Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Ancaman HOAX

Tanggal: 2006-09-23
Kategori: Virus

Virus merupakan salah satu ancaman yang cukup serius bagi para pengguna internet, selain hacker, cracker, dan carder. Sampai saat ini, ada begitu banyak jenis virus yang bermunculan, mulai dari jenis yang ringan sampai pada jenis yang mampu menjadi berita utama di berbagai negara. Penyebarannya pun sudah tidak lagi melalui cara konvensional, yaitu melalui disket yang digunakan di beberapa komputer, tetapi sudah melalui jalur internet.

Selain virus, ada lagi ancaman yang cukup berbahaya yang dikenal dengan istilah hoax. Apakah hoax itu? Hoax memang tidak sepopuler worm atau trojan, atau berbagai jenis virus lainnya. Jadi, harap maklum jika Anda belum mengenal jenis ancaman yang satu ini, namun kita perlu waspada karena hoax seringkali lebih berbahaya dibanding dengan jenis virus paling berbahaya di manapun juga. Lebih gawat lagi, kehadirannya sering tidak disadari oleh korban.

Apa sebenarnya hoax itu dan seberapa parah pengaruhnya terhadap PC? Hoax adalah pengumuman tipuan yang berisi peringatan mengenai adanya virus di PC Anda. Anda mungkin pernah menerima email yang mengatasnamakan Bill Gates, Microsoft, perusahaan anti virus, atau nama-nama perusahaan komputer terkemuka lainnya, yang isinya meminta Anda untuk mengapus sejumlah file yang ada di komputer Anda, dengan alasan file-file tersebut terkena virus. Begitu meyakinkannya isi email tersebut, sehingga mampu membuat beberapa orang menuruti perintah dari email tersebut. Setelah itu, apa yang terjadi? Bisa jadi Anda akan menangis semalam karena ternyata komputer Anda telah tinggal kenangan. Rusak, oleh karena Anda menghapus file penting yang Anda pikir sebagai virus. Konyol bukan? Tetapi inilah bentuk perusakan akibat dari hoax.

Melalui peringatan palsu seperti itu, hoax telah menyebar ke seluruh dunia melalui email. Penyebaran yang begitu cepat, didukung oleh adanya salah satu pesan di dalamnya yang meminta Anda untuk memforward pesan tersebut ke alamat email teman Anda.

Agar kejadian di atas tidak menimpa Anda, sebaiknya abaikan saja pesan-pesan seperti itu, kecuali memang berasal dari alamat email yang terpercaya. Untuk mengecek kebenaran email tersebut, sebaiknya Anda mencari informasi dengan mengunjungi situs-situs anti virus seperti Norton maupun McAffe. Selain itu, jangan mem-fowardnya ke orang lain. Dengan demikian, dapat membantu memotong mata rantai penyebarannya.

Diedit dari sumber: Judul Majalah : Komputer Aktif, Edisi 69 Tanggal 17 Desember 2003
Judul Asli Artikel: Hapus Saja
Penulis : Tim Komputer Aktif
Halaman : 66

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org