya cerita sedih, sebaiknya Anda perhatikan beberapa tips di bawah ini.

1. Pergumulkanlah dengan Tuhan, apa yang menjadi tujuan Anda.

Pertama-tama, untuk mencari sahabat atau bahkan jodoh, sebaiknya Anda jujur dengan menanyakan pada diri sendiri, sebagai seorang Kristen yang takut akan Tuhan dan menghargai sesama, apa yang Anda cari dalam pengalaman ini. Anda tahu Tuhan tidak ingin Anda melakukan hal-hal yang tidak memuliakan Tuhan, maka itulah yang juga akan menjadi tujuan yang harus Anda ingat sebelum dan selama Anda membina hubungan melalui internet ini.

2. Jujurlah dalam memasukkan data pribadi.

Dalam mengisi data diri, sebaiknya Anda jujur dan tidak memalsukan data pribadi. Jika Anda seorang wanita, tulislah sesuai dengan jenis kelamin Anda. Jangan memasukkan foto "Agnes Monica", sementara wajah Anda berbeda jauh dengan Agnes Monica yang asli. Bagaimana Anda dapat menjalin persahabatan jika belum- belum Anda sudah berbohong. Jika Anda hanya ingin main-main dan mempermainkan orang lain, mungkin lebih baik Anda gagalkan niat Anda untuk membina hubungan ini.

2. Perhatikanlah keamanan privasi.

Perhatikan apakah situs tersebut menyediakan keamanan privasi atau tidak. Dengan mengaktifkan keamanan privasi, maka data diri Anda hanya dapat dilihat oleh anggota yang Anda beri izin untuk melihatnya. Jika situs tersebut tidak memilikinya, segera tinggalkan. Tetapi jika Anda sudah "jatuh cinta" dengan situs tersebut, maka jangan sekali-kali memasukkan informasi penting. Hal ini untuk berjaga-jaga agar Anda tidak dijahili oleh orang yang hanya ingin iseng saja.

3. Jangan terburu-buru memberikan data diri penting Anda.

Tujuannya sama dengan poin nomor 2, agar Anda tidak dijahili orang, jalinlah hubungan yang cukup baik dahulu sebelum Anda memberikan informasi yang mungkin akan merugikan Anda. Demikian juga sebaliknya, untuk saling menghargai Anda tidak perlu mengorek informasi-informasi yang tidak perlu dari teman baru Anda.

4. Cek kebenaran dirinya.

Jika Anda telah mendapatkan nomor HP atau nomor teleponnya, cobalah menelepon untuk menolong Anda mengetahui lebih jauh data- data yang selama ini Anda miliki dan mengecek kebenarannya. Tanyakan seputar hal-hal yang telah Anda ketahui sebelumnya dengan cerdik dan jujur untuk memperdalam rasa percaya Anda padanya.

5. Bertemulah di tempat umum.

Pertemuan di tempat umum sudah menjadi hal yang umum dilakukan bagi para netter yang ingin temu darat. Hal ini dilakukan untuk menghindari perasaan kecewa jika orang yang kita temui ternyata tidak sesuai dengan yang kita harapkan. Ada baiknya bila pertemuan tersebut dilakukan dengan mengajak teman-teman Anda.

6. Jangan terpancing dengan perasaan.

Setelah bertemu mungkin Anda kecewa, karena tidak sesuai dengan yang diharapkan. Atau bisa juga senang karena sesuai dengan yang diharapkan. Apapun reaksi Anda, cobalah untuk memeriksa lagi, apakah Anda hanya memperhatikan hal-hal yang bersifat lahiriah saja (wajah, tinggi badan, warna kulit/rambut, suara, cara berpakaian, potongan rambut. dll.). Lakukan "reality check", apakah yang sebenarnya Anda cari dalam hubungan Anda ini. Mintalah hikmat Tuhan untuk memutuskan apakah Anda akan melanjutkan hubungan ini.

7. Binalah terus hubungan kalian.

Jika Anda ingin melanjutkan hubungan ini, maka terus kenalilah lebih dalam melalui percakapan-percakapan yang berkualitas (bukan hanya sekedar mengisi waktu). Galilah potensi-potensi lain yang bermanfaat dalam persahabatan. Sementara itu teruslah berwaspada, dan ingatlah tujuan Anda dalam membina hubungan ini.

Situs-situs di Internet

Ada banyak situs yang menyediakan fasilitas untuk mencari teman atau jodoh dengan memanfaatkan jalur internet. Beberapa di antaranya menyediakan fasilitasnya dengan gratis sepenuhnya. Tetapi beberapa yang lain menarik bayaran untuk menggunakan fasilitas tertentu. OK. Selamat berselancar!

Dua Hati
==> http://www.duahati.com

Kencan -- Rileks
==> http://kencan.rileks.com

Christianster
==> htpp://www.christianster.com

Christian Cafe
==> http://www.christiancafe.com/

Christian Date
==> http://www.christiandate.com/

Friendster
==> http://www.friendster.com

Singles
==> http://www.singles.org/

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2017
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org